10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia 2016

Bagi kamu yang telah menyelesaikan Ujian Nasional (UN) di sekolah menengah, tentu kamu tidak sabar lagi untuk mulai mempersiapkan diri dan mencari berbagai informasi mengenai perkuliahan bukan. Atau jangan-jangan sejak lama kamu memang telah mempersiapkannya dan sudah membuat sebuah pilihan?

Banyaknya pilihan universitas yang bisa dipertimbangkan seringkali malah membuat kita kebingungan dalam menentukan pilihan. Hal ini wajar saja, karena bagaimanapun kamu pasti mengharapkan kampus terbaik untuk tempat kamu menimba ilmu. Untuk itu, kamu akan membutuhkan pertimbangan yang matang dan juga perhitungan yang tepat mengenai berbagai hal terkait dengan perkuliahanmu, karena pemilihan kampus yang tepat akan menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi masa depanmu nantinya.

Kedua kata di atas tentu memiliki arti yang berbeda, maka kamu perlu mengetahui dengan jelas mengenai keinginanmu yang sebenarnya. Sebagian orang mungkin menginginkan sebuah universitas terfavorit untuk menjadi tempatnya menuntut ilmu, di mana orang-orang tersebut bisa merasa senang dan menemukan semua yang dia cari terkait dengan perkuliahan.

Namun di sisi lain, sebagian orang lainnya justru lebih memilih untuk kuliah di universitas terbaik, di mana mereka bisa menemukan pendidikan terbaik dengan berbagai fasilitas pendukung yang sangat baik dan juga staf pengajar yang ahli. Barangkali bagi orang-orang seperti ini, kualitas pendidikan adalah segalanya, tidak bisa dibandingkan dengan berbagai faktor lainnya yang hanya bersifat tidak terlalu penting bagi mereka.



Lalu, kamu sendiri akan memilih yang mana, universitas terbaik atau universitas terfavorit? Hal ini bukan sebuah pilihan yang mudah bukan, atau bahkan kamu mungkin akan menginginkan keduanya sekaligus. Simak poin di bawah ini yang bisa kamu jadikan pertimbangan dalam menentukan pilihan.

Kampus Terbaik Indonesia Tahun 2016


Kampus Terbaik Indonesia via blogspot.com

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2015 kemarin Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi kembali merilis daftar peringkat kampus terbaik di Indonesia. Berdasarkan data tersebut, ini nama 10 perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia:
Posisi ITB (score 3,78) dan UGM (3,72) tetap berada di peringkat satu dan dua pada pemeringkatan perguruan tinggi tahun 2016. Posisi ITB dan UGM tersebut tidak mengalami perubahan dari hasil pemeringkatan tahun lalu.

Sedangkan yang memperoleh peringkat ketiga sampai kesepuluh, secara berturut-turut, adalah UI (3,69), IPB (3,54), Universitas Brawijaya (3,24), ITS (3,17), Universitas Airlangga (3,15), Universitas Hasanudin (3,06), Universitas Dipenogoro (3,04) dan Universitas Padjadjaran (2,97). Berikut daftar peringkatnya:

1. Institut Teknologi Bandung (ITB). Web
2. Universitas Gadjah Mada (UGM). Web
3. Universitas Indonesia (UI). Web
4. Institut Pertanian Bogor (IPB). Web
5. Universitas Brawijaya (Unibraw). Web
6 .Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS). Web
7. Universitas Airlangga (Unair). Web
8. Universitas Hasanudin (Unhas). Web
9. Universitas Diponegoro (Undip). Web
10. Universitas Padjadjaran (Unpad). Web

Peringkat tersebut tentu ditentukan oleh beberapa kriteria yang telah ditetapkan sejak awal sebagai dasar penilaian. Hal seperti ini tentu sangat penting untuk dilakukan, agar pendidikan di Indonesia memiliki standar khusus yang akan menjadi acuan dalam meningkatkan kinerja dan juga pola didik yang diterapkan oleh perguruan tinggi selaku penyelenggara pendidikan. Ada 4 kriteria penilaian yang digunakan sebagai indikator dalam menentukan perguruan tinggi terbaik di Indonesia, di antaranya adalah:
  1. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM)
    Poin ini terkait dengan kualitas tenaga pendidik yang terdapat dalam perguruan tinggi, di mana hal tersebut tentu saja menjadi poin terpenting yang akan secara langsung mempengaruhi kualitas pendidikan yang diberikan kepada peserta didik. Terkait dengan SDM yang dimiliki perguruan tinggi, akan dibagi menjadi 2 bobot penilaian, yakni: 12 persen untuk kualitas dosen yang memberi kuliah dan 18% untuk angka kecukupan dosen di universitas tersebut. Dalam kategori ini IPB adalah pemegang peringkat tertinggi dengan skor sebesar 4 poin, dilanjutkan dengan UGM dengan skor 3,99 poin, dan diikuti oleh ITB dengan skor 3,99 poin.
  2. Kualitas Manajemen Perguruan Tinggi
    Sebuah proses belajar yang baik tentu harus didukung oleh manajemen yang baik pula. Universitas yang baik akan memiliki sebuah manajemen yang cerdas dan bisa diandalkan dalam melangsungkan proses perkuliahan, karena itu sangat wajar jika hal ini menjadi salah satu faktor penilaian. Kualitas manajemen yang dimiliki oleh perguruan tinggi akan memegang bobot penilaian sebesar 30%. Dalam kategori ini UGM memegang peringkat tertinggi dengan skor 3,99 poin, dilanjutkan dengan ITB dan IPB yang sama-sama berada pada 3,99 poin.
  3. Kualitas Kegiatan Mahasiswa
    Universitas terbaik diharapkan mampu melahirkan mahasiswa-mahasiswa yang cerdas dan memiliki berbagai kegiatan yang bisa mendukung kemajuan mereka di dalam pendidikan. Poin ini juga menjadi salah satu kriteria di dalam penilaian tersebut, di mana universitas dituntut untuk memiliki mahasiswa yang aktif dan bisa melaksanakan berbagai kegiatan yang berguna dan bermanfaat. Kegiatan mahasiswa ini memegang porsi penilaian sebesar 10%. UGM menempati peringkat pertama dengan poin 4, lalu disusul dengan ITB dengan 1,9 poin dan selanjutnya IPB dengan 1,8 poin.
  4. Hasil Penelitian Serta Publikasi Ilmiah
    Universitas harus banyak melakukan penelitian terhadap berbagai bidang yang diajarkan oleh mereka, hal ini diharapkan bisa membantu perkembangan ilmu pengetahuan. Berbagai hasil penelitian serta publikasi karya ilmiah tersebut secara khusus juga menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan peringkat terbaik bagi perguruan tinggi. Hal ini memegang bobot yang cukup besar dalam penilaian ini, yakni sebesar 30%. Penilaian dalam kriteria ini dipegang oleh ITB dengan 4 poin, lalu disusul UGM dengan skor 3,69 poin dan selanjutnya IPB dengan skor 3,1 poin.
Penilaian tersebut tentu akan dilakukan dengan menjumlahkan keseluruhan kriteria yang telah disebutkan di atas, maka ada kemungkinan jika perguruan tinggi akan unggul dalam kriteria tertentu namun tidak menjadi peringkat tertinggi dari penilaian tersebut. Namun jika dijumlahkan secara keseluruhan kriteria tersebut, maka ITB menempati peringkat pertama dengan total skor sebesar 3,743. UGM berada di peringkat kedua dengan total skor 3,69 dan dilanjutkan dengan IPB di peringkat ketiga dengan total skor 3,49.

Sepertinya kamu akan bingung memilih satu di antara perguruan tinggi terbaik tersebut, karena kriteria penilaiannya juga menunjukkan poin yang berbeda-beda dan hal ini tentu akan membuat keunggulan yang berbeda pula pada bidang-bidang yang dijadikan indikasi penilaian pada perguruan tinggi tersebut.

Kampus Terfavorit Indonesia Tahun 2016


Kampus Terfavorit Indonesia

Sama halnya dengan perguruan tinggi yang terbaik, yang terfavorit juga patut untuk dipertimbangkan. Bagaimana tidak, semua orang ingin masuk dan menjadi mahasiswa di universitas ini, tentu akan sangat menyenangkan jika kamu menjadi salah satu yang berhasil mendapatkan kursi di sana.

Berdasarkan data yang diambil oleh panitia SBMPTN 2016, maka didapatkan peringkat perguruan tinggi paling favorit di Indonesia. Berikut urutannya:
  1. Universitas Padjadjaran
    Kampus yang terletak di Jatinagor, Jawa Barat ini memang tidak diragukan lagi kualitasnya. Itu sebabnya, banyak calon mahasiswa yang memilih kampus satu ini sebagai salah satu tujuan studi mereka di pendidikan tinggi. Tahun 2016, sendiri Unpad kembali memegang jawara sebagai PTN dengan pendaftar terbanyak di SNMPTN 2016 yaitu 58.937 siswa.
  2. Universitas Brawijaya
    Didirikan pada 1963, Universitas Brawijaya menjadi salah satu PTN yang berhasil menarik minat calon mahasiswa untuk berkuliah di kampus yang terletak di Jawa Timur tersebut. Pada SNMPTN 2016, kampus dipilih oleh 47.452 siswa.
  3. Universitas Diponegoro
    Salah satu PTN terbaik di Indonesia yaitu Universitas Diponegoro juga berhasil membuktikan diri. Dengan kualitas pendidikan yang dimilikinya, kampus yang terletak di Semarang ini menarik hati 43.634 calon mahasiswa pada jalur SNMPTN 2016.
  4. Universitas Gadjah Mada (UGM)
    UGM merupakan kampus pertama yang didirikan Pemerintah Republik Indonesia setelah Indonesia merdeka, tepatnya pada 19 Desember 1949. Pada SNMPTN 2016 ini, UGM menjadi salah satu PTN dengan pendaftar terbanyak yaitu 43.326 siswa.
  5. Universitas Sumatera Utara (USU)
    Awalnya Universitas Sumatera Utara didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara pada 4 Juni 1952. Dengan Fakultas pertama yang didirikan yaitu Fakultas kedokteran, kini USU menjadi salah satu PTN terbaik di Indonesia. Jumlah siswa yang mendaftar di USU pada SNMPTN 2016 mencapai 39.143 orang.
  6. Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS)
    Kampus yang terletak di Solo ini telah menjadi salah satu PTN terbaik yang ada di negeri ini. UNS sendiri sudah berdiri sejak 11 Maret 1979 serta menyediakan program pendidikan mulai dari Diploma, Sarjana sampai Pascasarjana. Pada SNMPTN 2016, UNS berhasil menarik 39.017 siswa untuk memilih kampus tersebut.
  7. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
    Kampus yang juga terletak di Bandung ini memiliki sejumlah kampus di lokasi berbeda, antara lain di Cibiru, Tasikmalaya, Sumedang sampai Purwakarta. Pada 2016 ini, UPI mendapat 38.098 siswa yang mendaftar melalui jalur SNMPTN.
  8. Universitas Negeri Semarang (Unnes)
    Unnes merupakan salah satu perguruan tinggi eks-IKIP yang statusnya meningkat menjadi universitas. Kampus yang dipimpin oleh Prof Dr Fathur Rokhman MHum ini menjajarkan dirinya sebagai PTN terbaik di Indonesia. Buktinya dalam SNMPTN 2016, 36.897 siswa telah memilihnya.
  9. Universitas Hasanuddin (Unhas)
    Satu lagi kampus di luar Jawa yang berhasil menggaet calon mahasiswa pada SNMPTN 2016, yaitu Unhas. Dengan pendaftar tidak kurang dari 34.064 siswa, kampus di Kota Makassar itu mampu membuktikan diri sebagai salah satu PTN terbaik negeri ini.
  10. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)
    Kampus yang dipimpim oleh Prof Dr H Rochmat Wahab MPd MA ini dikenal sebagai PTN pencetak calon guru andalan Indonesia. Total pendaftar yang memilih UNY di SNMPTN 2016 ini adalah 33.183 siswa.
Perguruan tinggi mana yang akan menjadi pilihanmu dalam melanjutkan kuliah? Barangkali salah satu di antara perguruan tinggi favorit di atas adalah tempat kuliah yang paling kamu idam-idamkan selama ini. Jika iya, jangan lupa menghitung dan mempertimbangkan jumlah peserta dan saingan yang akan kamu hadapi saat mendaftar nanti.

Jumlah peserta tersebut masih perlu kamu ketahui secara detail, artinya cari tahu mengenai jumlah peserta yang mengambil jurusan yang akan kamu pilih nantinya dan jangan lupa melihat perbandingan antara satu perguruan tinggi dengan perguruan tinggi lainnya. Lihat seberapa besar peluang kamu akan diterima di jurusan tersebut pada kampus pilihanmu. Kamu harus jeli dalam melihat tingkat persaingan di sana, agar kemungkinan untuk kamu diterima lebih besar dan menjanjikan. Selain itu, pertimbangkan juga jurusan paling banyak diminati di kampus yang kamu tuju dan akan lebih sulit lagi jika ternyata kamu memilih jurusan tersebut untukmu.

Pertimbangkan dan Pilih dengan Tepat


Memilih tempat kuliah tentu saja bukan sebuah perkara yang mudah, hal ini akan menyangkut masa depan dan juga cita-cita yang akan kamu raih nantinya. Jangan malas untuk mencari tahu dan juga menghitung kemungkinan kamu untuk bisa diterima. Pertimbangkan untuk mengambil sebuah universitas cadangan, jika sewaktu-waktu pilihan utamamu tidak bisa berhasil. Namun yang paling penting dari semua itu adalah mempersiapkan diri dengan matang, belajar dan banyak latihan menjawab soal-soal SBMPTN.

dirangkum dari berbagai sumber

Disscus/Comment
Hide

0 Response to 10 Universitas Terbaik vs Universitas Favorit di Indonesia 2016

Post a Comment

Adblock Detected


So sad :'( Like this blog? Keep us running by whitelisting this blog in your ad blocker.

This is how to whitelisting this blog in your ad blocker.
Thank you
x