2016/10/28

DracOS, OS Penetration Testing Alternatif Selain Kalilinux

DracOS, OS Penetration Testing Alternatif Selain Kalilinux - DracOS Linux? Kalau anda baru dengar distro pentest yang satu ini, sama. Saya juga baru tahu belakangan. Selama ini distro penetration testinh yang populer dan yang paling umum dipakai adalah Backtrack yang dilanjutkan Kalilinux sebagai suksesornya.

Jadi, apa dan seperti apa Dracos Linux?


Dracos Linux adalah system operasi GNU/Linux dari Indonesia, yang dibangun dari open source LFS (Linux From Scratch) maksudnya dibangun dari awal) di bawah lisensi GNU (General Public License v3.0) yang artinya OS ini bebas digunakan, disebarkan, dan bahkan diubah secara gratis. Wuih, keren ya?dracos-linuxdracos-linux-2
System operasi ini adalah salah satu varian distribusi Linux, Yang mana khusus digunakan untuk security testing (Penetrasi keamanan jaringan). Dracos linux dipersenjatai dengan ribuan tool pentest, forensik, reverse engineering. Dan tidak menggunakan tool berbasis GUI (Graphical User Interface) dan hanya memiliki tools berbasis CLI (Command Line Interface / berbasis text) untuk melakukan operasinya. Dan untuk saat ini DracOS sudah merilis versi 2.0 dengan codename "Leak".

Informasi lebih lengkap bisa dilihat di laman resminya di www.dracos-linux.org.

Apa yang istimewa? Apakah anda bisa mencoba Dracos?

Dibangun dari Kode Sumber Awal dan Serba Terminal


Target pengembangan DracOS Linux sendiri adalah untuk memberikan edukasi/pembelajaran untuk mengenalkan system operasi GNU/Linux dan secara khusus mengenalkan ethical hacking.

Rilis DracOS selalu dibangun dari kode sumber awal, yang akan menstimulasi di Indonesia untuk selalu kreatif dan membangun spirit dari open source.

Jika anda seorang newbie, sebaiknya jangan memakai Dracos, cobalah belajar dengan Ubuntu atau OS yang lebih enak dipakai (misal: IGOS Nusantara). Kenapa? Sebab seluruh setiap tool yang telah terinstall disini tidak ada yang menggunakan GUI (Graphical User Interface), ucapkan sayonara klik-klik :D.

Coba lihat teaser DracOS di Youtube berikut ini

Namun jika anda sebelumnya pengguna OS Pentest lain seperti Kalilinux dan sudah terbiasa dengan CLI (Command Line Interface), anda bisa beralih ke Dracos. Mode CLI di Dracos dijalankan dalam Openbox secara khusus demi memudahkan pengguna jika ingin menggunakan lebih dari 1 terminal saat melakukan Penetration Testing.

Pentest Tool OS Dracos


Daftar Tool Penetration yang disediakan oleh Dracos antara lain:

Information Gathering
Vulnerability Assessment
Web Attack
Exploitation Testing
Privilege Escalation
Password Attack
Social Engineering
Man In The Middle Attack
Stress Testing
Wireless Attack
Maintaining Access
Forensics Tools
Reverse Engineering
Malware Analysis
Covering Track

Download Link Official dan FTP, Mirror Link Unofficial (Dracos ISO)

Jadi dimana anda bisa mengunduh image ISO Dracos?
Selain dari portal official OS Dracos sendiri, anda bisa mengambil file DVD ISO dari mirror hosting yang di-sediakan di bawah karena repo official tidak mendukung resume download. Jadi jika anda bisa menggunakan link mirror yang diunggah tanpa mengubah sedikitpun Dracos Linux. Meski demikian, ada juga mirror official yang disediakan di repositori Grombyang.

Official Link (tidak mendukung resume download)

[Download]

Mirror Link (Mediadire/GoogleDrive)

Dracos 2.0 64-bit System

[Mediafire]

[Google Drive]

Dracos 1.2 version 64-bit System

[Mediafire]

[Google Drive]

[Repo Grombyang]

Nah, sebagai alternatif OS Penetration testing terkenal seperti Kalilinux (sebelumnya dikenal sebagai Backtrack), OS Dracos yang bisa dibilang baru cukup layak dijadikan pilihan lain bagi pengguna yang benar-benar expert. Selain dikembangkan oleh penggiat security test lokal Indonesia sendiri, alasan lainnya adalah fitur Dracos Linux cukup oke dan lingkungan kerjanya pun hampir sama dengan Kalilinux.

Dracos Web - link
GitHub Dracos - link
Grombyang Repo - link

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan