2016/10/12

Download Ulang Novel Eiji Yoshikawa Musashi Terjemahan

Download Ulang Novel Eiji Yoshikawa Musashi Terjemahan - Beberapa hari ke-belakang setelah aktif lagi memoderasi blog yang aslinya memang gado-gado ini dan belum ada materi penting yang bisa dijadikan artikel, lu-manyun juga. Hape masih baru, belum tega untuk otak-atik jeroan jadi baru memasang beberapa permainan dan aplikasi baca komik online (suara teriakan: piracy!) Salah satu seri yang habis saya baca dalam seminggu adalah Manga Vagabond karya .. Dan berhubung manga ini belum tamat jadi teringat dengan Novel karya Eiji Yoshikawa: Mushashi, yang jadi bahan bakar manga ini. Kalau disuruh mencari file e-book pdf di laptop saya paling males. Maklum campur aduk dan belum tentu ketemu di satu dari sekian "hdd portable" saya.
Miyamoto Mushasi by Eijio Kobayashi
Nah untungnya, saya pernah menyimpan link ini di dalam aplikasi Note MIUI dan kebetulan juga ter-sinkronasi. Saat itu saya masih memakai ponsel LG GT-540 dengan Custom ROM OS MIUI 4. Dan kali ini saat punya ponsel MIUI betulan Xiaomi Redmi 3 Prime dan aplikasi Note ter-sinkron otomatis, catatan Novel kisah Miyamoto Mushasi itu muncul lagi. Lucky me!

Lha memang selama memakai Lenovo A6000 tidak pernah memakai ROM MIUI kok baru tahu catatan itu ada? Saya termasuk paling sering gonta-ganti ROM untuk nyobain mana yan bisa di rekomendasikan di blog ini, jadi paling lama 1 bulan. Aplikasi bawaan ini juga jarang terpakai juga.

Ngelantur kemana-mana.. Kalau anda kebetulan suka baca, boleh juga download novel teejemahan paling seru ini di bawah ini:


Gak tertarik? Yakin? Baca dulu review singkat (yang kebetulan juga ada di Note tersebut) berikut ini:

Review Eiji Yoshikawa: Musashi (Terjemah Indonesia)


Musashi adalah sebuah novel fiksi karya Eiji Yoshikawa yang bercerita mengenai Miyamoto Musashi. Di Jepang, kisah ini pertama kali diterbitkan dalam bentuk serial di surat kabar Jepang Asahi Shimbun pada tahun 1935-1939 dan dibukukan dalam pada 1980-an. Di Indonesia, kisah ini pertama kali diterbitkan dalam bentuk cerita bersambung di surat kabar KOMPAS pada tahun 1983-1984, dilanjutkan dengan bentuk tujuh jilid buku saku pada sekitar 1990-an. Versi bahasa Indonesia diterjemahkan bukan dari kisah asli bahasa Jepang-nya (sekitar 26 ribu halaman), melainkan dari terjemahan bahasa Inggris yang lebih ringkas (sekitar 900 halaman). Pada tahun 2002, Gramedia Pustaka Utama menerbitkan kembali buku ini dalam bentuk satu buku lengkap setebal sekitar 1200 halaman.

Miyamoto Musashi (宮本 武蔵), atau biasa disebut Musashi saja, adalah seorang samurai dan ronin yang sangat terkenal di Jepang pada abad pertengahan. Ia diperkirakan lahir pada sekitar tahun 1584, dan meninggal tahun 1645. Nama aslinya adalah Shinmen Takezo. Kata Musashi merupakan lafal lain dari "Takezo" (huruf kanji bisa memiliki banyak lafal dan arti). Musashi memiliki nama lengkap Shinmen Musashi No Kami Fujiwara No Genshin.

Panggilan masa kecil Musashi adalah Bennosuke. Nama Miyamoto sendiri adalah nama kuno sebuah daerah di barat daya Tokyo. Nama No Kami berarti kaum bangsawan daerah setempat. Pada umumnya, Fujiwara adalah nama asal dari keluarga leluhur para bangsawan di Jepang yang diturunkan ribuan tahun yang lalu. Nenek moyang keluarga Musashi (Hirada/Hirata) adalah keturunan keluarga Shinmen, penguasa di Kyushu, pulau bagian selatan Jepang.
Musuh pertama Musashi ditemuinya ketika ia baru berusia 13 tahun. Ia adalah Arima Kihei, samurai perguruan Shinto Ryu bidang seni militer yang terampil bermain pedang dan tombak. Musashi mengalahkannya dengan cara melemparnya ke tanah dan memukulnya dengan tongkat, sehingga musuhnya tersebut mati berlumuran darah.

Ketika ia berusia 16 tahun, Musashi mengalahkan lawan berikutnya, dan sejak itu ia kabur dari rumah dan terlibat dalam berbagai kontes pertarungan dan peperangan sampai ia berusia 50 tahun. Musashi mengembara keliling Jepang dan menjadi legenda. Berbagai musuh terkenal pernah dikalahkannya, antara lain samurai-samurai keluarga Yoshioka di Kyoto, jagoan ilmu tongkat kondang Muso Gonosuke di Edo, bangsawan Matsudaira di Izumo, dan Sasaki Kojiro di Bunzen.

Pertempuran lain adalah pertempuran melawan salah satu perguruan bela diri terkenal di Jepang pada masanya di Ichijoji. Musashi bertempur melawan sekitar 50 samurai, dan pertempuran tersebut dimenangkan oleh Miyamoto Musashi dengan teknik dua pedangnya. Hingga saat ini, bekas pertempuran Musashi di Ichijoji dijadikan monumen oleh masyarakat Jepang.
Salah satu peperangan terkenal yang sering dikatakan melibatkan Musashi adalah Pertempuran Sekigahara di tahun 1600, antara pasukan Tokugawa Ieyasu dan pasukan pendukung pemerintahan Toyotomi Hideyori, dimana ribuan orang tewas terbantai dalam peperangan itu sendiri dan pembantaian sesudahnya oleh tentara pemenang perang. Saat itu Musashi memihak pasukan Toyotomi Hideyori (anak dari Toyotomi Hideyoshi).
Miyamoto Mushasi - Sasaki Kojirou
Setelah melewati periode pertarungan (terakhir melawan Sasaki Kojiro) dan peperangan tersebut, Musashi kemudian menetap di pulau Kyushu dan tidak pernah meninggalkannya lagi, untuk menyepi dan mencari pemahaman sejati atas falsafah Kendo. Setelah sempat meluangkan waktu beberapa tahun untuk mengajar dan melukis di Kuil Kumamoto, Musashi kemudian pensiun dan menyepi di gua Reigendo. Di sana lah ia menulis Go Rin No Sho, atau Buku Lima Cincin/Lima Unsur. Buku ini adalah buku seni perang yang berisi strategi perang dan metode duel, yang diperuntukkan bagi muridnya Terao Magonojo. Namun oleh peneliti barat, buku ini dianggap rujukan untuk mengenal kejiwaan dan pola berpikir masyarakat Jepang. Buku ini menjadi klasik dan dijadikan rujukan oleh para siswa Kendo di Jepang. Musashi dianggap sedemikian hebatnya sehingga di Jepang ia dikenal dengan sebutan Kensei, yang berarti Dewa Pedang. Tak lama setelah itu, Musashi meninggal di Kyushu pada tahun 1645. Musashi tidak menikah dan tidak mempunyai keturunan, tapi ia mempunyai seorang anak angkat sekaligus murid yang juga masih saudara sepupunya bernama Iori Miyamoto.

Reviewnya beda gaya bahasa ya? Ya jelas saja, kan dapatnya copas dari web orang (seingat saya jualan e-book ilegal). Dan sorry di catatan gak ada link sumber artikel tersebut. Untuk gambar ilustrasi saya dapatkan di situs deviantart hasil repro dari komik Vagabond dan satunya lagi dari Tumblr hasil scan Komik Vagabond juga

2 komentar

min, link error tolong diperbaiki

Terimakasih laporannya. Link sudah diperbaiki

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan