2016/10/22

5 Cara Paling Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri

5 Cara Paling Mudah Transfer Uang ke Luar Negeri - Berbagai kepentingan dan juga kebutuhan bisnis yang Anda jalankan, seringkali menuntut Anda untuk bisa mengakses berbagai kemudahan di dalam . Bukan hanya dalam bentuk manual saja, namun berbagai layanan keuangan online juga perlu Anda pahami dengan sangat baik. Hal seperti ini menjadi penting untuk diketahui sejak awal, sebab bisa saja Anda membutuhkan sejumlah bantuan fasilitas keuangan secara tiba-tiba.

Maraknya transaksi online yang terjadi belakangan ini, membuat Anda telah demikian terbiasa dengan berbagai kemudahan dan juga kenyamanan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan. Tidak hanya terbatas pada berbagai transaksi di dalam negeri saja, namun transaksi keuangan antara negara juga menjadi hal yang mungkin untuk dilakukan dengan mudah dan cepat.

Melakukan transfer sejumlah uang ke luar negeri telah menjadi hal yang biasa terjadi bagi sebagian besar orang yang melek dengan internet dan juga beragam transaksi online. Hal ini seolah menjadi sebuah kebutuhan yang memang akan sangat perlu dilakukan demi kelancaran berbagai urusan yang Anda lakukan, terutama bagi Anda yang memiliki kesibukan bisnis online. Simak beberapa cara mudah saat melakukan transfer sejumlah dana ke luar negeri berikut ini:

1. Western Union

Western Union via fexserv.com
Fasilitas ini terbilang menjadi yang paling mudah dan banyak dilakukan di seluruh penjuru dunia. Selain jangkauannya yang luas dan juga cepat, Western Union juga menerapkan sejumlah biaya pengiriman yang terbilang cukup murah jika dibandingkan dengan fasilitas transfer lainnya.

Untuk melakukan transfer melalui Western Union, maka Anda hanya perlu mendatangi agen terdekat yang ada di sekitar rumah / kantor Anda. Jangan lupa membawa serta identitas diri yang masih berlaku, sebab hal ini akan dibutuhkan dalam formulir pengiriman.

Isi dan lengkapi formulir pengiriman dengan identitas diri dan juga data lainnya yang dibutuhkan, pastikan Anda mengisinya dengan data-data yang benar dan sesuai dengan aslinya. Serahkan dana dan juga sejumlah biaya yang dikenakan atas pengiriman yang akan Anda lakukan tersebut, jangan lupa untuk membubuhkan tanda tangan dan membawa pulang tanda bukti pengiriman yang Anda lakukan.

Berikut ini adalah besaran biaya yang dikenakan oleh Western Union dalam pengiriman uang ke luar negeri:
  • Rp100 ribu – 1 juta = Rp45.000
  • Rp2 – 10 juta = Rp90.000
  • Rp11 – 20an juta = Rp180.000
  • Rp30an – 49 juta = Rp360.000
  • Rp50 juta = Rp720.000

2. Transfer dari Bank ke Bank

transfer bank ke bank via englishpracticeonline.com
Ini merupakan cara yang berbeda dari yang pertama, di mana sejumlah uang yang akan Anda transfer akan langsung masuk dan diterima di rekening tujuan pengiriman Anda. Dalam proses transfer antar bank ini, maka Anda akan membutuhkan nomor rekening yang benar dan tepat, sehingga transaksi pengiriman uang tersebut bisa berjalan dengan lancar.

Saat melakukan transfer antar bank, maka Anda harus mendatangi bank yang yang Anda gunakan sebagai bank pengirim. Anda akan mengisi sejumlah data pada formulir pengiriman uang ke luar negeri yang telah mereka sediakan. Pastikan untuk mengisi seluruh data tersebut dengan benar, jika memang ada kolom yang kurang Anda pahami, maka ada baiknya Anda menanyakannya langsung kepada pihak bank agar tidak terjadi kekeliruan dalam informasi yang Anda berikan.

Jangan lupa untuk mempertimbangkan dan menanyakan biaya transfer yang dikenakan oleh pihak bank, sebab besaran biaya ini terbilang cukup tinggi juga. Lihat dan cermati juga kurs yang akan dikenakan pada uang yang Anda transfer tersebut, jangan sampai jumlahnya kurang atau tidak sesuai ketika tiba pada orang yang menerimanya. Selalu minta dan simpan bukti transfer yang Anda lakukan, ini akan dibutuhkan jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah dalam transfer yang telah Anda lakukan tersebut.

3. Transfer Melalui ATM

ATM via audubonsavings.com
Selain melalui teller bank, Anda juga bisa melakukan transfer ke luar negeri melalui transfer antar bank lewat fasilitas ATM yang Anda miliki. Namun sebelumnya Anda tentu harus menanyakan mengenai kode swift bank yang akan Anda tuju di sana, informasi ini bisa Anda dapatkan dari pihak bank yang Anda gunakan tersebut.

Lakukan hal ini dengan sangat hati-hati, sebab salah sedikit saja, Anda bisa saja mengalami kerugian yang besar akibat salah transfer ke rekening orang lain. Masukkan kode dan juga rekening bank tujuan sebagaimana yang diminta pada layar mesin ATM. Selalu pastikan Anda memasukkan nomor rekening dan juga nomor referensi Anda dengan benar, agar transaksi pengiriman uang bisa berjalan dengan lancar. Simpan slip / bukti transfer Anda dengan baik, agar Anda memiliki pegangan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan atau hambatan dalam transaksi yang telah Anda lakukan.

4. PayPal

PayPal via images4us.com
Fasilitas transfer uang ini terbilang cukup banyak digunakan di seluruh dunia. PayPal menjadi rekening virtual yang terpercaya dan memiliki sejumlah fasilitas yang akan memudahkan penggunanya dalam melakukan berbagai transaksi keuangan dengan cepat. PayPal sangat banyak digunakan oleh para peminat transaksi online di seluruh dunia, baik untuk belanja maupun kepentingan bisnis lainnya.

Untuk bisa melakukan transfer melalui rekening PayPal, maka baik Anda maupun penerima dana tersebut di luar negeri arus memiliki rekening PayPal terlebih dahulu. Untuk membuat sebuah rekening PayPal, maka Anda hanya harus memiliki kartu kredit sebagai alat untuk mem-verifikasi rekening tersebut agar bisa menerima dan juga mengirimkan sejumlah dana.

Pengiriman dana melalui PayPal dapat berlangsung dengan mudah dan cepat, biaya yang dikenakan juga terbilang rendah. Anda cukup mengisi kolom transfer yang tersedia dan melakukan proses transfer tersebut dengan mudah melalui laptop atau gadget Anda. Namun ketika Anda mengirimkan sejumlah dana melalui rekening PayPal Anda, maka Anda harus memiliki sejumlah dana di dalam rekening tersebut. Sementara itu, tidak satupun bank lokal di Indonesia yang memungkinkan pengisian saldo PayPal hingga saat ini. Untuk itulah Anda akan membutuhkan kartu kredit sebagai alat verifikasi PayPal, agar kartu tersebut bisa menjadi sumber dana jika sewaktu-waktu rekening PayPal Anda tidak memiliki saldo yang cukup untuk transaksi yang Anda lakukan.

5. Skrill / Moneybookers

Moneybookers via static-amarkets.com
Hampir sama dengan PayPal, Skrill juga menjadi salah satu fasilitas keuangan yang banyak sekali digunakan di dalam berbagai transaksi online. Skrill memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran / transfer sejumlah dana secara online. Hal ini jugalah yang membuat pengguna Skrill begitu banyak dan semakin bertambah setiap waktu. Tingginya transaksi online yang terjadi, membuat benayk orang begitu menginginkan dan membutuhkan berbagai fasilitas pengiriman uang secara online dan murah, dan Skrill menjadi salah satu penyedia layanan tersebut.

Untuk bisa melakukan transaksi transfer sejumlah dana melalui akun Skrill ke negara mana saja, maka sudah pasti Anda dan juga orang yang Anda tuju harus memiliki masing-masing rekening Skrill pribadi. Dengan begitu, Anda bisa melakukan transfer sejumlah dana tersebut secara online dan juga mudah. Transfer memlui akun Skrill terbilang sangat aman, itulah mengapa akun ini menjadi banyak pilihan bagi orang-orang yang selalu melakukan berbagai transaksi keuangan secara online. Skrill juga memiliki jangkauan yang luas, di mana Anda bisa dengan mudah melakukan withdraw terhadap sejumlah dana yang terdapat di dalamnya. Jika Anda berniat untuk melakukan transfer sejumlah dana ke luar negeri, maka tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan Skrill sebagai sarana transfer yang tepat untuk hal tersebut.

Pilih Sarana yang Paling Tepat dan Aman

Ada banyak sekali kebutuhan yang kemudian memaksa Anda untuk melakukan berbagai macam transaksi keuangan, termasuk transaksi pengiriman / transfer uang ke luar negeri. Hal ini tentu akan sangat membutuhkan kehati-hatian dan juga pemilihan sarana transfer yang tepat. Pastikan penerima dana tersebut juga setuju dan mengetahui sarana transfer yang Anda gunakan, sehingga transaksi tersebut bisa berjalan dengan baik dan lancar. Jangan lupa untuk mencermati besaran biaya yang diterapkan, jangan sampai Anda mengalami kerugian akibat dalam jumlah dana dan juga biaya yang tidak seimbang.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan