2016/08/02

Solusi Masalah Sinyal 4G Xiaomi Hilang Agar Kembali

Solusi Masalah Sinyal 4G Xiaomi Hilang Agar Kembali - Boleh jadi pilihan smartphone murah dari Xiaomi yang dibekali spesifikasi oke, menjadi banyak yang kesengsem dengan smartphone keluaran Xiaomi ini. Bahkan sampai ada yang rela berburu di situs jual beli online karena tidak tersedia secara resmi di Indonesia.

Namun belakangan, di group-group dan beberapa forum pengguna Xiaomi muncul banyak keluhan masalah konektivitas 4G yang hilang setelah update ROM. Bagaimana cara mengembalikan 4G Xiaomi yang hilang gara-gara update tersebut?

Pastikan jaringan di daerah anda sudah ter-cover 4G dan sinyal stabil!

Cara Mengembalikan 4G Xiaomi yang Hilang


Beberapa waktu lalu, karena tekanan dari regulasi TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri), Xiaomi menghilangkan dukungan jaringan 4G di Indonesia. Xiaomi pun secara bertahap menggulirkan update MIUI untuk pengguna di Indonesia melalui update terbarunya ini. Hal ini pun membuat beberapa pengguna Xiaomi yang mengaktifkan auto-update merasa kesal.

Beberapa smartphone Xiaomi yang mendapatkan update MIUI 7.5.3.0 dan 4G-nya hilang, diantaranya adalah: Xiaomi Redmi 3, Redmi 3 Pro dan Xiaomi Redmi Note 3 Pro. Kalau anda termasuk salah satu pengguna Xiaomi yang 4G-nya hilang, ada beberapa cara untuk mengembalikan 4G Xiaomi yang hilang.

Cara 1: Ganti Locale menjadi Malaysia.
Ini merupakan cara paling sederhana dan mudah yang bisa anda lakukan untuk mengembalikan 4G Xiaomi Redmi 3 Pro yang hilang. Dengan mengganti Locale-nya ke Malaysia, pilihan konektifitas 4G akan kembali lagi.

Ganti Locale menjadi Malaysia
Caranya, masuk ke menu Settings - Additional Settings - Locale, dan ubah menjadi Malaysia. Setelah selesai, aktifkan fitur Airplane Mode. Tunggu beberapa saat dan non-aktifkan lagi fitur tersebut. Setelah keluar dari Airplane Mode, maka sinyal 4G anda akan kembali muncul.



Cara 2: Menggunakan Kode Khusus.

Setelah ganti Locale seperti cara di atas berkali-kali kok masih gagal? Jangan galau dulu. Masih ada cara lain yang bisa anda terapkan untuk memunculkan 4G Xiaomi yang hilang. Caranya dengan menggunakan kode khusus tertentu. Langkah-langkahnya:

Cabut SIM Card yang ada di smartphone anda. Karena semua smartphone Xiaomi dibekali Dual SIM, cabut semua SIM Card jika anda menggunakan kedua slot SIM Card yang tersedia.

Buka Phone Dialer, lalu kemudian tekan ##4636##. Ini untuk memunculkan menu tersembunyi Xiaomi: Network Testing.

Network Testing
Tekan tombol Phone Info 1, kemudian cari Set Preferred Network Type. Pilih pengaturan CDMA Only dari menu yang ada dibawahnya.

Tunggu beberapa saat sebelum masukkan SIM Card anda (masukkan dulu 1 SIM Card yang sudah 4G). Buka/masuk ke menu Settings - SIM Card and Mobile Network - Prefered Network pilih saja Global atau bisa menggunakan pilihan Prefered 4G (CDMA).
Kalau anda memilih Global dan ternyata sinyal 4G tidak muncul juga, sebaiknya langsung gunakan pilihan Prefer 4G (CDMA) saja.

Cara 3: Downgrade Versi MIU

Jika kedua cara di atas tidak berhasil, mau atau tidak anda mesti menggunakan cara terakhir yang lebih bisa dijamin sukses, yaitu dengan melakukan downgrade ke versi MIUI sebelumnya yang amsih mendukung sinyal 4G. Resikonya, semua data kamu akan hilang. Jadi, disarankan untuk melakukan backup data lebih dulu.

Silahkan download ROM yang sesuai dengan tipe smartphone Xiaomi anda disini.

Setelah selesai, ganti nama ROM yang anda download sebelumnya menjadi update.zip dan letakkan diluar folder pada sdcard anda untuk mempermudah mencarinya nanti.

Downgrade Versi MIU
Buka aplikasi Updater di smartphone anda, kemudian klik 3 titik yang ada di pojok kanan atas dan pilih Choose Update Package.

Arahkan ke lokasi dimana anda menyimpan ROM yang anda download. Pilih file update.zip dan tunggu hingga prosesnya downgrade selesai.

Sebenarnya masih ada cara lain dari 3 cara mudah untuk mengembalikan 4G yang hilang di Xiaomi. Namun cara ini membutuhkan akses root dan bisa dilakukan tanpa harus downgrade MIUI. Karena tidak termasuk cara yang mudah, maka akan dibahas dipostingan yang lain.

5 komentar

untuk trik kedua memang berhasil, tapi henpon jadi tidak bisa digunakan untuk sms dan telepon

Setelah di downgrade jgn lupa di hard reset ya(cari di google caranya)
Biar hpnya bisa normal kembali,buat sms/telpon,

Semoga membantu

Di rename gak bisa, alesan sudah ada nama, padahal gak ada nama lainnya update.zip

Coba cara ini:
1. Pindahkan file tanpa rename ke folder "downloaded_rom", kalau tidak ada buat terlebih dul

2. Dari updater pilih menu "chose update package" dan arahkan or folder "downloaded_rom" dan pilih file zip tadi.

Proses downgrade/upgrade akan berjalan otomatis. Boot pertama akan lama, hingga maksimal 30 menu.

Semoga berhasil

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan