2016/08/19

Cara Root Samsung Galaxy Prime Duos (SM-G530H) Lollipop

Cara Root Samsung Galaxy Prime Duos (SM-G530H) Lollipop - Samsung dengan OS Lollipop semakin susah untuk di root. Sebelumnya (Kitkat) selain menggunakan CF-Autoroot, proses root juga bisa dilakukan dengan Kingroot Mobile. Jika sebelumnya masih bisa dengan mudah melakukan rooting Samsung Galaxy Prime Duos (SM-G530H) saat masih ber-OS Kitkat, kini tidak lagi. Bahkan saat mencoba root menggunakan CF-Autoroot device malah bootloop dan terpaksa flash ulang firmware dengan odin.

Cara Root Samsung Galaxy Prime Duos
Baiklah, ada dua metode yang sudah saya coba dan keduanya berhasil dengan mulus. Secara ringkas, Cara pertama dengan menggunakan Kingo Root App dan yang kedua flash TWRP dengan Odin kemudian melakukan root dengan flashing SuperSU zip dengan TWRP yang sudah terpasang. Cara pertama rooting langsung dari hape dan cara kedua (lebih aman dan bersih) menggunakan PC.

Root menghilangkan garansi, pertimbangkan juga resiko kerusakan ponsel anda. Kami tidak bertanggung jawab atas konsekuensi dari seluruh resiko tindakan yang anda lakukan saat mengikuti tutorial di halaman ini menjadi tanggung jawab anda sendiri. Silahkan baca disclaimer.


Bahan Root via Ponsel/Langsung

Kingoroot apk

Supesume apk

Bahan Root via PC/Laptop

Odin v3.10.7

TWRP SM-G530H

Super SU zip

Rooting Samsung Galaxy Prime (SM-G530H) dengan Kingoapp


Untuk opsi pertama ini tergolong mudah untuk pemula. Pertama download terlebih dahulu Kingo Root (Kingoapp) dan Super SuMe apk di bagian download di atas.

Install Kingo root dan lakukan rooting dengan aplikasi ini. Proses root kebanyakan gagal jika tidak ada koneksi internet.

Tunggu saja proses rooting sampai selesai. Biasanya akan melakukan reboot beberapa kali.

Sampai di sini sebenarnya sudah cukup. Namun, seperti kebanyakan aplikasi rooting dev. china selalu menyertakan bloatware (aplikasi sampah) yang malah membuat rusuh. Untuk itu, sebaiknya mengganti aplikasi Kingo root dengan Super SU menggunakan aplikasi Supersume yang sudah anda download bersama Kingoo root sebelumnya. Untuk caranya bisa anda baca di sini.

Kini anda bisa memakai Samsung Galaxy Prime Duos yang sudah root dengan nyaman tanpa gangguan bloatware yang menyebalkan.

What's next to do? Rekomendasi: Cara Install Xposed Framework di Ponsel Samsung

Rooting Samsung Galaxy Prime (SM-G530H) dengan TWRP


Cara root yang kedua ini lebih saya rekomendasikan jika anda mempunyai PC. Meskipun tidak semudah root langsung dari ponsel. Karena selain lebih bersih cara ini juga lebih terjamin berhasil melakukan root Samsung Galaxy Prime anda.

Yang anda butuhkan adalah TWRP (berupa file *.tar) dan Tool Odin untuk melakukan flashing TWRP dan juga SuperSU.zip yang berguna untuk melakukan rooting. Semua bahan bisa anda download dari bagian download di sini.

Langkah pertama, install Samsung Driver ke PC (download dari sini), tunggu hingga selesai. Letakkan (copy) juga file SuperSU.zip ke memory internal/external ponsel.

Selanjutnya, flash TWRP ke Samsung Galaxy Prime Duos anda dengan cara:

Masuk ke download mode dengan menekan tombol [power] + [home] + [vol down] secara bersamaan dari kondisi ponsel mati selama kurang lebih 5 detik hingga muncul peringatan. Abaikan dan tekan ombol [vol up] untuk masuk download mode.

Tancapkan ponsel ke PC dan tunggu sampai PC mengenali ponsel anda.

Buka tool Odin yang sudah anda download. Lihat bagian kiri atas tool, jika bar di bawah [ID:COM] berwarna biru muda, artinya ponsel sudah terdeteksi.

Odin COM port added
Kini pilih tab Option dan hapus semua opsi (jangan ada yang di centang).

Selanjutnya klik tombol CP di panel kanan dan arahkan ke lokasi file TWRP.tar dan klik Open.

Lanjutkan dengan menekan tombol Start untuk melakukan flashing TWRP ke partisi recovery.

Proses akan berjalan dengan cepat. Saat Odin memberikan informasi PASS artinya proses flashing TWRP sukses.


Ambil ponsel yang masih dalam download mode, lepaskan kabel dan matikan dengan melepas baterai.

Langkah kedua, flashing SuperSU.zip untuk melakukan rooting.

Nyalakan Samsung Galaxy Prime ke mode Recovery dengan cara menekan tombol [power] + [home] + [vol up] secara bersamaan.

Setelah masuk menu TWRP, pilih menu insall dan arahkan ke lokasi file SuperSU.zip

Lanjutkan dengan swipe (geser) ke kanan indikator di bawah untuk melakukan flashing zip.

Proses rooting akan berjalan, tunggu hingga selesai (done!)

Pilih menu reboot to system.

Kini Samsung Galaxy Prime anda sudah root. Untuk memastikan, silahkan cek apakah sudah ada aplikasi Super SU di daftar aplikasi. Anda juga bisa mengecek dengan aplikasi root checker yang bisa anda dapat dengan mudah dari playstore agar lebih yakin.

FYI, saya sendir lebih memilih melakukan root menggunakan TWRP daripada root langsung, karena ada kesempatan melakukan backup ROM sebelum melakukan root. Sehingga bisa mengembalikan Samsung Galaxy Prime seperti semula jika terjadi bootloop. Tanpa perlu lagi mendownload firmware Galaxy Prime Duos (SM-G530H) dan melakukan flashing dari odin.

2 komentar

saya gagal root..abis flashing langsung reboot gak langsung ke menu download
mohon pencerahaannya master ?

lihat gambar pertama, pilih tab options, hilangkan centang pada pilihan reboot.

saat selesai flashing, ponsel tidak akan reboot otimatis.

masuk ke mode recovery secara manual. baca lagi tutorial dan resapi sambil dzikir.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan