2016/07/07

Tips Paten Memilih Kartu Micro SD Terbaik untuk Android

Tips Paten Memilih Kartu Micro SD Terbaik untuk Android - Meskipun sebelumnya sudah ada smartphone yang tak menyertakan slot kartu eksternal, namun akhir-akhir ini semakin banyak vendor ponsel Android merilis smartphone tanpa dukungan slot micro SD. Padahal, minat pengguna Android akan adanya slot ini cukup tinggi. Walaupun internal storage yang disediakan sudah terbilang berkapasitas besar, tak bisa dipungkiri bahwa peran kartu sd masih dibutuhkan. Terutama menyangkut back-up data mengingat ada beberapa hal yang bisa menyebabkan hilangnya data yang tersimpan di memori internal. Entah karena tak sengaja (saat mereset ponsel) sekaligus menghapus dengan data di internal memori karena ketidaktahuan.


Bagi beberapa orang menganggap bahwa semua kartu sd sama saja, terutama pengguna awam. Namun sebenarnya perlu diketahui bahwa performa micro SD (sebagai mediapenyimpanan paling populer) sangat bergantung pada kelas (class) dan kecepatan, serta kemampuan smartphone kamu dalam membaca serta menulis data ke media penyimpanan ini. Dan sebaliknya, performa baca tulis micro SD pun berpengaruh terhadap performa smartphone android.

Lalu, apa saja sih hal-hal yang perlu diperhatikan saat memilih kartu micro SD terbaik untuk smartphone android (dan smartphone ber-OS lain tentu saja) agar tidak salah beli? Dalam ulasan 5 (lima) tips berikut anda bisa menentukan kartu sd yang terbaik dan sesuai dengan kemampuan smartphone agar tak terbebani dan membebani kinerja ponsel.



1. Pastikan perangkat mendukung kartu MicroSD

Sayangnya, tak semua smartphone memiliki dukungan ke slot micro SD. Ini yang paling penting sebelum membeli micro SD, jangan sampai anda membeli kartu sd dan ternyata ponsel android anda tidak menyediakan slot micro SD, dan justru menyebut vendor (pabrikan ponsel) telah memberikan ruang penyimpanan internal berkapasitas besar.

Jadi, pastikan smartphone Android anda mendukung slot micro SD agar bisa memperluas ruang penyimpanan internal. Dan tentu saja agar anda tak sia-sia membeli micro SD yang menguras kantong tetapi malah mubazir.

2. Perbedaan SDHC dan Micro SDXC

Bagi yang sudah berpengalaman, tentu tak akan kebingungan untuk menentukan, apakah akan membeli micro SD dengan label SDHC atau SDXC. Saat membeli kartu micro SD, pastikan anda mengetahui perbedaan antara SDHC dengan SDXC dan paham dengan batasan memori eksternal yang bisa dibaca. Perbedaannya terletak pada jumlah data yang bisa disimpan oleh keduanya.

SDHC atau secure digital high capacity bisa menyimpan hingga 32GB, atau bisa dikatakan bahwa SDHC berkapasitas 32 GB kebawah. Sedangkan SDXC (secure digital extended capacity) mampu menampung data mulai 64GB dan di atasnya.

Untuk diketahui, banyak smartphone low-end tak mendukung kartu micro SDXC. Sehingga, penting untuk memastikan hal ini sebelum membeli kartu SDXC. Hingg saat ini, kapasitas penyimpanan terbesar yang umum dijual mencapai 128GB meskipun 2015 lalu Sandisk mengumumkan bisa memproduksi microSD SDXC berkapasitas 200GB.

Biasanya saat anda memasang kartu sd dengan kapasitas 64GB (SDXC) pada ponsel yang tak mendukungnya, ponsel anda tak akan mendeteksi micro sd dan menganggap bahwa tak ada kartu eksternal yang terpasang.

3. Arti Class pada sebuah kartu Micro SD

Kartu micro SD hadir dalam beberapa kelas atau class, misalnya 2, 4, 5, dan 10. Apa sih artinya? Rupanya, class menunjukkan tingkat minimum di mana kartu ini bisa mempertahankan kecepatan baca tulis data. Singkatnya, kartu SD dengan label Class 2 berarti micro SD tersebut bisa membaca dan menuliskan data pada kecepatan 2Mbps. Sedangkan Class 10 bisa membaca dan menulis data pada 10MBps. Saat ini, Class 10 lebih banyak beredar, dan ini yang cocok di gunakan untuk Smartphone Android. Berbeda dengan Class 4 maupun Class 2 yang masih oke saja saat terpasang di feature phone, akan sangat mempengaruhi performa saat terpasang di ponsel Android.

4. Maksud UHS Pada Kartu Micro SD

Mulai 2009, kartu micro SD tertentu sudah kompatibel pada UHS-1 atau UHS-4. Secara teori, micro SD dengan label UHS bisa mengakomodasi kecepatan transfer data hingga mencapai 312MBps.



Meskipun sebenarnya hingga saat ini, belum ada smartphone yang mendukung standar UHS. Meski demikian, tentu saja dengan kriteria UHS tersebut tetap berpengaruh terhadap performa baca tulis data di ponsel Android anda.

5. Micro SD yang lebih baik bisa mempercepat kinerja smartphone

Pertanyaan utama yang diajukan dalam memilih micro SD adalah, apakah semakin baik kartu micro SD akan meningkatkan kinerja smartphone? Jawabannya tentu saja 'iya'.

Jika kamu menyimpan foto, video, atau menjalankan aplikasi yang mempunyai data tersimpan pada kartu micro SD, maka micro SD yang memiliki kecepatan lebih tinggi akan bisa menyimpan foto lebih cepat, meningkatkan kecepatan transfer data saat mentransfer file dan tentu meringankan aplikasi yang anda jalankan.

Meskipun demikian, tetap saa menjalankan aplikasi yang ada di memori eksternal smartphone pasti akan membuat kinerja smartphone menjadi lebih lambat karena ada lapisan proses komunikasi data yang lebih banyak daripada saat menjalankan aplikasi yang berada di memori internal ponsel. Dalam hal aplikasi dan game, saya sendiri tidak menganjurkan untuk memindahkan di penyimpanan eksternal karena alasan diatas.

Penjelasan untuk pengguna expert, yang saya maksud disini termasuk menggunakan aplikasi populer Link2SD yang cara kerjanya membuat file link di internal data (/data/) yang merujuk file ke eksternal sd card kedua (/data/sdext2) sehingga menipu OS Android seolah file tersebut berada di internal memori. Yang berarti menambah lapisan komunikasi data menjadi lebih banyak lagi. Otomatis semakin memperparah keadaan :D

Jadi, memilih micro SD yang berkualitas tinggi berarti tinggal memilih sepesifikasi label yang lebih baik tentu saja. Akan tetapi mempertimbangkan kemampuan smartphone juga menentukan. Jangan malah terjadi "wah, ketinggian mas..." yang membuat anda guling-guling ditanah. Dan tentu saja pertimbangkan juga dengan tingkat ketebalan kantong anda.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan