2016/07/02

Mengenal Teknologi VoLTE dan Pengaruhnya Untuk Panggilan Suara

Mengenal Teknologi VoLTE dan Pengaruhnya Untuk Panggilan Suara - Saat ini memang sudah jamannya mamakai 4G LTE (Long Term Evolution) bukan lagi 3G. Pasti anda semua sudah merasakan sendiri betapa pengaruh teknologi 4G LTE sangat signifikan. Jaringan internet yang mengandalkan jaringan 4G LTE menjamin penggunanya dapat menikmati internet superngebut, meskipun untuk saat ini masih belum merata. Semua provider telekomunikasi juga berlomba mengeruk celah pasar di sektor ini dengan menawarkan berbagai paket internet dengan harga yang saling jegal.

LG menggunakan VoLTE
LG menggunakan VoLTE

Tak cuma browsing atau koneksi data saja, ternyata jaringan 4G LTE juga berpengaruh sekali untuk sektor komunikasi, misalnya saja saat digunakan untuk melakukan voice call di WhatsApp atau mungkin video call menggunakan Line (atau Skype?). Yang sebenarnya masih menggunakan jalur koneksi data (internet).

Tapi, kalo anda mau merasakan pengalaman komunikasi yang belum pernah anda rasakan sebelumnya, anda mesti mencoba teknologi VoLTE (Voice over Long Term Evolution)]. Apa sih VoLTE? Apakah berbeda dengan 4G LTE itu sendiri? Baiklah, akan saya bantu jelaskan sedikit agar Aspirin di laci anda awet.


Apa sih sebenarnya teknologi VoLTE itu?


Teknologi VoLTE itu layanan komunikasi yang menggunakan jaringan 4G LTE dalam mengirimkan data, mulai dari SMS, suara dan video menjadi satu. Voice over LTE (VoLTE) saat ini memang sudah mulai digunakan oleh sejumlah operator telekomunikasi di dunia. Awal mulanya, VoLTE pertama kali dikembangkan pada tahun 2010. Kemudian GSMA (Global System for Mobile Communication) mencari solusi untuk generasi digital supaya bisa berkomunikasi dengan tanpa hambatan.

Nah, kalau anda bertanya, lebih lancar mana antara layanan VoLTE dengan layanan suara lainnya? Perbedaannya terletak pada kecepatan transmit-nya. Untuk layanan 3G punya high speed data service sekitar 384 kbps – 2Mbps jadi hanya bagus saat anda pakai voice call atau telponan tanpa video. Saat dipkai untuk Video call biasanya patah-patah karena data video tentu lebih besar.

Sedangkan jaringan 4G LTE yang dilengkapi VoLTE mempunyai fitur sendiri yang dikembangkan dari sistem IMS (IP Multimedia System), di mana sebelum 4G LTE muncul, hanya bisa digunakan untuk SMS dan telepon saja, tapi setelah menggunakan LTE bisa digunakan Video Call.


Transmisi VoLTE

Jadi, saat anda menekan tombol Voice atau Video call untuk komunikasi dengan teman (atau pacar?) anda yang lagi jauh terasa lebih jernih dan tak lagi "kemresek" (noise), karena layanan voice call dan video call yang memakai jaringan 4G LTE itu punya "jalur cepat" (Dedicated Bearer) sehingga menghasilkan kualitas suara yang lebih jernih dan gambar yang tidak patah-patah selama video call.

Bukan hanya video call yang hilang noise-nya, tapi ada alasan lain menggunakan VoLTE dalam komunikasi. Smartphone yang sudah memakai jaringan 4G LTE dan mengandalkan teknologi VoLTE untuk komunikasi, anda bisa bebas video call tanpa suara berisik di sekitar. Ini karena VoLTE punya teknologi khusus untuk menghilangkan suara bising atau noise saat berada di tempat ramai, misalnya nelfon selama di jalan atau di mall (baca: pasar). Anda dan orang yang ditelpon tak akan mendenger suara berisik klakson di jalan atau berisik anak kecil di mall atau tawar-menawar ala Afgan di pasar karena teknologi penghilang suara yang diterapkan di VoLTE.

Jadi, apakah semua ponsel yang mendukung teknologi 4G LTE bisa melakukan panggilan melalui jaringan 4G LTE? Jawabannya tidak bisa jika menggunakan dialler atau fitur panggilan bawaan. Anda bisa merasakan rasa dari VoLTE menggunakan aplikasi sosial semacam Line, Whatsapp dan lainnya dengan syarat terkoneksi dengan jaringan 4G LTE.

Itulah yang dimaksud teknologi VoLTE yang menggunakan jaringan 4G LTE sebagai jalurnya. Kalau anda penasaran dengan teknologi VoLTE dan ingin merasakan langsung seperti apa komunikasi via VoLTE, anda bisa membeli smartphone dari Smartfren yaitu Andromax R2, Andromax E2/E2+. Untuk saat ini, dua smartphone tersebut jadi smartphone Android pertama yang menyediakan layanan VoLTE terintegrasi di smartphone yang dijual Smartfren tersebut.

Apakah ada vendor smatphone lain sudah ada yang memakai VoLTE? Banyak kok, Samsung mulai seri Galaxy Note 3 atau Aplle mulai iPhone 6s dan Sony Xperia Z3+ juga sudah memakainya. Tunggu saja, dalam waktu dekat pasti akan semakin banyak vendor yang menggunakan VoLTE dengan harga murah. Sehingga anda tak perlu memasang aplikasi semacam Skype atau Line atau WhatsApp untuk melakukan panggilan suara melalui transmisi data 4G LTE.

Referensi: wikipedia, openet.com dan bebebrapa sumber lain.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan