2016/07/27

Main Pokemon GO di Android RAM 512 MB Pun Bisa

Main Pokemon GO di Android RAM 512 MB Pun Bisa - Demam game Pokemon GO melanda negeri kita, Indonesia. Tak hanya di Indonesia, hampir semua pengguna smartphone di dunia pun ketagihan memainkan game yang satu ini. Meski begitu, ternyata banyak juga loh pemakai android yang merasa kecewa karena tidak bisa bermain game Pokemon GO gara-gara Force Closed (Berhenti tiba-tiba) disebabkan kecilnya ukuran RAM pada smartphone (Android) yang dimiliki.

Bagi pemilik ponsel android dengan RAM 1 GB keatas, hal ini tidak menjadi masalah. Tapi lain soal bagi pemilik smartphone cuma dengan RAM di bawah 1 GB. Dengan beban resource yang besar, Pokemon GO sering mengalami Force Close saat dimainkan dengan RAM kecil (mis: RAM 512MB).

Atasi Force Close RAM 512 MB
Untuk kamu yang cuma memiliki ponsel android dengan RAM di bawah 1 GB bisa sedikit lega. Berikut sedikit tips dan trick yang akan menjelaskan cara main Pokemon GO pada smartphone dengan RAM di bawah 1 GB.

Tips dan Trik ini membutuhkan akses root. Kamu bisa cari cara root di blog ini, karena sudah banyak artikel menegenai rooting. Baik dengan Kingroot maupun aplikasi lainnya.

Begini Agar Bisa Main Pokemon GO di Smartphone Dengan RAM 512 MB


Syarat utamanya: Ponsel Android kamu sudah dalam kondisi sudah di-root.

Kalau sudah root, kamu harus download aplikasi GL-Tools. Boleh instal dari Google PlayStore atau download aplikasi GL-Tools di bawah.

Nah, itu tadi merupakan tutorial agar Pokemon GO bisa berjalan di smartphone dengan RAM 512MB. Jadi bagi kamu yang punya smartphone KitKat ke atas tapi RAM cuma 512 MB, cara di atas patut kamu coba. Semoga bermanfaat!



Jika GL Tools sudah terpasang, ikuti langkah-langkah pengaturan GL-Tools berikut ini:

Sesaat setelah GL Tools terpasang, akan muncul seperti pilihan pengaturan seperti di bawah. Di semua opsi (pilihan), centang (cek) semua dan klik Install. Ponsel kamu akan reboot sendiri, jangan panik karena ini normal.

Saat ponsel sudah menyala kembali, buka kembali aplikasi GL Tools dan pilih game Pokemon GO dari list aplikasi yang muncul.

Di sini, kamu bisa memilih Enable Custom Setting dan Optimize GLSL Shaders.

Geser ke bawah sedikit, pilih menu Enable Texture Decompression dan pilih All. Sedangkan pada menu Enable Texture Recompression silahkan Disable. Selanjutnya, untuk Downscale Textures nya bisa di-isi dengan 0,5x atau 0,25x untuk menurunkan kualitas grafis. Semakin kecil nilainya, semakin rendah kalitas grafisnya.

Lanjutkan dengan mengaktifkan (centang) pilihan Use Fake GPU dan Use Fake CPU. Maksud dari Fake CPU/GPU di sini adalah menggunakan CPU/GPU palsu. Jadi GL-Tools akan mensimulasi CPU/GPU tersebut dan menerapkannya pada smartphone kamu. Pilih Use Template, pilih saja Adreno 320.

Cara di atas tidak menjamin Pokemon GO bisa berjalan sangat lancar pada smartphone kamu karena tidak hanya RAM yang berpengaruh pada stabilitas permainan, namun prosesor dan GPU juga sangat berpengaruh. Jadi pastikan smartphone kamu punya prosesor dan GPU yang bagus meskipun memiliki RAM yang kecil.

Jika sudah melakukan semua langkah di atas, kamu bisa langsung mencoba bermain Pokemon GO di android RAM 512 kamu. Goodbye force close...

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan