2016/06/16

Bagaimana Menentukan Pemutar Musik Terbaik Untuk Android

Bagaimana Menentukan Pemutar Musik Terbaik Untuk Android - Pemutar musik, tak bisa disangkal ialah salah satu hal paling penting dan harus ada di setiap smartphone. Tak terkecuali Android smartphone. Inilah kenapa di setiap ROM baik official maupun custom selalu menyertakan pemutar musik secara default. Namun, biasanya music player bawaan ROM terasa kurang greget. Entah karena fitur yang kurang (misal: equalizer dan reverb) atau bahkan terlalu berlebihan (misal: adanya online playlist dan syncronizing) dan lain hal.
memilih pemutar musik terbaik
Sebagian besar pengguna Android lebih memilih untuk memasang pemutar musik pihak ketiga (biasa disebut 3rd party app) yang disesuaikan dengan kebutuhan. Aplikasi pemutar musik ini begitu menjamur dan membanjiri pasar aplikasi google hingga akhirnya pengguna semakin bingung dengan aplikasi pemutar musik terbaik yang sesuai. Lalu, muncul banyak sekali artikel yang membahas hal ini. Tidak percaya? Silahkan search dengan kata kunci "best music player", "top mp3 player", dan senada, anda akan menemukan beribu artikel.

Sayangnya, aplikasi-aplikasi yang disebutkan sebagai pemutar musik terbaik biasanya hanya mengurutkan dari yang paling banyak diunduh atau dari rating aplikasi yang didapat. Padahal setiap pengguna membutuhkan pemutar musik paling sesuai dengan kebutuhan nya. Misalnya, hanya membutuhkan player musik pure tanpa tambahan apapun, beberapa membutuhkan pemutar music yang bisa menampilkan lirik baik online maupun offline. Bisa juga membutuhkan aplikasi dengan equalizer yang bisa diatur sendiri.

Lalu, apakah artikel ini akan memberikan rekomendasi pemutar musik terbaik seperti umumnya artikel yang muncul di Google search? Tidak. Karena kebutuhan tiap orang tentu berbeda. Merasa percuma membaca artikel ini? Baiklah, akan saya berikan rekomendasi berdasarkan apa yang umun dibutuhkan.

1. Dilengkapi dengan Equalizer.
Di kategori ini, ada 3 aplikasi salah satunya berbayar yakni: PowerAmp, JetAudio Player, dan AIMP yang berukuran lebih kecil namun dengan fungsionalitas hampir sama, gratis pula.

2. Bisa menampilkan lirik.
Pemutar musik yang bisa menampilkan lirik biasanya membutuhkan koneksi data semisal: Musixmatch Player. Sedangkan yang bisa menyimpan lirik secara offline bisa menggunakan TTPod. Yang disebut terakhir bahkan bisa mengunduh file audio asal tidak menggunakan IP Address Indonesia.
3. Memutar musik berdasarkan folder.

Untuk memutar file berdasarkan folder (tanpa perlu membuat playslist) bisa menggunakan PowerAmp maupun pemutar musik populer lainnya. Tetapi, jika membutuhkan player musik yang ringan bisa menggunakan Folder Music Player dan AIMP.

4. Mengunduh dan menyimpan file mp3 secara legal.
Dalam kategori ini sudah banyak sekali aplikasi yang populer seperti: Spotify, Joox, bahkan iMusic (Apple) juga ikut terjun ke ranah Android. Sayangnya iMusic hanya bisa mengunduh dan memutar file yang sudah dibeli dari Apple music store. Apa pemutar musik pilihan saya? Saya lebih memilih (saya tidak menyebut yang terbaik) Joox mengingat dukungan provider Telkomsel. Dan juga Spotify jika anda menggunakan provider Indosat atu XL. Kenapa? Ada kuota khusus untuk streaming music yang disediakan jika aplikasi tersebut mendapatkan dukungan operator seluler.

5. Mengunduh dan mengganti AlbumArt.

Fitur ini, ada di pemutar musik PowerAmp, dimana album art akan diunduh secara otomatis sesuai dengan meta tag file audio yang tersimpan. Kelemahannya adalah album art ini tidak di simpan ke dalam meta tag file audio (mp3) melainkan dalam file cache aplikasi, yang berarti akan hilang jika menghapus data/cache aplikasi dari pengaturan. Agar album art tidak kembali ke asal/hilang harus tersimpan (embedded) kedalam file audio. Pemutar musik yang bisa melakukan ini adalah Fusion Music Player yang gratis.

Pemutar Musik yang masuk rekomendasi di artikel ini bisa anda lihat di bawah:

Daftar pemutar musik terbaik menurut saya belum tentu sesuai dengan pilihan anda. Setidaknya, anda bisa memilih berdasarkan kategori diatas. Meskipun memang belum menyeluruh. Apakah anda harus setuju dengan pilihan music player versi saya berdasarkan kategori diatas? Tidak dong.. Anda pasti punya Musik Player Terbaik versi anda sendiri, bahkan kategori sendiri yang tidak termasuk dalam list kategori pemutar musik diatas. Mau ikut memberikan pendapat anda? Silahkan tulis di kolom komentar dengan ulasan singkat.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan