2016/06/23

Download Stock ROM (Original Firmware) Lenovo A6010 [Unbrick]

Download Stock ROM (Original Firmware) Lenovo A6010 [Unbrick] - Sempat jadi beban pikiran setelah membuat tutorial memasang TWRP untuk Lenovo A6010. Bagaimana kalau ada pembaca yang ceroboh atau khilaf dan menjadikan ponsel kesayangannya jadi bata gulung gara-gara terlalu excited dan kebablasan dalam mngutak-atik dalaman Lenovo A6010 miliknya. Untuk langkah preventif, siapa tahu nanti bakal ada yang nanya tinggal menyodorkan postingan ini. Artikel ini juga untuk membayar hutang saya yang berjanji membuat tutorial unbrick di tutorial fix bootloop Lenovo A6000 yang sangat telat karena ponsel saya tidak brick-brick sampai sekarang jadi eman kalau dijadikan bahan eksperimen.

Unbrick Lenovo A6010
File Firmware atau Stock ROM ini nantinya bisa digunakan untuk melakukan Unbrick menggunakan Software QPST (Qualcomm Phone Software Tool). Singkatnya, silahkan download salah satu file firmware Lenovo A6010 di bawah.

A6010 RAM 2 GB ROM 16GB
File Name: A6010_S036_151105_16G_ROW_WC5C.zip
File Size : 1,2 GBGqT2XqVckFxrr

Download

File Name: A6010_S033_150928_16G_ROW.rar
File Size : 1.5 GB

Download

A6010 RAM 1 GB ROM 8GB
File Name: A6010_S025_160408_8G_ROW.rar
File Size :

Download

Mirror

Berikut ini Driver dan Software QPST yang juga anda butuhkan.

Qualcomm USB Driver

QPST v2.7.422

Cara Unbrick Lenovo A6010-nya bagaimana? Nanti akan di jelaskan, mumpung ada tikus percobaan yang mampir di meja saya. Proses Unbrick ini juga bisa anda pakai untuk Lenovo A6000 dan device Lenovo lainnya yang bercipset Qualcomm.

Sebelum itu, perlu saya jelaskan sedikit mengenai 2 file firmware diatas. File dengan nama A6010_S036_151105_16G_ROW_WC5C.zip merupakan file stock rom yang tidak bisa langsung di flash melalui recovery, melainkan dengan QFIL QPST. Dalam beberapa kasus softbrick (bootloop) bisa memakai file system.zip yang bisa anda ekstrak dari dalam file tersebut.

Namun dalam kasus yang lebih parah, seperti tidak bisa masuk recovery bisa menggunakan file A6010_S033_150928_16G_ROW.rar yang di dalamnya sudah termasuk tool dan driver yang bisa digunakan untuk melakukan Unbrick Lenpovo A6010 antara lain:
  • Folder COUNTRY_CODE ( archives region )
  • Folder SW (firmware itself)
  • SW_tool folder (flasher)
  • Qualcomm_USB_Driver_Setup.exe

Oke, lanjut dengan step flashing Lenovo A6010. Silahkan Ekstrak Firware terlebih dahulu.

Untuk OS sebaiknya menggunakan Windows 7 saja agar lebih mudah saat pemasangan driver. namun jika anda menggunakan Windows 8 keatas, sebaiknya disable driver signature enforcement terlebih dulu sebelum melakukan instalasi driver. Jika belum tahu bisa lihat caranya di postingan ini.

Untuk langkahnya sebenarnya cukup mudah. Paling penting adalah anda HARUS meng-instal Driver USB Qualcomm, agar nantinya ponsel anda terdeteksi sebagai Qualcom HS-USB QDLoader 9008 di COM Port Device Manager.

Nyalakan Lenovo A6010 anda ke mode download dengan menekan tombol [POWER] + [Volume UP] dan pilih menu Download dan sambungkan ke PC/Laptop dengan kabel data USB. Bagaimanapun caranya harus terdeteksi. Jika langkah ini saja belum berhasil bagaimana mau melakukan flashing?

Nah, selanjutnya anda tinggal meng-instal Software QPST dengan benar. Install saja seperti biasa hingga selesai. Buka dari Menu > QPST > QFIL

Kini setelah anda membuka Tool QFIL (Qualcomm File Image Loader) dari Software QPST, Pada bagian Programmer patch pilih tombol Browse dan cari file MBN dengan nama prog_emmc_firehose_xxxx.mbn di folder SW (Firmware) dan pilih Open. Abaikan kolom Select Build di bawahnya.

Lanjutkan dengan memilih tombol Load XML dan pilih file rawprogram0.xml pilih open, Load XML lagi dan pilih file patch0.xml satu persatu.

Nah disinilah penting langkah awal tadi. Jika instalasi driver HS-USB QDLoader sukses, QFIL akan mendeteksi Lenovo A6010 anda sebagai Qualcom HS-USB QDLoader 9008 secara otomatis, jika tidak silahkan klik tombol select port dan pilih port yang bernama Qualcom HS-USB QDLoader 9008 sendiri.

Lanjutkan dengan menekan tombol Download untuk memulai proses Flashing.

Sudah gitu aja. Gak repot kok.

8 komentar

bang ada stock rom a6010 yg kitkat kgak?

Agan Bagong pas pertama kali beli sudah pakai Lollipop kan? Jadi rasanya tidak ada. (o)

Lain cerita kalau nanti ada porter yang mau mem-porting OS kitkat dari device lain. Jadi ujung-ujung cusrom ROM juga :D

Gan klo ane pengen flash stockrom via TWRP berati donlot yg ini ya A6010_S036_151105_16G_ROW_WC5C.zip
Nnti yg ane flash file system.zip hasil dr ekstrakan file diatas..bener kn gan?..
Hp ane sih normal2 aja cuman pengen balik stockrom aja..

Gan, ane udah flash dan sukses. Tapi begitu diiidupin harus mati-idup berulangkali dulu baru mau masuk OS. Tapi simcard gak kedetek dua-duanya dan device jadi panas. Itu kenapa ya?

Sudah coba factory reset belum gan?

Oh iya, coba cek imei, muncul tidak? Di pengaturan, tentang ponsel, apakah baseband null?

gan cara upgrade lenovo A6010 ke marsmallow gmn?

Bro, kalau posisi hh mati total gimana caranya? Masuk ke recovery juga nggak bisa, cuma kalau dicolokin ke usb indikatornya nyala (tapi layar tetap hitam)

Terima kasih gan.

Loh? pake cara yang dijelaskan ditutorial ini kan tidak perlu masuk recovery mas ganteng...

Kok masih nanya lagi :-s

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan