2016/05/02

Protes Pemblokiran Game, Situs KPAI Diretas

Protes Pemblokiran Game, Situs KPAI Diretas -

Update: Situs KPAI sudah normal kembali dan bisa di akses di alamat http://kpai.go.id/ mukai siang hari ini.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia yang sempat menjadi sorotan karena isu LGBT kini mendukung pemblokiran game yang diangap berbahaya. Tindakan KPAI ini mengundang cracker untuk melakukan "sesuatu" terhadap situs resmi miliknya di halaman kpai.go.id. Bagaimana tidak, game game yang diblokir tersebut sebenarnya memang bukan game yang diperuntukan bagi anak anak, tapi sepertinya pihak KPAI sendiri menutup mata dan menganggap semua game adalah untuk anak, tanpa mempedulikan rating, sehingga semua game yang dianggap berbahaya harus diblokir. Karena banyak yang tidak terima, imbas nya situs KPAI pun diretas.

Tampilan situs KPAI sendiri berubah menjadi berlatar hitam dengan gambar kelelawar diatas nya .


Isi pesannya yang tampil:
[Msg]
Zuhahaha.. You're drunk?
Fix ur sec first b4 talking about game

Dari peringatan yang ditinggalkan peretas dengan codename Skeptix tersebut nampaknya motif pelaku cukup jelas, memprotes pemblokiran game.
Beberapa nama / nickname hacker juga terpampang di script deface nya.

Mr.Xenophobic - Jje Incovers - SultanHaikal - Maniak k4sur - Virusa Worm - Tanpa Bicara - Rebels - Coup De Grace - Isd Andreas

Dari notice yang ditinggalkan pelaku sepertinya juga mendapatkan akses root ke server KPAI.
: id :
uid=0(root) gid=0(root) groups=0(root)

Dan sampai saat ini situs KPAI masih dalam keadaan diretas alias belum diperbaiki.
Untuk mirror nya, bisa dilihat di situs zone-h.

Dan penolakan terhadap tindakan KPAI ini tak hanya soal game, sebelumnya juga ada tindakan KPAI menyangkut konten animasi/kartun yang dilarang tayang yang juga sempat mendapatkan tentangan dari masyrakat.

Sementara itu Ketua KPAI menyatakan tak akan gentar. "KPAI tak akan gentar. Akan terus lawan penjahat perlindungan anak. Web KPAI diretas pasca upaya pemblokiran situs games online yang merusak anak-anak," jelas Ketua KPAI Asrorun Niam, Senin (2/5/2016).

Niam juga menjelaskan, pelaku peretasan ini diduga dilakukan pihak-pihak yang mengambil untung dari kasus kejahatan anak.

"KPAI akan terus berkomitmen mewujudkan upaya perlindungan anak secara total," begitu katanya.

Yah semoga saja situs KPAI segera diperbaiki. Toh masih banyak juga yang membutuhkan info ataupun layanan dari situs tersebut, dan semoga KPAI bisa mengambil keputusan yang lebih bijak lagi agar tidak banyak pihak yang merasa kecewa dengan keputusan yang dibuat KPAI.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan