2016/05/06

Mengatasi Page-Level ad format disabled in Adsense Front End

Mengatasi Page-Level ad format disabled in Adsense Front End - Baru-baru ini, saya menerima sebuah tips (e-mail) optimasi iklan dari Google Adsense yang menyarankan untuk mencoba fitur iklan baru untuk ditampilkan di device mobile kelas atas (misal: Android atau iPhone) yang bernama Page-Level Ads yang sebenarnya masih beta. Format iklan Page-Level ini dioptimalkan dan ditujukan agar hanya muncul saat halaman website/blog diakses dari perangkat mobile. Iklan ini tak selalu tampil untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dan tidak mengganggu (yah, Saya baru saja mencoba mengaktifkannya di blog ini, jadi terlalu dini untuk menganggap format ini bermanfaat).
Page level ads formats

Format iklan terbaru dari Google Adsense ini mempunyau dua format iklan. Yakni Iklan melayang (Anchor/Overlay Ad) yang muncul dan menempel di bagian bawah layar yang bisa di tutup dengan mudah. Sedangkan satunya lagi adalah Iklan Full-screen (Vignette Ad) yang muncul saat sedang menunggu pemuatan halaman yang dibuka dengan syarat halaman tersebut masih berada website/blog yang sama.

Contoh Page level ads
Contoh iklan Page Level jenis Vignette


Untuk memasang format iklan baru ini sesungguhnya sangat mudah dan bisa langsung diuni-coba dengan menambahkan hashtag “#googleads” di akhir alamat website (misalnya: www.knoacc.org/#googleads). Akan tetapi, saya mendapatkan pesan error "Page-Level ad format disable in Adsense Front End" ketika halaman saya akses (untuk ujicoba) dengan tambahan "#googleads".

Page level ad errorPage level ads error

Cek terlebih dulu, apakah anda sudah mengaktifkan format iklan baru dari Google Adsense ini. Caranya: Login ke akun Adsense dan arahkan ke menu My Ads dan pilih fitur baru Page-level ads dan pastikan kedua tipe iklan sudah aktif.

Kini coba akses kembali halaman website anda dengan menambahkan hasthtag "#googleads" di belakang alamat URL.
Masih melihat pesan kesalahan Page-Level ad format disable in Adsense Front End setelah melakukan cara diatas?
Troubleshoot:
1. Hapus cache yang tersimpan dibrowser anda saat ini. Caranya: tekan [Shift] +[ Ctrl] + [Del ] saat browser (chrome, firefox atau ie) terbuka.
2. Jika menggunakan CMS Wordpress, bisa jadi hosting anda masih menyimpan cache halaman yang diakses. Hapus file cache di hosting website anda.
3. Jika anda menggunakan CDN semacam Cloudflare (meskipun saya pengguna blogger, saya juga menggunakan Cloudflare) Masuk ke akun CDN anda dan hapus semua cache situs anda yang ada di layanan CDN yang anda pakai. Kalau anda pengguna layana premium biasanya ada fitur untuk menghapus cache dari halaman tertentu.

Oke. Semoga penjelasan saya bisa membantu anda sesama blogger pendulang dollar. Jangan malu untuk berkomentar ya...

2 komentar

Yang gak jelas itu ente gan. Artikel belum dipahami sudah komentar yang aneh-aneh. Di artikel diatas kan ADA tombol "show solution", itu Di klik, Di unlock, kalo ente pake adblock tombol unlock gak bakal muncul.

Komentar kok asal mangap. Dasar bocah.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan