2016/05/28

Download HxD - Tool Hex Editor dan Disk Editor Gratis

Download HxD - Tool Hex Editor dan Disk Editor Gratis - HxD alias Hex Editor, tool editor file mentah (RAW) ini aslinya sudah ada dan populer sejak tahun 2009 lalu. Namun akhir-akhir ini (mulai 2014) semakin sering digunakan dalam dunia modifikasi Android. Umumnya untuk memperbaiki IMEI, modifikasi file boot.img dengan menyisipikan nilai hex tertentu agar nila boot menjadi unsecure dan lain-lain. Mungkin cuma itu yang anda tahu. Tetapi tahukah anda bahwa Hex editor atau di singkat HxD ini juga bisadipakai untuk pekerjaan yang sangat penting lainnya?
HxD-Hex-Editor-Disk-Editor
Kemampunan Hex Editor ini mampu membaca hingga ke celah-celah yang tidak bisa dibaca dan tersembunyi dari file explorer dan editor file lain. Inilah kenapa Hxd banyak dipakai untuk mengedit disk image atau ROM (bahkan bisa digunakan untuk editing RAM juga), alasannya ya itu tadi, karena HxD membaca file dengan cara menterjemahkan sector per sector dengan nilai hex yang diperuntukkan untuk mesin dan menterjemahkan menjadi nilai yang bisa dibaca manusia.

Mungkin bisa dibilang tool yang satu ini merupakan tool paling ptimitif. Mungkin anda akan bertanya apakah hanya tool ini saja yang bisa membaca file hex dan menterjemahkannya menjadi "bahasa manusia"? Tentu tidak, tetapi rasanya kok cuma tool ini saja yang sering dipakai karena ada versi portable-nya (maksudnya tidak perlu di-install di OS) meskipun terakhir kali di rilis tahun 2009 dan hingga kini tidak ada pembaruan lagi. Silahkan download Download HxD - Tool Hex Editor secara gratis


HxDSetupEN

Untuk file dengan dukungan bahasa selain English bisa di lihat di halaman resmi developernya.


HxD-boot-img
Semabri menunggu download anda selesai, simak beberapa fitur utama dan mumpuni yang jarang dipakai (karena sekarang lebih dikenal "hanya" sebagai editor IMEI) antra lain:
1. RAM-Editor, untuk edit main memory, sector Memory ditandai dengan data-folds
2. Disk-Editor (Hard disk, floppy disk (masih ada?), ZIP-disk, USB flash drive, CD, de-el-el)
3. RAW reading and writing of disks and drives, untuk Win9x, WinNT dan OS yang lebih tinggi
4. Instant opening, berapapun besar file, mampu membuka hingga 8EB dengan cepat.
5. Bebas, tetapi hasilnya bisa dibuka dengan program lain dengan aman.
6. Flexible dan cepat saat mencari nilai tertentu maupun mengganti beberapa tipe data, semisal: data teks, nilai hex, integer dan float. Sedangkan fitur pencarian bisa maju-mundur atau all (dari awal baris data hingga akhir data)
7. File compare (simple), untuk membandingkan dua file; Ansi, DOS, EBCDIC dan karakter Mac. Ada juga Checksum-Generator: Checksum, CRCs, Custom CRC, SHA-1, SHA-512, MD5, de-el-el.
8. Hasil pembacaan bisa id ekspor ke beberapa format lain. Source code yang didukung Pascal, C, Java, C#, VB.NET, hasil baca bisa disimpan sebagai: plain text, HTML, Richtext, TeX dan juga Hex files (Intel HEX, Motorola S-record)
9. Menyisipkan pattern bit-bit data
10. File tools seperti: File shredder for safe file deletion, Splitting or concatenating of files
11. Basic data analysis (statistics) bisa menampilkan secara Graphical dari distribusi byte/character, membantu mengidentifikasi tipe data yang diseleksi
12. Byte grouping, mengelompokkan tiap 1, 2, 4, 8 atau 16 bytes dalam deret kolom yang sama, bisa ditampilkan dalam mode "Hex only" maupun "text only"
13. Progress-window, untuk melihat posisi bagian file yang diedit saat ini, berguna saat meng-edit file besar. memperlihatkan waktu tersisa dan tombol cancel untuk pembatalan editing.
14. Dan yang paling membantu adalah: data yang sudah dimodifikasi di soroti (higlighted).
15. Unlimited undo
16. Fungsi "Find updates..."
17. Goto address (lompat ke sector tertentu)
18. Printing, jadi? mau ngeprint data hex? aww...
19. Overwrite atau mode insert
20. Cut, copy, paste insert, paste write
21. Clipboard bisa dipkai (di paste) ke editor hex lain, semisal Visual Studio/Visual C++, WinHex, HexWorkshop, dll.
22. Bookmarks, Ctrl+Shift+Number (0-9) untuk menetapkan bookmark, Ctrl+Number (0-9) untuk ke lokasi yang sudah di bookmark

Menjabarkan fitur HxD segitu saja sudah menguras energi. Jadi intinya: tool ini masih tetap yang terbaik hingga saat ini. Sehingga banyak di sarankan dan dipakai, tak terbatas peng-edit IMEI saja. Tetapi banyak dipakai oleh analis data recovery juga. dan lain-lain penggunaannya termasuk pekerjaan yang paling keren : data forensik yang digunakan untuk mencari jejak cyber crime yang sudah dimusnahkan.

Selain itu, di masa lampau, HxD juga dipakai untuk membersihkan rootkits yang bersarang di bootsector hdd. Bisa dibilang kecil-kecil cabe rawit begitulah..

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan