2016/04/04

Aplikasi Terbaik Ekstrak, Kompres, Edit Semua Jenis Archive

Aplikasi Terbaik Ekstrak, Kompres, Edit Semua Jenis Archive - Compressed file atau berkas terpadatkan mempunyai kelebihan ukuran yang kecil sehingga cocok untuk disimpan dalam smartphone Android. Umumnya, aplikasi pengolah berkas (file manager) yang disertakan secara default sudah bisa menangani file terkompresi dengan ekstensi *.zip. Namun sebagian besar masih terbatas untuk melakukan ekstraksi saja. Jika ingin melakukan kompresi juga sudah banyak aplikasi pihak ketiga yang mampu melakukannya.

Yang jadi masalah adalah saat anda ingin meng-kompres dan meng-ekstrak file dengan extensi RAR, TAR, 7Z, TAR.GZ dan file arsip dengan ekstensi aneh lainnya. Anda membutuhkan aplikasi khusus untuk menagani berkas-berkas tersebut.

Kasus lainnya, anda menginginkan meng-edit isi file terkompresi tanpa meng-ekstrak terlebih dahulu. Entah itu menambahkan file baru atau menghapus file di dalam file ZIP/RAR. File manager default tak bisa melakukannya, bahkan aplikasi file manager pihak ketiga jarang yang bisa.

Karena sebab-sebab itulah anda membutuhkan aplikasi khusus untuk menangani compressed file, entah itu ber-ekstensi *.zip, *.rar, *.tar dan lainnya. Ada banyak aplikasi semacam ini yang ada di playstore, namun hanya beberapa saja yang menurut saya sangat efektif dan efisien dengan fitur lengkap untuk menangani file terpadatkan alias archive (arsip).

Aplikasi pengelola file terkompresi tersebut bisa anda download atau install langsung dari Plyastore melalui link di bawah. Berikut adalah aplikasi yang saya rekomendasikan:

5. Root Explorer dan ES Explorer

Jangan salah sangka, kedua aplikasi ini tak hanya oke saat mengatur file yang anda miliki. Juga tak hanya diperuntukkan ponsel yang sudah di-root.
Aplikasi Root Explorer bisa melakukan kompres file dan ekstrak file dengan ekstendi ZIP, RAR, TAR dan GZ. Aplikasi ini bisa juga di gunakan untuk ponsel non-rooted. Begitu juga ES Explorer meskipun saya benci dengan user interfacenya.

Kedua aplikasi ini tidak bisa meng-ekstrak file RAR ber-password. Dan yang bikin keki adalah anda harus beli jika ingin menggunakan aplikasi ini. Mungkin anda akan bilang: "Bodo amat, di google banyak kok." Terserah anda deh..

4. RAR

Aplikasi ini punya fitur yang sangat lengkap untuk menangani berkas dengan ekstensi RAR. Mulai mengkompres, mengekstrak dan mengedit file di dalam arsip RAR. Opsi kompresi/ekstraksi juga mencakup opsi pemberian password dan pengaturan kompresi lainnya. Tentu saja, karena ini adalah aplikasi buatan developer asli dari aplikasi WinRAR, rarlab.

Aplikasi RAR untuk Android ini mempunyai fitur hampir sama dengan versi desktopnya. Sayangnya aplikasi ini lemah dukungannya untuk file terkompresi berekstensi selain ZIP dan RAR. Yang menyebalkan adalah adanya IKLAN, padahal di versi awal-awal aplikasi ini tidak ber-iklan.

3. 7zipper dan 7zipper 2.0

Hampir sama dengan RAR for Android, aplikasi ini juga mempunyai kemampuan yang handal untuk menangani berkas terkompresi *.7z yang jadi format kompresi file default-nya.

7zip Lebih baik dari RAR for Android karena kemampuannya menangani berkas-berkas lainnya seperti *.tar dan bzip dan juga mampu menangani splited zip arcvive selain mampu mengani file arsip populer.

Selain itu, yang patut diberi apresiasi adalah kedua aplikasi pengolah arsip aneh ini BEBAS IKLAN.

Oh iya, untuk 7zipper 2.0 ada tambahan fitur akses file ke cloud drive seperti dropbox dan google drive. Kalau tidak begitu butuh, cukup pasang yang 7zipper.

2. B1 Archiver

Aplikasi ini handal dalam menangani file-file berekstensi B1, ZIP, RAR, TAR bahkan 7Z juga mampu di tangani. File *.rar ber-password juga mampu ditangani aplikasi B1 Archiver.

Apliaksi ini dulu menjadi aplikasi wajib saya karena dukungannya atad berbagai macam format arsip. Kurang lebih seperti aplikasi yang saya pakai saat ini: ZArchiver.

Diluar kelebihan kelebihan di atas, aplikasi ini sekarang punya nilai minus: IKLAN dan pembatasan fitur. Tetapi jika anda tak keberatan, aplikasi ini layak anda gunakan.

1. ZArchiver

Ini dia aplikasi favorit saya pribadi. Selain kemanpuan untuk mengolah (menambah, menghapus) isi file terkompresi dari arsip lzip, 7zip, tar, APK, mtz.

Dukungan untuk file berekstensi aneh yang tidak umum dan jarang digunakan juga sangat mumpuni. File arsip yang bisa dibuat: 7z (7zip), zip, bzip2 (bz2), gzip (gz), XZ, tar. Sedangkan arsip yang bisa di-ekstrak: 7z (7zip), zip, rar, rar5, bzip2, gzip, XZ, iso, tar, arj, cab, LZH, lha, LZMA, XAR, tgz, TBZ, Z, deb, rpm, Zipx, mtz, chm, dmg, cpio, cramfs, img (fat, ntfs, UBF), wim, ECM, arc (FreeArc). Kemampuannya setara dengan B1 Archiver, bahkan lebih baik lagi. Bahkan bisa meng-ekstrak file arsip terbagi (parted) dari zip (zip.001, dst), rar (part1.rar, dst) dan 7z (7z.001, z01, dst).

Diluar semua itu, aplikasi ini BEBAS IKLAN. Ini yang saya suka.

Aplikasi ini bahkan bisa membuka file hasil back-up partisi system dan data dari custom recovery seperti TWRP Recovery dan CWM Recovery. Untuk file yang bisa di buka antar lain: 7z (7zip), zip, rar, rar5, bzip2, gzip, XZ, iso, tar, arj, cab, LZH, lha, LZMA, XAR, tgz, TBZ, Z, deb, rpm, Zipx, mtz, chm, dmg, cpio, cramfs, img (fat, ntfs, UBF), wim, ECM, arc (FreeArc).


Root Explorer

download

install

ES Explorer

download

install

RAR for Android

download

install

7Zippper

download

install

7Zipper 2.0

download

install

B1 Arvhiver

download

install

ZArchiver

download

install
Mungkin informasi ini tidak begitu berguna jika anda tidak atau jarang mengolah berkas-berkas terkompresi. Tetapi akan sangat anda butuhkan jika anda sering berhubungan dengan kompres mengompres file. Misalnya saja mumbuat flashable zip untuk Custom ROM anda sendiri, mengambil dan meng-edit file back-up system android anda, atau melihat isi file *.tar.gz hasil back-up aplikasi Titanium Backup.

Baydewey.. Aplikasi kompres/ekstrak file di atas mungkin bukan aplikasi favorit anda dan anda punya aplikasi ampuh pilihan anda sendiri. Jangan ragu untuk berbagi di kolom komentar untuk pembaca lainnya.

1 komentar

ZArchiver emang saya juga sependapat dengan anda. Hanya saja saya lebih sering menggunakan "es penjelajahan" versi lama di android yang semua saya punya.

RAR berpassword?
Bisa kok gan.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan