2016/03/10

Download, Install dan Cara Pakai Apk Tool [Terbaru 6.1.0]

Download, Install dan Cara Pakai Apk Tool [Terbaru 6.1.0] - Sudah sejak lama saya ingin membuat artikel tentang Decompile/Recompile (DC/RC) paket aplikasi android (APK) menggunakan apktool (versi mobile). Baru kali ini keturutan. Jadi, saya akan membahas secara umum terlebih dahulu.
apk tool terbaru 2016 update
Apk Tool (mobile) merupakan aplikasi decompile (pengurai paket) dan recompile (pemaketan ulang) yang bisa digunakan langsung di ponsel/tablet Android. Aplikasi ini dikembangkan dari apktool versi desktop, dan sudah mulai mapan di versi terbarunya saat ini (apktool 6.1.0). Aplikasi ini untuk meng-akomodasi pengguna android yang tidak mempunyai PC/Laptop atau tidak mau repot menenteng meskipun performa dan fitur saat modifikasi tentu lebih baik saat menggunakan PC.

Di versi terbarunya saat ini, apktool mampu melakukan kompilasi file apk/jar dan mengkonversi ODEX android. Ada semacam fitur simpan project sehingga bisa diteruskan nanti. Juga ada fitur pencarian data dengan string.

Syarat dan Cara Instalasi

Agar anda bisa meng-install APK tool versi terbaru (update awal 2016) hapus terlebih dahulu apktool versi sebelumnya jika ada. Baru anda bisa meng-install apktool v6.1.0 ini.

Untuk instalasinya seperti biasa; download aplikasi sesuai arsitektur OS dan chipset dan pastikan centang pilihan unknown source agar bisa melakukan instalasi dari sdcard.

Dan tentu saja, aplikasi ini membutuhkan akses root/superuser. Silahkan baca cara root kingroot atau cara root framaroot untuk mengetahui caranya.


Jangan salah paham, arm dan arm64 ini untuk semua cipset selain intel yang biasa disebut sebagai x86. ARM Untuk OS android 32bit, sedangkan ARM64 untuk yang berarsitektur 64bit (umumnya Lollipop keatas walaupun tidak semuanya). Ingat, jika cipset anda intel maka gunakan versi x86 tidak perduli 32 atau 64bit. Emang ada ya intell 64 bit sekarang?
DC/RC APK/JAR Menggunakan ApkTool 6.1.0
Agar proses DC/RC minim error, persiapkan lingkungan kerja sesuai OS dan ponsel yang anda pakai saat ini terlebih dulu.
Install Apk Tool sesuai dengan chipset ponsel anda saat ini. Misal: untuk Quallcomm/Mediatek bisa menggunakan arm/arm64 dan Intel menggunakan x86 (sebagian besar keluarga zenfone).
Gunakan root explorer/lainnya untuk membuka folder /system/framework dan copy framework-res.apk ke folder /sdcard/apktool.
Kemudian buka aplikasi Apktool
Arahkan/buka folder /sdcard/apktool.
Cari file framework-res.apk sebelumnya anda copy.
Sentuh hingga keluar pop-up dan pilih menu import as framework tunggu hingga proses import selesai.

Selanjutnya, tinggal pilih paket aplikasi mana yang mau kita DC/RC.
Untuk ilustrasi saya akan menggunakan paket systemUI.apk karena paling banyak dimodifikasi.
Ingat, sebelum memodifikasi aplikasi system, biasakan untuk melakukan nandroid backup dahulu karena beresiko saat melakukan push (meletekkan kembali di folder /system
Salin file systemUI dari folder /system/app/ (kitkat kebawah) atau /system/app/system-ui/ (copy base.apk nya untuk lollipop keatas) ke folder /sdcard/apktool menggunakan root exploler atau aplikasi lain yang sejenis.
Buka aplikasi apktool 6.1 yang sudah terpasang dan anda sesuaikan lingkungan kerjanya.
Setelah terbuka, arahkan/buka folder /sdcard/apktool dan cari file systemUI yang disalin sebelumnya.
Sentuh dan pilih decompile all, tunggu hingga prosesnya selesai. Prosesnya lumayan lama, tergantung kinerja ponsel.
Setelah proses decompile selesai maka akan muncul folder SystemUI_src, di dalam folder tersebut anda bisa memodifikasi SystemUI.apk, teliti dan lakukan dengan benar saat pengeditan.
Setelah pengeditan selesai (saya tidak akan memberikan hint/atau petunjuk apa saja yang perlu diedit karena sangat bervariasi), sentuh kembali folder SystemUI_src dan pilih recompile, tunggu hingga proses RC selesai.
Jika pengeditan tadi tidak ada kesalahan, pada bagian akhir pop-up yang muncul akan tertulis Building apk file...
File hasil RC berupa aplikasi baru bernama SystemUI_src.apk
Selanjutnya sentuh pada file SystemUI_src.apk dan pilih sign apk tunggu hingga proses signing (sebentar) selesai.
Hasil signing berupa file baru bernama SystemUI_src_sign.apk.
Rename file SystemUI_src_sign.apk tadi menjadi SystemUI.apk. File apk siap untuk di push ke /system. Letakkan sesuai dengan lokasi aslinya.

Happy modding :)

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan