2016/03/29

Cara Agar Android Lollipop Bisa Copy, Cut, Delete File di SdCard (External)

Cara Agar Android Lollipop Bisa Copy, Cut, Delete File di SdCard (External) - Suatu ketika, media penyimpanan internal anda penuh dan ingin memindahkannya ke penyimpanan external karena tidak tepakai. Tetapi, anda tidak bisa memindahkan file-file ke sdcard. Atau mungkin anda ingin menghapus beberapa file yang tidak anda butuhkan di penyimpanan external ternyata file di sdcard tidak bisa dihapus. Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa tidak bisa melakukan cut, delete, copy file di sdcard?
write external storage permission
write external storage permission


Jika kebetulan anda mengalami hal ini di Android Lollipop, ini bukanlah bug. Tetapi memang peningkatan fitur keamanan yang dilakukan oleh google dengan melakukan pembatasan ijin penulisan penyimpanan external. Tujuannya agar tidak sembarang aplikasi (terutama malware) bisa merubah isi sdcard senaknya tanpa anda ketahui.

Tapi, terkadang masalah ini membuat jengkel. Penyimpanan internal ponsel yang cuma "sedikit" itu jadi penuh. Apalagi kalau sudah terlampau penuh, akan muncul notifikasi semacam "penyimpanan penuh, mungkin beberapa aplikasi system akan terganggu" yang berulang-ulang, sementara sdcard (penyimpanan external) "kosong melompong" tak terpakai.

Fixing Write External Storage

Sebenarnya, masalah ini (biasanya) hanya terjadi kalau anda menggunakan aplikasi file manager pihak ketiga alias tidak menggunakan file manager bawaan. Bagaimana mengatasi permasalahan tidak bisa menghapus file di sdcard atau meng-copy file ke sdcard ini? Seperti sudah saya sebutkan sebelumnya, masalah ini disebabkan pembatasan ijin oleh Android Lollipop, maka untuk mengatasinya anda perlu merubah "PERMISSION" untuk "WRITE_EXTERNAL_STORAGE" yang ada di /etc/permission/platform.xml

Tentu saja membutuhkan akses root/superuser untuk merubahnya. Karena file ini berada di partisi system. Jika kebetulan ponsel anda belum root, bisa baca tentang cara root android lollipop.

Selanjutnya anda membutuhkan file manager yang bisa membuka partisi system seperti Root Explorer atau . Kebetulan saya menggunakan Root Explorer.

Kalau anda sudah punya dan ter-install, silahkan buka dan arahkan ke folder /system/etc/kemudian cari file "platform.xml" dalam folder tersebut.

Edit dengan cara tekan lama di file "platform.xml" dan pilih menu Open in text editor.

Setelah terbuka, cari kode dibawah

<permission name="android.permission.WRITE_EXTERNAL_STORAGE" >
<group gid="sdcard_r" />
<group gid="sdcard_rw" />
</permission>

Setelah ketemu, tambahkan kode:

<group gid="media_rw" />

sebelum kode:

</permission>

sehingga hasil akhir kode menjadi:

<permission name="android.permission.WRITE_EXTERNAL_STORAGE">
<group gid="sdcard_r" />
<group gid="sdcard_rw" />
<group gid="media_rw" />
</permission>

Simpan hasil edit anda dan pindahkan file "platform.xml.bak" di tempat yang aman agar sewaktu waktu bisa dipakai jika ingin mengembalikan seperti semula.

Setelah anda selesai dan yakin tidak ada yang terlewat, tutup file manager dan reboot untuk melihat hasilnya.

Setelah melakukan modifikasi file "platform.xml" diatas, kini anda bisa mengkopi file ke sdcard, memindahkan file dari dan ke sdcard, bahkan menghapus file-file yang ada di sdcard anda tanpa masalah. Baik anda menggunakan file manager bawaan maupun aplikasi file manager pihak ketiga.

3 komentar

Mantap, berhasil, terima kasih banyak, sangat membantu sekali (y) ��

kalo di android mm 6.0.1 gak ada file platform nya gmn gan?

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan