2016/04/28

Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8

Install Xposed Framework Untuk Semua ROM MIUI 7 dan MIUI 8 - Untuk memasang Xposed Framework untuk Ponsel buatan Xiaomi maupun ponsel dengan ROM MIUI hasil porting berbeda dengan pemasangan Xposed untuk device dan ROM lain yang AOSP based, baik itu Xposed Lollipop maupun Kitkat kebawah. Hal ini karena ROM MIUI menggunakan framework UI tambahan. Sehingga diperlukan modifikasi oleh developer lain (unofficial xposed) agar bisa digunakan di ROM MIUI Based.

Cara Install Xposed Framework untuk MIUI 7 dan MIUI 8
Langkah di bawah seharusnya bisa diaplikasikan baik untuk ROM MIUI Native (ponsel Xiaomi) maupun ROM MIUI Porting (ponsel non-Xiaomi).
 Xposed Framework MIUIXposed Framework
Anda juga perlu tahu sedikit soal SDK dan Arsitektur yang dipakai. Pengetahuan ini lumayan berguna untuk ROM MIUI hasil porting. Singkatnya, Android Lollipop (saat ini) mempunyai dua SDK, Lollipop 5.0 masih menggunakan SDK 21 dan Lollipop 5.1 sudah menggunakan SDK 22. Sedangkan Marshmallow sudah menggunakan SDK 23.

Sedangkan Arsitektur Android Lollipop yang dipakai adalah 32bit dan 64bit untuk device dengan chipset ARM (Qualcomm maupun Mediatek) sedangkan untuk chipset Intel lebih sering disebut sebagai X86 saja dan tidak ada pembedaan arsitektur seperti di ARM (CMIIW).

Untuk instalasi Xposed Framework support MIUI 8 maupun MIUI 7 dan sebelumnya caranya juga sedikit lebih ribet karena anda harus mendownload framework dan aplikasinya secara terpisah.

-- Update 10 Juli 2016: versi terbaru Xposed MIUI Edition versi 8.6 yang sudah mendukung sebagian besar MIUI 8 baik yang masih menggunakan OS Kitkat, Lollipop, maupun MIUI 8 yang sudah menggunakan OS Marshmallow sebagai dasar. Link xposed framework v86 untuk MIUI juga ditambahkan.

-- Update 28 April 2016: menambahkan link versi terbaru Xposed MIUI Edition versi 8.3 by SolarWarez.

-- Update 28 Maret 2016: Xposed Framework versi 8.0 sudah bisa dipakai untuk MIUI 7, Yang bisa dipakai untuk MIUI 7.1 saat ini adalah Xposed Framework 8.0 hasil modifikasi SolarWarez (member forum pda.ru) Umumnya ROM MIUI 7 dan MIUI 7.1 saat ini sudah menggunakan arsitektur 64 bit dan Lollipop 5.1. Meskipun masih ada beberapa device yang masih menggunakan Kitkat maupun Lollipop 5.0 untuk MIUI 7 dan sebagian Marshmallow (akan saya bahas di artikel lain) untuk MIUI 7.1

Cara Install Xposed Framework MIUI, Step by step.

Syarat agar bisa memasang Xposed MIUI 7 dan MIUI 8 tentu saja harus sudah root dan memiliki custom recovery.

Jangan lupa melakukan nandroid backup dengan custom revovery ya. Anda sudah saya ingatkan.

Oke, anggap saja anda sudah memenuhi syarat diatas dan tahu SDK dan Arsitektur yang dipakai oleh ROM MIUI anda. Misalkan saja SDK 22 dan ARM32 karena anda sedang memakai MIUI 7 berbasis Lollipop 5.1.1 yang berarsitektur 32 bit. Maka anda tinggal men-download file yang diperlukan yang sesuai di bawah:
Untuk yang menggunakan X86 (Intel) 64 bit sangat jarang, bisa dikatakan hampir tidak ada ponsel yang memakai. Hanya ditemui di device semacam Android TV.
-- New Version below --
Xposed SolarWarez v8.6
Old version, untuk arsip saja, jangan dipakai
Xposed SolarWarez v8.5

* Lupa update, sorry :D

Xposed SolarWarez v8.3
SDK 21

ARM


ARM64

SDK 22

ARM

ARM64

SDK 21
Xposed SolarWarez v8.0

ARM64

Xposed SolarWarez v7.8

ARM

ARM64

SDK 22
Xposed SolarWarez v7.8

ARM

ARM64

Saat ini Xiaomi belum punya ponsel yang bercipset Intel, tetapi Xposed X86 sudah disediakan mengingat beberapa developer juga membuat rom MIUI (umumnya unofficial) untuk device X86 (Intel).
install Aplikasi Xposed Framework 3.0 alpha 4 agar anda bisa mengatur modul-modul xposed yang akan anda install.

Kemudian, letakkan file yang sudah anda dowload di sdcard. Matikan ponsel dan reboot ke menu recovery. Caranya variatif tergantung ponsel anda, atau gunakan tool reboot recovery untuk mempermudah.

Dalam mode recovery, pilih install update dan pilih install zip from sdcard (CWM) atau Install dan pilih Install zip (TWRP) dan arahkan ke lokasi file *.zip

Jika sudah selesai, pilih menu reboot to system dari recovery mode.

Ternyata cara pasang Xposed Framework untuk MIUI Lollipop based ini tidak terlalu ribet. Yang penting anda tahu SDK dan Arsitektur yang dipakai oleh ROM MIUI sebagai base rom. Boleh kok tanya-tanya di kolom komentar kalau masih agak ragu.

Attention!
Starting from v86 official version of Xposed become more compatibly with ROMs that use a Resources subclass for e.g. theming, like MIUI.
So, try firstly official Xposed on your device. If it will works well (take a look at themes, if they works well, then all Ok), then you doesn't need this version of Xposed.
But I suppose that on some devices official Xposed still may cause bootloops.

9 komentar

Cara mengetahui SDK dan arsitektur nya gimana om? Kl pakai miui 8

Sebenarnya, setiap developer ROM biasanya memberikan informasi basis OS Android yang dipakai (kitkat, lollipop atau marshmallow) ini bisa dijadikan petunjuk untuk menetukan SDK. Terkadang juga tidak :)

Untuk mengecek SDK juga bisa dilihat dari file build.prop dari baris:
ro.build.version.sdk=

Arsitektur juga bisa dicari tahu dari file build.prop dengan melihat baris:
ro.product.cpu.abilist32=
atau
ro.product.cpu.abilist64=
yang mempunyai nilai/tidak kosong setelah tanda "=".

Untuk redmi 1s Android 4.4.4 Miui 8 Global v6.7.21 ada caranya gak gan?

Mau Tanya nih bro,ane kan udh install semua'y dengan benar,di hp lenovo a6000 dengan memakai custom rom miui 8 (rusia) kok pas di menu xposed download ada tulisan merah di atas menu yang mau di download
Tapi pas ane klik framework'y tulisan di atas warna hijau.permasalahan'y yang di menu download itu tulisan merah kenapa
Ya ??? Pencerahan'y dong thx .knoacc.

Kalau di menu download seingat saya (ini perkiraan saya saja ya gan, soalnya saat ini saya sudah pakai rom stock lagi) berisi peringatan bahwa tidak semua modul xposed bisa jalan di custom rom tertentu atau yang agan pakai saat ini. Itu saja.

Note: Kalau ingin jawaban yang lebih akurat bisa di tuliskan teks yang berwarna merahnya sekalian.

Ouh gtu,tapi kok di menu download mala gak bisa di download ya... Apa klo kita instal mod'y gak bisa langsung dri xposed ya bro...

Saya yang pakai stock rom juga mengalami hal yang sama kok gan.

Malah lebih nyaman ambil xposed module langsung dari repositori (repo.xposed.info).

Dimana link untuk downloads hp Xiaomi mi 4i MIUI8 dan cara caranya

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan