2016/02/08

Ini Isi Hoax 10 Tahun Wikipedia

Ini Isi Hoax 10 Tahun Wikipedia - Sekitar 3 hari yang lalu Dailymail membuat berita yg membuat geleng-geleng. Berita itu mengabarkan bahwa situs Wikipedia mempunyai Artikel Hoax Jack Robichaux yang bertahan selama sepuluh tahun sejak 2005. Hoax ini terungkap oleh editor Wikipedia dengan Id "Calamondin12".
wikipedia hoax
Pengungkapan hoax terlama tersebut pertamakali di beritakan oleh techsider.io Sangat mengejutkan mengingat wikipedia merupakan situs rujukan yang selama ini dijadikan andalan saat mencari referensi. Berita ini juga sempat dikutip di beberapa portal berita lokal tiga hari lalu, dengan beragam judul. Salah satunya adalah kompas.com.

Artikel hoax selama 10 tahun bertengger di halaman wikipedia ini dibuat duo remaja yang saat itu sedang kuliah. Sang penulis artikel hoax tersebut mengatakan sudah banyak membuat hoax di wikipedia, namun segera dihapus. Hanya Artikel tentang Jack Robichaux ini yang mampu bertahan selama 10 tahun tanpa ketahuan.

Wikipedia sudah menghapus artikel tersebut dan meredirect ke halaman John Robichaux yang memang asli dan bukan hoax. Lalu, apa sih isi artikel tersebut? Buat anda yang penasaran dengan isi Artikel Jack Robichaux ini tentang biografi singkat tentang seorang pemerkosa serial fiktif. Isi lengkap artikel hoax wikipedia itu adalah:

'Jack Robichaux' was a Serial Rapist in the 19th century, who plagued the township of New Orleans. Most of his victims were overweight females. He was a Creole, although police initially suspected that the assailant was Black by his choice of victims. His talents as a Jazz musician were praised throughout New Orleans, until his crimes became public knowledge.

Dalam kolom refernsi artikel hoax itu mencanrumkan Buku dengan judul: Local matters : race, crime, and justice in the nineteenth-century yang ditulis Christopher Waldrep & Donald G. Nieman yang dipublikasikan oleh University of Georgia Press Tahun 2001 ISBN 0-8203-2247-4.

Nah loh... Wikipedia pun punya Artikel hoax, ternyata. Namun ini wajar saja karena wikipedia termasuk portal artkel yang mengandalkan crowd sourcing untuk mengelola konten artikelnya.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan