2016/01/20

Tips Menghindari Malu Gara-gara Link Spam Facebook

Tips Menghindari Malu Gara-gara Link Spam Facebook - Sudah hampir sekian minggu saya perhatikan di timeline group Facebook banyak sekali tersebar link spam yang mengarah ke situs "ngehe" yang membuat risih. Bahkan di timeline juga ada postingan link yang bisa membuat malu pemilik akun tersebut.
mengawasi dan menghapus spam porno di akun Facebook
Penyebar link sepertinya memang tidak sadar bahwa akun Facebook-nya nenyebarkan link dengan sendirinya. Tak hanya di group-group yang diikutip, tetapi juga di timeline miliknya. Selain membuat malu, ada juga resiko ter-banned oleh admin group yang tidak mau ambil resiko. Tindakan ini diambil agar tidak menjangkiti anggota lain yang sengaja maupun tidak sengaja meng-klik link yang dibagikan.

Meskipun sebenarnya, bahasan mengenai spam ini sudah banyak dibahas di beberapa portal berita di Indonesia. Namun sedikit sekali yang memberikan solusi untuk menghapus link yang terlanjur dipublish. Beberapa hanya memperingatkan agar tidak meng-klik link spam yang menggiurkan (bagi muka b*kep) tersebut.

Lalu, bagaimana jika anda sudah terjangkiti malware ini? Sebagaimana yang sudah saya bilang sebelumnya, bahwa kemungkinan besar pemilik akun tidak sadar dengan aktifitas penyebaran link "ngehe" tersebut. Bagaimana agar anda tahu bahwa akun anda benar-benar bersih dan tidak terjangkiti penyakit ini? Gampang kok.

Bukan tanpa alasan Facebook memberikan fitur Activity Log di setiap akun Facebook. Fitur ini bisa sangat berguna untuk mengecek kembali apa saja aktifitas anda di masa lalu. Saya tekankan lagi: aktifitas apapun di facebook. Jadi, anda bisa mengontrol aplikasi apa yang mempublikasikan sebuah posting, link, dan bahkan komentar, baik itu di Group maupun Timeline. Dari sini (Activity Log) anda bisa menghapus dan me-review aplikasi mana yang anda perbolehkan mem-posting dengan akun anda.
akses Activity Log di Facebook App
Bagi yang belum tahu lokasi Activity Log, anda bisa mengakses langsung dari profil Facebook anda (bukan dari Beranda). Atau jika anda menggunakan aplikasi facebook, anda bisa mengakses Activity Log dari menu paling kanan saat membuka aplikasi dan pilih profile anda dan buka menu Activity Log untuk memeriksa apa saja yang sudah anda lakukan.

Sebagai langkag lanjutan untuk membersihkan diri, anda bisa membuka di menu setting dan cari bagian aplikasi dan game. Hapus aplikasi yang Menurut anda melakukan posting link-link tidak pantas tersebut. Tahu darimana aplikasi yang perlu dihapus? Ya dari Activity Log yang saya sebut di atas.

Terakhir, bertobatlah. :D

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan