2016/01/12

Layanan Streaming Netflix Terancam Diblokir Kominfo

Layanan Streaming Netflix Terancam Diblokir Kominfo - Kabar baru soal layanan Netflix di Indonesia yang sudah mulai bisa diakses ini. Netflix sepertinya terancam diblokir oleh Kominfo. Ini (pemblokiran Netflix) dilakukan jika tidak mau memenuhi syarat yang diajukan LSF.
netflix-indonesia-diblokir
Lembaga Sensor Film (LSF) dibawah kepemimpinan Ahmad Yani Basuki. Usai dilantik, bersama dengan 16 anggota lain LSF rapatkan barisan untuk membahas keberadaan layanan tersebut. Menurut LSF usai melihat beberapa daftar film yang ada di Netflix, ada sebagian film yang tidak bisa tayang di Indonesia, walaupun lewat media streaming sekali pun. Padahal lulus sensor adalah salah satu syarat film bisa dinikmati penonton Indonesia.

"Ada yang pernah kami tolak sensornya saat akan tayang di bioskop," kata Ahmad Yani di Gedung Film, MT. Haryono, Jakarta Selatan, Senin (11/1).

Seperti saya tulis sebelumnya, film atau serial televisi yang disajikan Netflix memang tidak melalui proses sensor oleh LSF. Ahmad

Belum Lulus Sensor, LSF Minta Netflix Patuhi UU Perfilman


Ahmad Yani menjelaskan, bahwa dalam Undang-undang nomor 33 tahun 2009 tentang Perfilman disebutkan, bahwa tiap film yang akan disaksikan oleh khalayak harus memiliki surat tanda sensor dari LSF.


Dan Netflix yang merupakan perusahaan teknologi asal Amerika Serikat itu belum pernah mengajukan permohonan sensor untuk film-film yang akan disaksikan oleh masyarakat Indonesia. Sampai saat ini belum ada kabar kapan Netflix akan mengajukan permohonan.

"Terkait konten, sekali lagi kita ingatkan bahwa Undang-Undang tentang perfilman telah diatur dan ditegaskan. Setiap film dan iklan film yang akan diedarkan wajib peroleh tanda lulus sensor, diterbitkan LSF setelah penilitian terhadap film dan iklan film tersebut," paparnya.

"Tanpa memenuhi ketentuan tersebut, kami akan merekomendasikan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir layanan tersebut," pungkasnya.

Kita tunggu saja, apakah layanan Netflix bakal benar-benar diblokir oleh Kominfo karena tidak mau mengikuti aturan, atau Netflix bersedia mengikuti syarat LSF dengan mengorbankan beberapa kontennya untuk diacak-acak.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan