2016/01/07

Netflix Hadir di Indonesia, Minimal Punya Koneksi 0.5 Mbps

Netflix Hadir di Indonesia, Minimal Punya Koneksi 0.5 Mbps - Di tengah maraknya pembajakan film di internet, layanan streaming video Netflix cukup percaya diri masuk ke Indonesia. Terhitung 7 Januari 2015 ini, aksi Daredevil dan Jessica Jones dapat dinikmati secara legal via Netflix.
netflix-indonesia
Netflix datang ke tanah air meruoakan bagian dari pelebaran bisnis perusahaan yang berkantor di Los Gatos, California, Amerika Serikat itu. Selain Indonesia, ada 130 negara lain yang sudah lebih dulu dijajah. Netflix kini sudah ada di total 190 negara.

"Hari ini Anda sedang menyaksikan kelahiran jaringan TV internet global baru. Dengan peluncuran ini, konsumen di seluruh dunia, dari Singapura ke St Petersburg, dari San Francisco ke Sao Paulo - akan dapat menikmati acara TV dan film secara bersamaan tanpa menunggu lama.

"Dengan bantuan internet, kita menmpatkan kekuasaan di tangan konsumen untuk menonton kapanpun, dimanapun dan pada peramgkat apapun," kata Co-founder and Chief Executive Reed Hastings saat menyampaikan keynote di ajang CES 2016

Dikatakan Hasting, dengan hadirnya Netflix dibanyak negara, pihaknya kini menambah dukungan beberapa bahasa. Total saat ini ada 17 bahasa, diantaranya Inggris, Arab, Korea, China dan lain-lain. Kedepannya, Netflix berjanji akan makin menambah lebih banyak lagi.

"Mulai hari ini dan seterusnya, kami akan mendengarkan dan belajar, secara bertahap menambahkan lebih banyak bahasa, lebih banyak konten dan lebih banyak cara bagi orang untuk terlibat dengan Netflix," ujar Hastings.

Berapa Tarif Langganan Netflix Indonesia

Di negara asalnya, biaya berlangganan per bulan Netflix mulai dari USD 7,99 untuk paket basic, USD 9,99 untuk paket standar dan USD 11,99 untuk paket premium.

Sementara di Indonesia, layanan ini memberlakukan tarif yang sama. Untuk paket standar Rp 109 ribu, paket premium Rp 139 ribu, paket premium Rp 169 ribu. Namun untuk bulan pertama, Netflix memberikan akses gratis selama sebulan setelah pengguna melakukan registrasi.
Setelah berlangganan, pengguna dapat menyaksikkan Netflix di berbagai perangkat, mulai dari smartphone, tablet, desktop, smart tv hingga konsole game. Selain film layar lebar, ada banyak judul serial yang dapat dinikmati.

Dan ditahun 2016 ini, Netflix berencana akan menghadirkan 31 film seri baru yang dibuat sendiri. Selain itu ada dua lusin film film dan dokumenter yang akan tayang. Serta sejumlah tayangan komedi dan untuk anak-anak.

Kesiapan Koneksi Internet Indonesia Sambut Netflix

Meski layanan Netflix resmi tersedia di Indonesia. Namun dengan koneksi internet yang ada sekarang ini apakah menikmati tayangan video streaming di Netflix di Indonesia akan maksimal?

Dalam laman resminya, Netflix telah memaparkan kecepatan internet yang direkomendasikan untuk menikmati konten mereka. Layanan yang berbasis di Los Gatos, California, Amerika Serikat itu mensyaratkan pengguna minimal memiliki koneksi internet 0,5 Mbps.

Namun mereka lebih merekomendasikan pengguna menggunakan koneksi 1,5 Mbps. Tapi untuk menikmati streaming video berkualitas Standard Definition (SD), Netflix menyarankan memakai koneksi 3 Mbps.
Netflix turut menyediakan konten video High Definition (HD) dan Ultra HD (UHD). Tapi untuk menikmati sajian tersebut, pengguna disyaratkan memiliki koneksi yang kencang, Untuk konten HD, Netflix merekomendasikan kecepatan minimal 5 Mbps. Sedangkan video UHD disarankan punya koneksi minimal 25 Mbps.

Netflix juga mengingatkan bahwa semakin tinggi resolusi video yang ditonton maka bandwdith yang dibutuhkan juga besar. Untuk menonton video SD, Netflix mengunakan 1GB per jamnya. Sementara video UHD sekitar 3 GB per jamnya.

Bagi pengguna yang memakai provider internet dengan batasan bandwidth atau kuota data, Netflix menyarankan untuk melakukan pengaturan kecepatan streaming video. Caranya buka akun pengguna, lalu pilih Playback Setting di bagian profil. Anda juga bisa membuka layanan netflix melalui aplikasi yang sesuai dengan perangkat anda. Untuk Android anda bisa mendownload aplikasinya di sini

Kemudian pilih opsi yang tersedia, yakni
- Low (0,3 GB per jam)
- Medium (SD 0,7 GB per jam)
- High (Kualitas video terbaik, hingga 3 GB per jam untuk HD dan 7 GB per jam untuk UHD)
- Auto (Secara otomatis menyesuaikan dnegan koneksi).

Dan sebagai penutup, ternyata film yang ditayangkan di layanan Netflix belum di sensor.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan