2015/12/21

Malware Kian Merajalela di iPhone Dan Macbook

Malware Kian Merajalela di iPhone Dan Macbook - Dulu, pengguna produk Apple mungkin berani sesumbar dengan minimnya ancaman yang dilancarkan malware. Tetapi sekarang, siapa yang berani menjamin platform tertutup milik Apple seperti iOS atau OS X bakal tetap aman dari serangan malware? Laporan terbaru membuktikan bahwa jumlah infeksi dan ancaman malware meningkat dalam dua tahun terakhir. Pengguna iOS maupun OS X patut mawas.
iPhone Vintage
Laporan terakhir dari perusahaan security Symantec, jumlah ancaman ke Mac OS X meningkat sebesar 15% dibandingkan tahun 2014. Bahkan, jumlah ancaman mallware untuk iOS yang ditemukan tahun ini jumlahnya lebih dari dua kali lipat atau 100% lebih.

Baca: Tips agar iPhone Dan Macbook tidak terjangkit malware

Perngakat mobile Apple yang di-jailbreak merupakan sasaran utama sebagian besar ancaman. Dan dari 13 ancaman ke iOS yang dikumpulkan datanya oleh Symantec sampai saat ini, sembilan di antaranya cuma bisa mempengaruhi perangkat Aplle yang sudah di-jailbreak.

Walaupun total jumlah ancaman yang menyasar perangkat Apple masih cukup rendah dibandingkan dengan ancaman untuk Windows pada desktop dan Android di wilayah mobile, pengguna Apple harus waspada.

Ancaman-ancaman tersebut mulai dari kelompok kejahatan maya biasa yang berkembang dan mengarahkan ancaman mereka hingga ke platform Apple, sampai ke kelompok penyerang tingkat tinggi yang mengembangkan malware Mac OS X dan iOS dengan penyesuaian khusus.

Jika platform Apple semakin meningkat popularitasnya, maka jumlah ancaman keamanan cyber yang dihadapi pengguna Apple pun akan cenderung meningkat beriringan.

Sebagai contoh, ancaman terbaru yang bisa dibilang sukses adalah ulah grup pengintaian korporat Butterfly yang bisa menginfeksi komputer OS X di organisasi target dan grup Operation Pawnstorm APT yang menciptakan malware yang bisa menginfeksi perangkat iOS.

"Serangan ke OS X paling banyak disumbangkan oleh grayware, seperti adware, aplikasi yang tidak diinginkan atau menjebak," tulis Symantec di laman blog resminya pada hari Senin (21/12/2015).

Meskipun jumlah ancaman masih kecil jika dibandingkan dengan ancaman yang muncul untuk seluruh perangkat, jumlah ancaman baru untuk OS X dan iOS yang ditemukan setiap tahunnya menunjukkan tren peningkatan yang pesat selama lima tahun terakhir.

Dengan mempertimbangkan tren ini, pengguna Apple tidak bisa berpuas diri dengan fitur keamanan yang sekarang. Kesadaran akan ancaman-ancaman umum dikombinasikan dengan perangkat Apple yang diamankan dengat baik seharusnya bisa meminimalisasu risiko tepapar ancaman malware.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan