2015/12/03

6 Kebiasaan Ini Bikin Tabungan Cepat Bertambah

6 Kebiasaan Ini Bikin Tabungan Cepat Bertambah - Terinspirasi dari publikasi tentang modal dan bisnis, saya ingin ikut menambahi dengan tulisan yang masih ada hubungannya dengan modal. Yang tentu lebih kearah pengelolaan keuangan secara personal sih sebenarnya.
Tips Menabung
Kita pasti tahu apa arti tabungan, merupakan aset berharga yang pasti berguna untuk masa depan. Namun, ternyata menabung bukan suatu hal yang mudah karena ada saja kendala yang harus dihadapi ketika kita mulai menyisihkan uang untuk ditabung.

Untuk itu, Kita perlu melakukan beberapa kebiasaan yang baik ini agar tabungan bisa bertambah. Tips berikut seperti diambil dari situs Erstarnews.com, Rabu (2/12/2015). Agak telat yah? Tidak apa, berikut poin poin yang bisa membuat tabungan Kita menggembung:

1. Menyisihkan tabungan saat menerima gaji


Saat menerima gaji, sisihkan uang tabungan dan biarkan mengendap di rekening bank. Jangan menabung karena Anda memiliki sisa gaji bulanan karena dengan pemikiran seperti itu, tabungan Anda justru tidak akan bertambah.

2. Menetapkan tujuan jangka panjang dan pendek


Menetapkan tujuan untuk jangka panjang dan jangka pendek harus dilakukan jika tujuanmu menabung ingin tercapai.

Misalnya, dalam jangka pendek, Anda ingin membeli laptop baru sementara dalam jangka panjang ingin memiliki sebuah rumah. Hal pertama yang harus dilakukan adalah mencapai tujuan jangka pendek terlebih dahulu. Setelah itu, barulah menabung untuk tujuan jangka panjang.

3. Menentukan jadwal


Setelah menentukan tujuan menabung, tetapkanlah jadwal mengenai kapan akan membeli barang yang diperlukan tersebut dan kapan harus memiliki sesuatu dalam tujuan jangka panjangmu.

Misalnya saja, untuk membeli laptop baru, Anda membutuhkan waktu dua bulan. Setelah itu, tetapkan jadwal baru untuk memiliki rumah baru dalam waktu tiga tahun.


Ternyata masih banyak orang yang percaya dengan berbagai mitos seputar menabung.

4. Catat pengeluaran


Mencatat pengeluaran biasanya jarang dilakukan. Padahal hal tersebut merupakan bagian penting yang bisa membantumu merencanakan tabungan masa depan. Catatlah setiap pengeluaran untuk mengetahui berapa banyak uang yang Anda butuhkan selama sebulan dan berapa banyak sisa uang yang bisa ditabung nantinya.

5. Kurangi pengeluaran yang tak penting


Setelah mencatat pengeluaran, Anda pasti akan menemukan bagian mana saja yang bisa dipangkas dan tidak. Jika biasanya Anda melakukan wisata kuliner sebanyak dua kali dalam seminggu setelah gajian, maka pangkaslah pengeluaran tersebut menjadi satu kali saja.

6. Segera hentikan pemakaian kartu kredit

Potong Kartu Kredit
Meskipun terlihat memudahkanmu dalam membeli sesuatu, namun kartu kredit sebenarnya akan menyulitkanmu pada saat penagihan. Untuk itu, gunakan uang cash saat berbelanja dan berhentilah pakai kartu kredit.

Demikianlah hal-hal positif yang bisa membantu meningkatkan tabungan anda sesuai dengan saran situs Estarnews. Sepertinya hal tersebut di atas akan saya coba terapkan juga mulai sekarang.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan