4.10.15

Tutorial Flash Stock ROM Infinix Hot 2 Lollipop 5.1.1

Dengan Infinix Hot 2 mulai dipasarkan di Indonesia melalu flash sale di situ Lazaca. Sebentar lagi pasti akan mulai bermunculan request Stock ROM Infinix Hot 2 ini. Agar tidak perlu request, saya buatkan saja tutorial untuk mengatasi permasalahan yang nantinya (pasti, untuk kalangan opreker) akan timbul seperti bootloop, boot stuck atau apalah istilah-istilah lain untuk kondisi ponsel android hang di logo dan tidak mau masuk ke system, atau yang lebih parah lagi: tidak mau masuk recovery.

Note: untuk tutorial root dan install custom recovery menyusul.

Karena Infinix Hot 2 ini termasuk smartphone yang menggunakan chipset Mediatek, alat yang dibutuhkan tentu saja SP Flashtool untuk melakukan flashing stock rom dan juga driver VCOM (Preloader Mediatek) agar ponsel bisa dikenali oleh PC beserta Stock ROM Infinix Hot 2 yang bisa didownload di bawah postingan.

Dengan mengikuti tutorial flashing yang saya berikan berarti anda sudah setuju dengan Disclaimer dan harus memahami copyright notice di KnoAcc Blog jika ingin membagikan tutorial ini. Jika tidak setuju silahkan minggat dari sini.

Mengatasi Infinix Hot 2 Bootloop (softbrick) Dengan Flash Stock Firmware

Seperti yang sudah-sudah (maksudnya tutorial flashing ponsel lain), dengan melakukan flashing stock firmware bisa mengembalikan kondisi Infinix Hot 2 seperti sediakala. Saya anggap anda sudah mempunyai 3 hal yang saya sebutkan sebelumnya dan siap untuk mengikuti tutorial berikut dengan hati-hati:
  • Ekstrak Driver VCOM (mediatek preloader) dan Install di PC/Laptop anda. Reboot PC setelah ter-install.
  • Ekstrak juga Stock Firmware (X510-D5110-L-20150805.zip) di lokasi yang mudah anda temukan, misalnya: desktop.
  • Sekarang ekstrak juga aplikasi SP Flastool di drive C:\ dan masuk ke folder SP_Flash_Tool_v5.1408.00 (saya rekomendasikan pakai yang ini, atau versi lain juga bisa)
  • Jalankan aplikasi Flashtool dengan double klik pada flas_tool.exe
  • Jika sudah terbuka, klik pada tombol Scatter loading, arahkan ke lokasi dimana anda meng-ekstrak stok firmware kemudian pilih file MT6580_Android_scatter.txt dan klik tombol open.
Flashing Infinix Hot 2
  • Setelah yakin file yang diperlukan tercentang (lihat screenshoot diatas) klik di tombol Download.
  • Sekarang matikan dengan mencabut baterai Infinix Hot 2 anda kemudaian pasang lagi baterai dan hubungkan ke komputer dalam kondisi mati.
  • Tunggu beberapa saat, dan Flashtool akan memulai proses flashing yang ditandai dengan status bar (di bagian bawah) berwarna kuning mulai berjalan. Kini anda tingggal menunggu proses flashing selesai.
  • Jika proses flashing SP flashtool sudah selesai, akan muncul kotak dengan tanda centang dalam lingkaran hijau bertuliskan OK. Lepaskan ponsel anda dari kabel usb dan lepas baterai sebentar kemudian pasang kembali baterai.
  • Sebagai langkah akhir, masuk ke recovery mode dengan menekan tombol power dan volume up (+) secara bersamaan sampai masuk layar hitam dengan menu recovery, fastboot, dan normal. Pilih menu recovery dengan menekan tombol volume down (-).
  • Dalam recovery mode, lakukan factory reset (wipe data dan wipe cache) kemudian pilih menu reboot to system jika proses wipe sudah selesai

Bagaimana? Proses flashing ini mudah sekali bukan? Jangan segan untuk berkomentar, saya akan senang jika anda merasa terbantu. Jangan sungkan juga untuk bertanya jika ada kesalahan. Saat bertanya, sertakan juga pesan kesalahan yang muncul dan saat sampai di langkah no. berapa. agar saya bisa membantu memberi solusi.

Download Section
Informasi Download: Stock ROM Infinix Hot 2: -X510-D5110-L-20150805.zip, 872,1 MB
Driver VCOM Infinix Hot 2: MediaTek_USB_VCOM_drivers.zip, 6,2 MB

Stock ROM Infinix Hot 2
Driver VCOM Infinix Hot 2
Disqus Comments