2015/09/18

Cara Mudah Fix Bootloop OPPO Joy 3 A11W [request]

Cara Mudah Fix Bootloop OPPO Joy 3 A11W [request] - Artikel ini flashing Oppo Joy 3 A11W ini dibuat karena (lagi lagi) ada request dalam komentar pembaca di sini. Oppo Joy 3 sendiri menggunakan chipset Mediatek MT6582 dengan CPU quad core 1.3 Ghz dan RAM 1 GB dan GPU Mali 400MP2. Artinya seharusnya flashing bisa dilakukan dengan SP Flashtool.

stock rom firmware oppo joy 3 a11w

Tetapi, kebetulan saya ada cara yang mudah dan tidak memerlukan software (SPFlashtool) untuk melakukan flashing. Metodenya sangat sederhana yakni dengan menggunakan file OTA update resmi dari Oppo mobile sendiri. Jadi untuk mengikuti tutorial yang saya berikan, ponsel anda harus mempunyai stock recovery (native oppo recovery). Jika anda sudah menggunakan custom recovery sebaiknya anda melakukan flashing recovery melalui fastboot mode.

Sebelum mengikuti tutorial dan menggunakan bahan yang ada di artikel ini, anda harus setuju dengan disclaimer, jika tidak setuju silahkan tutup halaman ini. Jika anda ingin mempublikasikan ulang artikel ini anda harus patuh dengan artikel copyright.

Flashing Firmware OPPO Joy 3 A11W via Stock Recovery

Saya anggap anda masih menggunakan stock recovery di ponsel anda. Jika anda sudah menggunakan custom recovery (entah itu CWM maupun TWRP) lihat bagian mengembalikan stock recovery di bawah.
1. Download Firmware Oppo Joy 3 dibagian download.
2. Letakkan file zip yang sudah di download di external sdcard dan masukkan ke dalam ponsel.
3. Masuk ke recovery mode dengan menekan tommbol power dan volume down (atau volume up, saya lupa) secara bersamaan hingga masuk Oppo Recovery.
4. Dalam Oppo Recovery mode, pilih bahasa English jika ada pilihan bahasa.
5. Masih dalam Oppo Recovery, pilih menu wipe data and cache. Pilih Yes jika ada pertanyaan. Tunggu hinga selesai, dan pilih ok.
6. Lanjutkan dengan memilih menu Install from sd lalu pilih From sd dan arahkan ke lokasi file Stock ROM Oppo Joy 3 A11W yang sudah anda letakkan di sdcard sebelumnya.
7. Pilih Yes saat ditanyakan apakah ingin meng-install update ini. Dan tunggu hingga proses selsesai.
8. Setelah proses flashinf selesai, pilih Reboot agar ponsel menyelesaikan proses flashing dan masuk ke syatem.

Saat boot pertamakali setelah flashing biasanya memakan waktu agak lama (sekitar 5 menit) karena android sedang mempersiapkan file file yang dibutuhkan seperti menyusun dalvik cache dan menyelesaikan pembersihan script update. Dan jreng... ponsel Oppo Joy 3 anda kini seperti baru lagi.

Perlu anda ketahui, file stockrom Oppo Joy yang digunakan dalam tutorial ini adalah firmware terbaru yang dirilis tanggal 22 Juli 2015 dan di rilis untuk publik tanggal 3 Agustus 2015. Jadi, jika andabelum sempat meng-update Firmware ponsel anda, dengan mengikuti tutorial ini anda sekaligus melakukan upgrade firmware ke versi terbaru.

Mengembalikan Oppo Stock Recovery dari Custom Recovery


Untuk mengembalikan dari custom recovery ke recovery oppo, ikuti langkah berikut jika menggunakan CWM recovery:
1. Anda harus sudah mempunyai Minimal ADB Fastboot Tool
2. Download file oppo recovery dan rename menjadi recovery.img dan letakkan dalam folder adb fastboot.
3. Matikan ponsel dan nyalakan dalam recovery mode
4. Setelah masuk custom recovery (CWM) pilih menu reboot dan pilih reboot bootloader agar masuk mode fastboot.
5. Buka folder ADB Fastboot dan tekan dan tahan tombol [ctrl] + [shift] bersamaan dengan klik kanan di ruan kosong dalam folder dan pilih opend command promt here
6. Tancapkan ponsel ke komputer, tunggu hingga terdeteksi dan driver fastboot ter-install
7. Dalam Command Promt ketik perintah fastboot flash recovery recovery.img
8. setelah partisi recovery sudah di flash dengan stock recovery, ketik lagi perintah fastboot reboot
Seadangkan jika anda menggunakan TWRP recovery atau Philz Recovery anda bisa melakukan install image dan meilih partisi recovery sebagaitujuan flashing dan mengarahkannya ke file recovery.img kemudian melkukan flashing partisi recovery.

Kini anda bisa melanjutkan tutorial flashing stock rom di atas.

Download section
Stock ROM Oppo Joy 3 A11W
Oppo Recovery

Update: Link fixed per 11 Oktober 2016

22 komentar

Maaf .. gan, ane download kok gagal ?

Link (di mediafire) sudah di cek dan masih sehat gan.

wajib like ya gan?
menghindari spam soalnya...

Saya tidak mendapat upah dari agan untuk upload file. Agan tidak keluar keringat apalagi duit hanya untuk like masih berat? Agan bilang spam, memangnya saya jualan apa gan?

pasang emoji: geleng-geleng.

Tanya gan, kalau Joy 3 ini bisa pakai rom custom apa ya?

gan kalau hp saya oppo joy r1001 hardbricked cara mengatasinya gmn yah?

thx gan sangat membantu, punya saya sudah rooting tapi lupa update firmware resmi jadi bootloop, thx stockrom ini sangat membantu..

thanks so much se much2 nya gan :) karena tutor agan hp aku kembali normal, lmyn bisa simpen 50rb drpd dibawa ke tukang serpis.. sekedar curhat, joy3 ane softbrick gara2 up software dlm keadaan ROOTED. sukses bwt agan admin KNOACC dan dimudahkan hidupnya (y)

gan ,, kalau oppo joy3 kenak virus aplikasi gmna ,,, diformat/diwiping juga ada solusinya gmna ??
biasanya mesti pake flashtools ??

bootloop, recovery nggak bisa dibuka, karena salah masukin. rencana mau tak balikin ori recoverynya pakek cara diatas, hasilnya (pastition 'recovery' not support flash) gan. ada solusinya nggak gan?

Gan kasih tahu cara move app to systems utk oppo joy 3 a11w dengan versi update a11wEX_11_151214.

Klo tuk versi update yg lama bisa gan. Tapi utk versi update ybaru gak bisa move app to sytems dgn cara apapun. (Mode Root explore yg pakai ubah permission, convert user app to syatem via titanium backup & Link2sd atau model push app pun jg ndak bisa)

Kayakanya agan kesulitan, nih. Sampe ngga ada balesan. Atau jangan2 si Agan lg sibuk yak? Hehe... Becanda gan.

Untuk ubah aplikasi system biasanya saya juga menggunakan cara yang agan sebutkan. Tetapi kalau agan sudah memakai segala cara dan mentok, saya juga tidak bisa membantu.

Ini saya kutip dari komentar agan "Klo tuk versi update yg lama bisa gan. Tapi utk versi update ybaru gak bisa move app to sytems dgn cara apapun"

Saya juga pingin bertanya, agan sudah coba pakai adb tool untuk push app ke /system/app atau /system/priv-app juga ya? Kalau sudah, that's it.

Terimakasih sudah menunggu jawaban dari saya, Selain saat ini saya sudah tidak pegang oppo joy lagi. Agan pasti sudah baca disclaimer kan? Jadi mohon agan maklumi keterbatasan ilmu saya.

Tnx nihh gan untuk smua nya
Nice post :)

kalau recoverynya ilang gimana gan

Thanks gan... lumayan buat JHT si oppo ane...y moga aje kagak ngape2
Amiiin

thanks gannn...lg butuh pass banget nihh...

Gan...mau nanya nih.. Saya mau update oppo ke joy 3 yg baru...tapi saya helum download firmware nya....gimana tuh gan?

makasih gan seles bagus lg hp temen ane makasih lh gan

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan