2016/08/10

Cara Manual Update Lollipop Lenovo A6000 dan A6000+

Cara Manual Update Lollipop Lenovo A6000 dan A6000+ - Download Firmware Update for Lenovo A6000 Latest version: Kraft-A6000 S061 (32 bit) and Lenovo A6000 plus Latest version: Kraft-A6000s_S030 (64 bit). Firmware yang ada dihalaman ini bisa di bolak-balik pemakaiannya antara A6000 biasa dan A6000 plus.

Download file Firmware terlebih dahulu di bawah. Disarankan menggunakan PC agar tidak corrupt.


Update Versi Lollipop terakhir per tanggal 10 Agustus 2016:
1. Lenovo A6000: Kraft-A6000 S061
2. Lenovo A6000 plus: Kraft-A6000s S030
Lenovo-Kraft-A6000-S061
Per bulan Agustus 2016 sudah muncul S061 untuk Lenovo A6000, baru mempunyai link Full Firmware saja dan belum mendapatkan file OTA (file update yang kecil). Sebagai gantinya di sediakan Minimalist Firmware Pack dari Forum Lenovo Russia

Download Section


Lollipop untuk A6000 (32bit) S061 Minimal (Debloated/Trimmed) : 710 MB
note: Using TWRP is a must (mandatory)

CloudMail == GoogleDrive

Lollipop untuk A6000 (32bit) S061: 1,028 GB

Kraft-A6000 S061

Lollipop untuk A6000 plus (64bit) S030: 1,2 GB

Kraft-A6000s S030

Older Lollipop Firmware For Lenovo A6000:

Lollipop untuk A6000 (32bit) S060: Approx 1 GB

Kraft-A6000 S060

Lollipop untuk A6000 (32bit) S059: Approx 1 GB

Kraft-A6000 S059

Lollipop untuk A6000 (32bit) S058: Approx 1 GB

Kraft-A6000 S058

Lollipop untuk A6000 (32bit) S052: 995,68 MB

Kraft-A6000 S052

mirror

Older Lollipop ROM Firmware Lenovo A6000 plus:

Lollipop untuk A6000 plus (64bit) S028: 1,1 GB

Kraft-A6000s S028

mirror

Cara Singkat Upgrade Firmware Manual

Cara update secara manual cukup sederhana:

Langkah pertama, Pastikan anda menggunakan stock recovery dan kondisi Lenovo A6000 masih belum root. Kalau sudah root install official firmware S032 Lenovo A6000 di halaman ini. Atau jika menggunakan TWRP Recovery anda bisa lanjut ke langkah kedua.

Langkah kedua, Download file Update Lollipop Lenovo A6000 di bagian download dan letakkan di internal sdcard dan rename menjadi update.zip jika menggunakan stock recovery dan bebas untuk yang menggunakan TWRP recovery.

Langkah ketiga, Reboot ke recovery mode dan lakukan full backup jika menggunakan TWRP dengan mencentang semua opsi dan pilih eksternal sdcard untuk lokasi backup. Jika menggunakan stock recovery, abaikan langkah ini, cukup reboot biasa.

Langkah ke empat, untuk Stock Recovery, pilih menu install update di pembaruan versi. Jika masih tidak bisa update, rename file menjadi update.zip dan letakkan di sdcard kemudian install update zip from sdcard di stock recovery.

Sedangkan bagi yang menggunakan TWRP Recovery pilih install zip dan pilih file Update Lollipop yang tadi anda download.

Tara... Lenovo A6000 anda kini sudah menggunakan Firmware Lollipop Kraft-A6000 S058 150825 untuk A6000 polos dan Kraft-A6000-s S028 150827 untuk A6000 plus.

Have a nice day dan rasakan bedanya..

Troubleshoot failed update


1. Ekstrak file zip, kemudian ambil System.zip dan Indonesia.ota.zip (atau sesuai dengan negara anda) dan hapus file lainnya dan lakukan flash melalui recovery.
2. Jika masih gagal, ekstrak file boot.img dalam System.zip dan flash image > boot, dengan twrp recovery. lakukan flashing lagi.
3. Jika langkah kedua masih gagal, gunakan boot.img dari versi yang lebih rendah.

Tambahan: Untuk Firmware Lenovo A6000 SE silahkan buka link ini

149 komentar

Links dont work. Upload firmware to google drive or mega.co.nz

Link download fixed. Temporary moved to another host.

note: CPU limit on my current host reached at this day.

Gan ini beneran file lollipop utk A6000 kah? Ane sudah download file nya cuma ragu untuk installnya. Boleh tau ada bug apa aja gan?

Sejauh ini Normal di penggunaan harian. belum ada bugs yang kelihatan. (note: di artikel saya menyebut diduga ada banyak bugs).

This comment has been removed by the author.

Untuk penempatan di /data/media/lenovoota (penyimpanan internal > lenovoota) install dengan memilih menu di pembaruan system.
Atau kalau install dari stock stock recovery pilih update from sdcard, tetapi rename menjadi update.zip dan taruh di sdcard.

Tambahan: Update lollipop bisa di flash tanpa edit script update menggunakan TWRP recovery

Gan ane udah apdete..emang si ga ada bug..yapi securitunya kenapa jadi beda ia

Saya tidak tahu persinya kenapa, tetapi sepertinya karena lollipop ini lenovo memakai Android Runtime dan sudah tidak menggunakan Dalvik Runtime lagi jadi ada pembaruan/modifikasi di aplikasi security-nya. Sepertinya tdk hanya security, hampir semua aplikasi bawaan juga berubah gan.

Gan ijin sharing ya...

Ane udah update A6K+ ke lollipop 5.0.2, dan hasilnya kalo menurut ane agak mengecewakan :

1. Tidak ada fitur silent
2. Setiap layout dirubah dari 4x4 ke 4x5 atau sebaliknya, kalo buat shortcut aplikasi dalam 1 folder shortcut/image hilang, padahal di apps statusnya installed (lumayan bikin frustasi hahah) sudah factory reset 4x
3. Whatsapp untuk pertama update ga keluar nama kontaknya, harus factory reset lagi (hufft..)

Mungkin itu dulu gan.. Trims

Untuk Whatsapp tidak keluar kontak tidak perlu untuk factory reset. Cukup hapus data dan hentikan paksa dari Pengaturan > Aplikasi
Sedangkan untuk persoalan laggy, dan lainnya berkaitan dengan aplikasi saya nulis di catatan ini

pagi gan,,, Newbie mohon bantuannya
saya adalah pengguna A6K+, suatu ketika saya mengalami softbrick. kemudian berhasil saya flash ulang, sayangnya saya flash memakai stock recovery dan stock firmware milik A6K yaitu kraft A6000 S040. nah kalo saat ini saya ingin update stock recovery dan stock firmware menjadi lollipop A6K+, apa yg harus saya lakukan ya... HH masih virgin ( Non Root )
tolong bantuannya gan..
trmksh

Numpang tanya gan
Cara munculin kontak di watsapp yg ilang gimana? Udh clear data n force stop. Tetep kosong kontakny
Klo factory reset os tetep di lollipop ap jd kitkat lg? Maap gan ngeborong nanyany nubi soalny
Thx

Permisi,saya sudah update a6000+ ke lollipop dan timbul masalah kontak whatsapp hilang. Saya sudah lakukan clear data dan force stop, tapi tidak membantu. Mungkin ada cara lain?

Solusi mengatasi aplikasi yang ikut close saat do clear all gmn ya min? Padahal waktu pakai KitKat ga gt lho

Lakukan seperti instruksi di atas. Intinya adalah firmware sudah menggunakan versi firmware sesuai tipe ponsel. A6000 menggunakan Kraft A6000 dan A6000+ menggunakan Kraft A6000-s

Jika sebelumnya menggunakan Kraft A6000, silahkan restore Stock ROM untuk A6000+ di halaman ini kemudian ikuti instruksi di atas Manual update ini mulai langkah ketiga.

Semoga membantu.

Langkah terakhir:

Un-install WhatsApp dan install lagi agar struktur aplikasi sesuai dengan OS yang baru.

Reply ini juga untuk menjawab pertanyaan di bawah

Factory reset hanya menghapus data dan tidak mengembalikan OS kembali ke kitkat. Jika ingin melakukan factory reset, itu lebih bagus karena aplikasi yang ter-install di OS Kitkat sebelumnya jadi bersih.

Setahu saya di android lollipop tidak mengenal istilah "persistent app" ketika berhadapan dengan task manager. Karena clear all = kill all.

Silahkan update aplikasi kalau tersedia, barangkali ada pembaruan dari pengembang untuk membuat aplikasi tidak bisa di kill.

Bisa gak dari lollipop ke kitkat lagi
Di downgrade

Halo mas. Saya sudah update loli dgn selamat. Skrng mau root pake kingroot. Tapi setelah masuk developer mode, usb debug gak bisa tercentang mas. Makasi sblmnya

Gan A6000+ setelah pembaruan kitkat ke lolipop itu masih ada bug applikasi, seperti saya instal applikasi wechat tapi untuk shortcut nya tidak muncul di menu utama itu bagaimana untuk pencerahan solusi nya gan? Terimakasih..

Sebelum menjawab pertanyaan saya ingin mengomentari agan dulu

Agan ini termasuk orang yang gigih ya? Sangat gigih sekali. Di daftar komentar yang perlu di moderasi ada sembilan komentar hanya dari agan saja. Apa agan tidak baca notifikasi komentar dibawah? Bukankah sudah ada pemberitahuan komentar akan di moderasi untuk mencegah double posting dan spam? Nulis komentar cukup sekali gan.... nanti kalau saya online akan saya publikasikan. Ini untuk menjamin semua pertanyaan yang perlu saya jawab mendapatkan jawaban yang sesuai.

Kembali ke pertanyaan agan soal weechat, jawabannya ada di folder sosial di drawer aplikasi agan. untuk lenovo versi lollipop, hampir semua aplikasi sosial media langsung masuk ke folder sosial. Termasuk Facebook, Twitter, Line dan lain sebagainya. Tidak perlu solusi, hanya perlu teliti untuk mencari....

Semoga membantu.

Coba agan tap/sentuh di menu Nonaktif (menu paling atas) agar opsi usb debug menjadi Aktif (switch button menjadi biru dan teks Nonaktif berubah menjadi Aktif). Pilih oke jika ada pertanyaan "Izinkan setelan pengembangan?". Selanjutnya tinggal men-centang cek-box menu Debugging USB.

Semoga membantu.

Saya sudah berhasil upgrade A6000 ke Lollipop, tetapi kontak di whatsapp saya hilang semua. Bagaimana ya mengembalikan kontak seperti semula?

Stlah diupgrad di notifikasi ada tulisan arsitektur salahsalah. Mohon bntuanya gan.

Pertanyan sudah pernah ditanyakan, dan sudah di jawab. Baca lagi keomentar-komentar sebelumnya.

Untuk arsitektur salah karena aplikasi yang ter-install sebelumnya ber-arsitektur 32-bit (baik A6k maupun A6k+). Setelah upgrade lollipop A6k+ menggunakan arsitektur 64-bit, sedangkan A6k tetap menggunakan 32-bit.

Solusi: hapus semua aplikasi yang sebelumnya ter-install sebelum update termasuk pembaruan aplikasi system (aplikasi google dkk.)

Halo mas, alhamdulillah saya juga selamat sampai ke lolli, namun kontak whatsapp saya cuma tampil nomor saja, namanya gak muncul, padahal udah di save. Selain itu kuakitas kameranya juga menurun. Ada solusi?

Untuk contact whatsapp yang hilang saat update lolipop saya sudah melakukan instruksi seperti langkah langkah di komentar atas. Sudah clear data, force close, install ulang. Namun, tetap tidak bisa muncul kontaknya. Kira kira harus diapakan lagi yah?

Kalau langkah-langkah diatas tidak menyelesaikan masalah, Saya tidak tahu lagi harus memberi solusi seperti apa.

Mungkin yang ini bisa di coba gan:
- Coba allow aplikasi whatsapp agar bisa membaca kontak. Saya ingat ada opsi di security yang mengatur ini. Mungkin terhalang aplikasi security ini.

Kalau nanti saya menemukan solusi yang paten, akan saya publikasikan di artikel baru, beserta trouble shooting apa saja yang bisa dilakukan.

Untuk troubleshot whatsaap hilang kontak (khususnya OS Lollipop) silahkan dibaca postingan di Facebook berikut ini.

Sumber: dari publikasi resmi pengembang whatsapp

Kalo untuk yang sdh diroot a6kny gmn gan ? Mohon tutorny
Soale tdi smpet instal via ota malah bootloop untung dh backup.
Nb : a6k ane dah di root

Tutorial di atas bisa agan gunakan. Gunakan TWRP recovery, Jangan wipe system. Gunakan advaced wipe > pilih wipe cache dan dalvik cache.

Tutor diatas sudah jelas dan agan bisa baca-baca di komentar-komentar terpublikasi, Ada banyak ilmu kanuragan disana.

sudah smua dicoba min..
dr clear data paksa berhenti, backup kontak kmdn ekspor impor kontak, cek security jg sdh
tetep ndak bs :(

klo saya saranin buat yg blm upgrade ke 5.0.2 mending ditahan dulu sampe kluar yg 5.1 atau yg 6.0.soalnya smua cara udah ga mempan

Maksudnya tidak bisa bagaimana? Saya tidak membagikan tutorial update manual ke lollipop tanpa saya coba terlebih dahulu.

Dan perlu agan ketahui bahwa matrix update resmi dari Lenovo tidak mencantumkan adanya update ke Marshmallow. (Android 6.x) sedangkan untuk update Lollipop 5.1 sangat mungkin perlu menunggu minimal hingga 6 bulan kedepan.

WA sdh teratasi. Mslhnya klo ada penambahan kontak baru tdk bisa otomatis harus clear contact lagi. Ini yg plg penting APN saya hilang gimana munculinnya ?? Klo pake wifi bisa pdhl kartu masih banyak quota

APN saya kok hilang jd gak ada koneksi. Klo pake wifi bisa

Akhirnya sampai juga di loli setelah penantian panjang no bug bagus cuma masih ad masalah dikit terkadang rebot sendiri mohon pencerahannya.....

hallo mas, terima kasih atas tutorialnya. saya pengguna lenovo A6000+ dan kemarin saya sudah download Firmware A6000-s_S028_150827 sebesar 1,07 GB dan upgrade ke Lollipop menggunakan stock recovery. tetapi di tengah jalan ada tulisan "installation aborted (14)" tapi entah kenapa setelah saya reboot malah berhasil upgrade ke lollipop. apakah ada kesalahan apa sudah tidak ada kendala lagi? hatur nuhun

This comment has been removed by the author.

Kalau menggunakan stock recovery memang muncul error 14 (instalation oborted), Error ini karena (menurut perkiraan saya) hanya pemberitahuan pembatalan update firmware/modem (pembaruan modem). artinya tidak diperlukan karena bisa jadi firmware yang akan di update sudah lebih baru/stabil.

Kebanyakan yang update dengan error 14 tetap berfungsi normal, karena instalas iOS Lollipop berjalan baik.

Untuk lebih pastinya, coba di cek apakah APN dan lain-lain terkait masalah jaringan normal? kalau normal tidak ada yang perlu dilakukan lagi.

Silahkan cari Cafe atau Warung kopi yang ada hot-spot-nya dan perbarui semua aplikasi yang sebelumnya di install di OS Kitkat agar sesuai dengan OS Lollipop.

Troubelshoot jika masih restart sendiri:
- Matikan/disable semua aplikasi google kecuali Playstore dan Layanan Google.
- Lakukan juga wipe cache (jangan wipe data) jika menggunakan stock recovery.
- Copot external sdcard, reboot pasang lagi.
- Pindah-pindah penyimpanan default kamera dan instalasi apk dari internal ke external.

Lakukan satu persatu hingga sudah tidak sering reboot,

Semoga membantu.

APN bisanya muncul secara otomatis (untuk kartu 3) setelah jaringan terkoneksi stabil. Sedangkan untuk provider lain saya tidak pakai. Silahkan hubungi provider terkait untuk setting APN.

Troubleshoot:
- Jangan gunakan koneksi wi-fi, ganti-ganti jarinngan seluler antara auto dan wcdma only,
- Aktifkan dan non-aktifkan juga layanan 4G dari setting.

Sudah di jawab dalam komentar di atas, semua komentar di moderasi agar bisa dijawab jika memerlukan jawaban.

Terimakasih sudah berkomentar.

Gunakan langkah-langkah yang di tulis dalam komentar berikut ini untuk downgrade kitkat maupun fix hardbrick.

Mas, nubi ni. Hp sya a6000 plus, sdh di root pakai king root, trus sy donlod 2 lines wazzap. 3 bbm, (krn sy dagang online). tp krn gak berfungsi normal, jadi kalo wa yg 1 dibuka, maka wa yg lain off. Untuk aktif harus di buka dulu supaya tau ada pesan masuk atau tidak. Bgt jg bbm, klo yg 1 dibuka, maka yg tetakhir gak aktif. Dan notif gak masuk kecuali harus dibuka bbm walau sekedar cek aja. Jd saya capek krn gak ada pesan pun harus cek terus. Terkadang ada pesan malah telat buka krn gak tau klo ada pesan masuk. Akhirnya saya rubah lagi ke setelan pabrik hp ny. Timbul masalh baru. Gak bisa masuk playstore atau tepatny akun google, stlh 2 minggu sy coba2 cara yg di kasih tau di blog dan youtube ttg cara masuk akun google lagi. Akhirnya bisa masuk. Tapii... Sdh masuk emailny keteranganny selalu 'kesalahan server' - coba lagi - , sdh hapus data dr apl google play store dan kerangka kerja layanan google ttp gak bisa. Pakai root explorer dirubah r-w hosts nya jg tetep gak bisa. Tolong bantu ya mas gan harus gimana lagi.
Ket: di apl root explorer ny yg host ny dari awal sdh 127.0.0.0.1 localhost
Jd tanpa sy hapus pun sdh seperti itu. Sementara tutor2 di blog ada keterangan lain di bawah kalimat itu.
Jadi sampai sekarang play store sy gak bisa dipakai mas, walauppun udh download ulang berkali-kali pakai file apk.googleplay store nya. Ditunggu jawaban bantuannya . makasih...

Mas, mau tanya nih. Saya menggunakan a6000+ tetapi menginstall lollipop utk a6000 dr website lain. Nah hape saya menjadi lelet, dan saya ingin menginstall lollipop a6000+. Apakah saya harus downgrade dulu ke kitkat, atau bisa langsung? Dan apakah perubahannya? Apakah lbh lancar? Terimakasih

Tidak perlu downgrade kalau sudah lollipop. dan tidak perlu install lollipop dari blog ini kalau rom dari website tersebut tidak/belum dimodifikasi oleh pembuat tutorial.

Soal lollipop laggy baca tulisan ini

Mas.. mau nanya, hp sy a6000 plus upgrade ke lolipop koq skrg jd suka silent sendiri ya.. mhn pencerahannya

mas mau nanya nada getar saya hilang saat update os lolipop

This comment has been removed by the author.

Gan kan saya memakai A6K+ android sudah lollipop, bagaimana cara root untuk A6K+ yg sudah lollipop ya gan? mksh

Singkatnya:
1. Install TWRP untuk lollipop
2. Reboot ke recovery mode
3. Root dengan SuperSU.zip

Silahkan baca juga komentar dan reply yang ada di sini.

Kenapa a6k+ saya stlah up loli ga bisa diroot?
Padahal pas kitkat bisa?
Waktu itu gwe root trus gwe ub unroot karena hp gw rusak dan dobawa kekonter(biar dpt garansi) :v
Tpi kenapa sekarang ga bisa???

Baca komentar di atas gan. Sudah ada pertanyaan serupa dan sudah dijawab.

Alhamdulillah great, mantab gan work good. Stelah lenovo a6000+ saya di update ke lollipop awalnya memng bnyak bug. Trus hp cpet panas, cpet abis batre dll. Tpi stlah saya factory reset, kmudian smua aplikasi di update via play store. Smua brubah drastis. Batre jadi normal. Kamera jadi bagus/ lmbut, dan pengoprasian smua app jdi lbih smooth. Kmudian ada usb otg. Keren lah. Trims gan

Mantab .....saya sudah update A6000+ sya ke lolipop. Work good

Klo saya boleh kasih saran. Mndingan smua app di uninstall. Kmudian mulai dri awal download lagi dri play store. Smua akan brjalan dgn lncar. Saya sudah coba.

Saya baru believe a6000+ tapi update manual nya belum ada .
Gimana sosulinya mksh!

Says baru believe a6000+ tapi update manualnya kok belum ada bgmn slsnya mks!

Setelah factory reset call log keluar namanya ga gan? Awalnya kan cuma nomor telp doank yg muncul

Gan a6k+ lollipop kaga bisa diroot dengan kingroot trus cara ngerootnya gimana?

Gimana cara rootnya kalo pake king root ga biasa(a6k+ lollipop)

Mohon pencerahan, di a6000+ saya ko ga da folder data/media/lenovoota.
Itu di internal atau di external?
Cara mindahin file updatenya pake file manager bawaan ato pihak ketiga (misal es file xplorer)

Ada di media penyimpanan default. jadi tergantung settingan agan.
Kalau masih tidak terlihat coba aktifkan pilihan perlihatkan file dan folder tersembunyi kalau memakai file manger bawaan.

Jika masih tidak terlihat, intall menggunakan twrp recovery saja lebih mudah :)

mas,ko installing update nya lama banget ya?

gan.misalnya caranya ngatasin brick gimana??

Pilih salah satu.
1. Fix bootloop masih bisa masuk recovery atau fastboot mode baca ini.
2. Untuk yang agak parah, tidak bisa masuk recovery, fastboot mode, pakai petunjuk di komentar ini. Bisa juga dipakai untuk downgrade ke kitkat.

mohon pencerahanya gan,
lenovo a6000 qu ugrade ke lolipop tapi "installation aborted" gmana cara cencelnya?
reboot system now muter2 disitu terus ga bisa ke menu awal,
terimaksih..

proses upgrade memang lama, sebagian juga mengalami notifikasi instalation aborted. Tinggal ngopi (kalau suka kopi) barang sejam atau dua jam :)

Atau baca-baca saja komenan di halaman ini (banyak komentar bermanfaat juga loh..) nanti agan dapat pencerahan dengan sendirinya...

gan punya ane sd card tdk kedetek setelah update ke lolipop

Maksudnya tidak terdetek apakah tidak bisa melihat file yang ada di external sdcard? Jika iya, mungkin di pengaturan penyimpanan default masih menggunakan penyimpanan internal.

Sedangkan kalau benar-benar tidak terbaca apakah sudah agan coba di ponsel lain dab bisa di baca?

Gan gmna supaya otg nya brfungsi. A6000+ saya sdh d updte ke lollipop. Dan saya cek ada/ support otg

Seingat saya dan setahu saya banyak ponsel android yang support OTG di software (di OS-nya didukung) tetapi hardware-nya yang tidak mendukung (pencatu-dayaan tidak kuat ngangkat). Salah satunya Lenovo A6000.

Dulu saya pernah membaca ada trik untuk menambahkan/memodifikasi kabel otg dengan tujuan memberi dukungan pencatu-dayaan dari luar.

Kalau minta tutorial saya belum bisa memeberikan karena belum pernah mencobanya sendiri. Cari saja dengan kata kunci self powered usb otg

Semoga membantu :)

Ok gan saya coba. Trima ksih gan :)

a6000+ udah lollipop kenapa apnnya gak bisa dibuka atau di tambah apn baru makasih

gan, lenovo 6000+ berhasil upgrade lolipop, tapi ada sedikit permasalahan,
di fitur perpesanan, klo mau search perpesanan, baru ketik satu huruf dah hang, bagaimana ? apa perlu factory reset..??

Utk up manual k lollipop musti di root dlu y?

Cara downgrate lolipop ke kitkat gan ... Tanpa pc.. Pencerahan

Om cara root tanpa pc nya pakai apa? Lolipop nya mantab...work

Gan cara root tanpa pc nya ada gk? Maksih lolipopnya y

makasih gan, abiz bootloop dan upgrade. dua jempol buat agan..::

Pakai root xplorer buka sistem-etc-host, hapus file host nya coba buka play story

Gan kalo installation aborted status 14 gmna atasiny gan?
Makasih

kok masi belum bisa gan ane uda coba cara diatas , udah nyoba downgrade dengan firmware S032, tapi tetap gagal , uda nyoba instal dengan TWRP tetap gagal juga nginstalnya

coba cara ini:
1. ekstrak file zip yang di download, ambil system.zip dan indonesia.zip.
2. install secara berurutan system.zip dan indonesia.zip dengan stock/custom recovery.

jika ada masalah, bolak balik urutan install antara system.zip dan indonesia.zip

semoga membantu.

makasi mas sarannya udah bisa , coba kraft s056 berasil juga , tapi arus dari versi kitkat ,

Selamat siang gan..saya pke lnvo a6000 sdh saya update ke lolipop tpi kok tmbh lemot ya...fb minta pembaruan terus tpi ndk bsa terpasang...mohon bantuanya...terima kasih

Setelah upgrade memang lemot-nya minta ampiun gan.. Sabar saja sehari dua hari.

Untuk facebook, memang kadang gagal install (yang update dr playstore)

Sementara agan bisa pakai/download dari link ini. Ini aplikasi facebook untuk lollipop (API 21) stabil terbaru saat ini.

maaf sebelumnya saya mau nanya sebelum mau upgrade ke lolipop untuk lenovo saya a6000 plus ini, saya mau anda menjelaskan secara detail kellebihan kita upgrade ke lolipop android 5.0 dan kelemahan nya juga agar tidak ada penyesalan kedepan nya. makasih.

Gan ak mw upgrade lenovo a6000 plus dari custom rom kitkat bisa nggk? Please reply

Gan mau nanya. Kan ak uda upgrade, setiap selesai buka app trus mau kembali ke layar awal, kenapa sering memuat peluncur yah? Please reply

Malam mas, maren ane update manual lollipop kraft s030 karna sering muncul installation aborted jd sy extract update.zip lalu sy ambil system.zip sama indonesia.zip. lalu sy coba flashing lagi urutan nya mulai dari system.zip setelah itu sukses mas skrg udah lollipop. Pertanyaan sy apakah sy perlu flashing indonesia.zip nya lagi?? Mohon pencerahannya..

Mas, hh sy a6k+ karena waktu flashing lollipop kraft s030 sering gagal/installation aborted sy cb extract file zip yang sy donlod sesuai cara yg mas kasih. Sy cb lg update lg mulai dari system.zip duluan langsung sukses mas, skrg pertanyaan sy apakah indonesia.zip nya perlu di update lagi mas? Mohon pencerahan mas.

Tidak perlu selama itu berjalan normal. Dan kemungkinan sudah di-flash ke system saat instalasi pertama yang gagal (berdasarkan pengalaman, yang aborted biasanya saat instalasi/flashing system.zip).

FYI: indonesia zip membantu lokalisasi rom OTA nantinya.

Thanks Gan...update a6000+ dr s028 ke s030 berhasil...masalah terpecahkan di Troubleshoot failed update no.1 ...Matur Nuwun dan sukses selalu..

Kan di file nya kan banyak berks tapi yg di extak yg mana tolong apa smua nya

Gan kan yg di ektak tu yg mana apa suma apa indonesia banyak negara itu bantu ya plis........ ,,,

Gan saya sudah coba update ke kraft a6000-s s030 tpi slalu gagal mhon bntuannya gan

Min, tolong update yg lolipop versi baru, soalnya udah keluar, makasih min

Gan mau tny,setelah update ke lolipop menu pesan kolom search kenapa sewaktu ngetik huruf gk lgsung muncul ngelag terlalu lama bahkan malah ngehang...mohon bantuannya

Coba agan baca komentar agan Miftahul Huda diatas.

Oh ya kalau-kala agam mengalami kasus seperti saya, saya juga saat update manual mentok di TWRP sekitar 1 jam. Saya tinggal aktifitas lain, begitu oulang ternyata sudah Done!.

selamat pagi admin... mas saya mau tanya kalo cra merubah SO30 ke SO17 cranya bgaimana yah? terima kasih..

Bang a6000+ ane, apnnya ilang jadi gabisa konek internet (kartu3) add apn juga ga bisa.
Mohon bantuannya

Gan ane dlu pernah upgrade lenovo a6000 saya ke kraft so56. Tpi pas di instal gak terjadi apa2, trus habis itu muncul lg penbaruan kraft so58,, itu knapaya yg so56 kok gak bisa?

Bro a6000+ gue udah loli nih, ini beneran gak ada fitur silent?? Bisanya mode getar aja?

gan saya udh update kelolipop plusversi s030 apa bisa disuportin ama otg?
mohon bantuannya.

klau caranya untuk lolipop ke kitkat lagi gimana gan? nyesel ke lolipop soalnya gan..terima kasih

Maaf baru bisa ngasih jawaban di posting ini =( ... Mohon dimaklumi ya gan. Mumpung lagi sepi job, says rapel jadi satu di komentar ini :D

@Ridha, sudah kan gan..
@peter, coba wipe cache, Dan aplikasi berat macam FB,BBM, Line dibekukan (non-aktifkan) dulu. Aplikasi google juga (hangouts, drive, dan teman-tema) Kalau sudah tidak lag Dan hang, aktifkan satu persatu.
@Agung, tinggal flash/saja lagi dengan S017.
@Aziz, kemungkinan EFS corrupt, atau mngkin EFS masih ada tetapi tidak terbaca, sebelum panik, coba flash dengan QFIL menggunakan S035 lanjut flash firmware S017. Semoga EFS masih normal Dan masalah bisa diselesaikan. Untuk referensi bisa baca komentar-komentar di artikel fix bootloop lenovo a6000 (ada di blog ini).
@Agung, waduh saya juga gak paham gan :D saya juga gak harus update tiap ada pembaruan, sering lompat-lompat version juga.
@fawaz, untuk update terakhir (S030) seingat saya sudah ada.
@joko, untuk otg tergantung hardware gan. Setahu say a A6K tidak support, kalau ingin support Mungkin perlu modifikasi dengan menambahkan daya Dari eksternal. Coba baca reply say a but agan dix-ta di komen sebelumnya.
@faraz, cari artikel tentang "downgrade lenovo a6000" di kolom pencarian blog ini gan. Sudah ada tutornya kok :-bd

Bro mau nanya folder social ane kok hilang yah... Jadi rada kesel kalo nyari icon app nya line wa bbm..di playstore status nya installed

gan link s58 nya error tolong di fix
trims

Hapus data Launcher bro. Buka Settings > Apps > All apps
Cari Launcher dan pilih menu Clear data. Selesai.

Cara ini boleh dianggap Wipe Data terbatas alias per aplikasi.

bro mu nanya kan saya jarang oprek hp ini boot up pertamanya emang lama ya?

trims

mas kalo saya upgrade manual gini perlu kosongin 2.5gb memori internal dan perlu copy sendiri semua isi memori internal sama eksternal ke kompi gak? krn saya gangerti maksut backup di atas itu backup kontak, sms, dll aja atau backup sendiri semua file di folder. terimakasiiih

Thanks phate
sukses 100% no bugs

Gan, kenapa Lenovo A6000 Plus saya setelah update menjadi lollipop di menu kamera tidak ada opp opsi untuk ubah ukuran pengambilan gambar (berapa mega pixel) ?

Mas kalau sudah si root gimana cara upgrade mas,,apa bisa menggunakan stock recorvery

mntap browww... tpi syang shareit tidak brjlan lncar stleh updte lolipop.. slusinya browww

bisa dipake buat Lenovo s860 ga? atau ada cara lain buat upgrade s860 ke lollipop?

Tutorial ini hanya untuk Lenovo A6000 atau A6000 plus saja gan. Sebenarnya untuk Lenovo S860 tidak ada upgrade ke lollipop, silahkan lihat update matrix resmi kalau tidak percaya. Jika agan menemukan situs aneh diluaran sana yang menawarkan upgrade Lollipop bisa dijamin itu hoax.

mas, stlh upgrade loli kenapa memori intrnal cm 4 gb bkn 8, cb cek di pngturan aplikasi di memori internal, di hp sya a 6000 terpakai sktr 3.5 gb dan bebas 500 mb, total brrt 4 gb, aneh tp pas d liat di info tlpon 8 gb.

Mas sebelum saya upgrade cara ini, ada cara buat ngatasin gagal update dari lenovonya sendiri ga?
HH ku A6000 mau iupdate kraft S056 to S059 sekrang, pas download update berhasil, trus ngereboot kan muncul si icon android itu lagi update, nah pas udah selesai install failed, 3x dicoba begtu terus.. minta solusi nya mas, kalo emang ga bisa aku baru pake cara ini. Makasih

Kalau untuk OTA update failed dan ingin mencoba OTA update lagi, biasanya bisa di atasi dengan factory reset (masuk recovery bawaan, wipe data, wipe cache) dan kosongkan memory (penyimpanan) internal.

Tetapi kalau pendapat saya pribadi, daripada buang-buang kuota dan hasilnya belum tentu berhasil, mending pakai cara manual di atas.

Tapi ingat, sebelum pakai manual update, back-up via TWRP dulu, centang semua opsi back-up yang ada dan simpan di tempat yang aman.

Thanks Gan, mantab ..
Flash lancar via TWRP, metodenya install System.zip -> indonesia.zip.
Masih ada Bug sesikit di versi S030, Notification kadang kedip2 ..
Tapi aman buat pemakaian ..

Klo udah root dan twrp bisa gk ap perlu d unroot

Bisa gan, gak perlu unroot kok. Coba lihat komentar agan Kholiq Fadli diatas komen ente gan :D

gan saya Mau nanya kenapa setelah update lollipop kok tidak bisa nambah tema

salam gan, terimaksih sebelumnya, saya pakai lenovo A6000 (bukan plus) dan ingin Upgrade ke lolipop sesuai intruksi diatas dan jg sudah mencoba cara2 lainnya, tetapi masih selalu saja instalasin aborted status 14, mungkin tau atau terpikirkan bagaimana solusinya ?

Lenovo a6000,Mau nanya Mas waktu itu saya pake s059 lancar,terus udah srek banget deh pokoknya karna saya gak tau saya ngeupdate s061 saya pikir gak ada yang berubah ternyata malah ada aplikasi yang udah keinstal tapi gak muncul dimenu. Padahal sebelumnya ke muncul. Bisa gak diganti firmwarenya ke s059 lagi tapi tanpa root.

Ada aplikasi yang udah keinstal tapi gak muncul dimenu: baca komentar balasan saya yang ini.

Sebaiknya tidak melakukan downgrade kalau masih sama-sama Lollipop. Kecuali kalau mau downgrade ke Kitkat silahkan baca cara downgrade kitkat ini atau baca komentar ini

This comment has been removed by a blog administrator.
This comment has been removed by a blog administrator.

isi komentar di hapus karena ada alamat email, untuk kontak dengan penulis, gunakan form kontak. Trim's.

Gan mau tanya beda nya apa setelah diupdate ke versi terbaru ??

Gan klo HP saya udah diroot gimana klo may upgrade me lollipop. Mohon bantuannya saya sempat gagal saat upgrade

Kali status 101 gmn bro ngatasin'y untuk Lenovo a6000 biasa. Versi Kitkat.masalah'y pas saya upgrade ke Lollipop gak bisa2...gagal terus.versi yang saya pake S040 pls pencerahan'y... Thx KNOACC

Lihat bagian troubleshoot no. 2 gan. Sebelum flashing wipe cache + system, pilih reboot recovery (twrp lollipop ya..)

Ctt: gunakan boot.img dari dalam system.zip

Semoga berhasil.

gan linknya untuk s030 kagak bisa gan, makasih

Gan mau tanya ini a6000+ mau update ke s30 kok susah yah selalu muncul switch carier kyk ada bagian yg kurang

kalo mau pasang
apa harus difactory reset?

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan