2015/07/06

Tips dan Cara Ampuh Membuat Pasword Anti Bobol

Tips dan Cara Ampuh Membuat Pasword Anti Bobol - Cara Ampuh Membuat Pasword Anti BobolStronger Password Bagi beberapa orang, mebuat password yang kuat merupakan hal yang sulit dan merepotkan. Dan beranggapa bahwa mengganti password secara teratur adalah sebuah siksaan. Tapi tahukah anda, bahwa hal ini sangat penting untuk anda lakukan?

"Alasan utama untuk perubahan password secara teratur adalah untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan akun. Mengapa setiap empat bulan? Setiap kali Anda mengetikkan password Anda ada resiko bahwa miungkin - pasword anda diintip entah dari belakang punggung anda, melalui intersepsi dalam jaringan, dan sebagainya. Semakin sering menggunakan akun, semakin banyak kesempatan untuk diintip, atau bahkan mungkin dibobol secara acak yang dikenal dengan "brute force attack" yakni mencoba setiap kemungkinan kombinasi karakter yang mungkin lebih mudah daripada metode lain yang biasa dipakai untuk membobol password Anda dengan trial and error yang lebih membutuhkan waktu. Untuk password yang panjang dan diganti secara teratur dapat mencegah serangan semacam ini, atau setidaknya membuatnya kurang menarik bagi yang ingin membobol akun, mengingat bahwa proses akan perlu diulang lagi dan lagi. secara teratur juga membatasi kerusakan yang dapat dilakukan tanpa sepengetahuan Anda, dan membantu mencegah melanjutkan penggunaan yang tidak sah."
Kutipan diatas adalah sebuah tanggapan yang diberikan sebuah organisasi ketika ditanya kenapa mengharuskan karyawannya mengganti pasword komputernya setiap 3 bulan sekali.

Pada akhir 2013, hacker mencuri hampir 2 juta nama pengguna dan password untuk akun email dari Yahoo dan Google, serta piutang Facebook dan Twitter. Dalam review dari account curian, peneliti menemukan bahwa ribuan orang menggunakan password yang disebut sangat biasa untuk mengakses account mereka. Mereka merasa bahwa hanya lima persen dari password yang berhasil dibobol/dicuri dianggap "sangat baik," dan hanya 17 persen yang "baik." Sisanya adalah hanya pasword polos yang terlalu mudah untuk tangan terampil dari sang hacker.

Ingatlah hal ini: Jika hacker sudah menagntongi nama pengguna (username) anda, mereka mencoba beberapa cara untuk mengetahui password. Jika password Anda terlalu sederhana (misalnya "password" atau "ABC123") atau jika Anda hanya menggunakan nama pertama/terakhir anda, mereka bisa dengan mudah masuk ke account Anda tanpa susah payah. Kalau sudah begini apa yang akan anda lakukan? Menangis? :p

Nah, jika anda sudah menyadari pentingnya sebuah password dalam mengamankan sebuah akun maka: Gunakan password yang lebih kuat dari yang biasa anda pakai. Jika anda bertanya seperti apa password yang kuat itu dan bagaimana cara membuat password yang kuat? Silahkan baca Cara untuk membuat password yang kuat berikut ini:
  1. Panjang. Para ahli mengatakan password seharusnya minimal delapan karakter, dan lebih banyak karakter akan lebih baik.
  2. Variatif. Gunakan kombinasi huruf dan angka; menggabungkan huruf besar dan huruf kecil, dan menambahkan simbol/karakter spesial seperti "!" (tanda seru) atau "@" (at). Cobalah untuk mebuat variasi sebanyak yang Anda bisa. "wow!PassWord9ny@sup3r" adalah contoh password yang keren kan?
  3. Bukan kata baku. Cobalah untuk menghindari mengambil kata-kata yang ada dikamus atau gabungan kata baku, seperti "majalahbekas." karena kedua kata tersbut ada dalam kamus. Hacker biasanya bisa meng-crack password dengan menggunakan program yang menggunakan database kata-kata yang dikenal. Program-program ini juga tahu tentang trik membuat password seperti menambah angka dan simbol, sehingga Anda perlu memastikan bahwa kata-kata yang Anda gunakan tidak ada dalam database tersebut.
  4. Bukan hal pribadi. Jangan menggunakan nama, nama perusahaan Anda atau kampung halaman, misalnya. Dan jangan pernah menggunakan hal hal yang berkaitan dengan hewan peliharaan atau hobby anda karena hal ini sangat mudah untuk dilacak! Apalagi hal-hal yang bisa dicari tahu seperti tanggal ulang tahun atau nomer rumah atau kodepos dan hal lain yang berkaitan dengan tempat tinggal anda, karena tidak semua hacker adalah orang yang tidak anda kenal, bisa jadi teman anda sendiri
  5. Satu account, satu password! Jangan menggunakan satu password (atau variasi yang sederhana) untuk account yang berbeda. Ketika hacker berhasil membobol password salah satu akun anda, mereka akan mencobanya pada account lain milik anda. Mungkin akibatnya tidak begitu fatal jika yang dibobol adalah akun sosmed andavyang lainny, tetapi bagaimana jika rekening bank Anda terbobol karena menggunakan password yang sama atau mirip?
  6. Ubah password secara teratur. Baca lagi kutipan diawal tulisan ini yang menjelaskan dengan baik penting untuk mengubah password secara teratur. Ikuti saran ini untuk account-account penting Anda dengan skala proiritas. (Mungkin password akun portal berita tidak sepenting akun Facebook Anda, dan akun facebook anda tak sepenting akun internet banking anda.) Klasifikasikan, dan segera rubah sekarang!
Dan sebagai Bonus untuk anda, Saya punya rumus yang biasa saya pakai dalam membuat password yang mungkin bisa anda pakai yaitu:
(1) Membuat kalimat yang tidak bermakna khusus tetapi (2) harus bisa diingat dengan mudah kemudian (3) mengambil huruf pertama dari setiap kata dalam kalimat tersebut dan (5) berikan sentuhan akhir dengan mengganti huruf tersebut dengan karakter spesial (huruf simbol) yang mirip atau huruf kapital.
Sebagai contoh: "Seekor Ayam Itu Tidak Berbelalai Tetapi Gajah Juga Punya Ekor" akan menjadi "SAIBTGJPE" dan bisa anda rubah menjadi "$@!8tg7P3". Hasil terakhir itulah yang bisa anda gunakan sebagai password anti bobol anda.

Shared: kaskus

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan