2015/05/27

Penyebab Baterai Android Cepat Habis (Boros) dan Cara Mengatasinya

Penyebab Baterai Android Cepat Habis (Boros) dan Cara Mengatasinya - fix battery drain by mediaserverCara Mengatasi Baterai Android BorosPunya hape android dan baterai cepat habis padahal masih baru, padahal tidak dipakai apa-apa tapi baterai boros sekali? Sangat mungkin sekali, penyebab utama borosnya baterai ini karena Mediaserver yang terus menerus berjalan tanpa kendali. Jika anda mengalami masalah baterai cepat habis, silahkan cek log pemakaian baterai di menu Settings -> pilih Baterai. Lihat jika pada log pemakaian baterai berada paling atas maka sudah jelas penyakit utamanya adalah mediaserver.

Apa sih Mediaserver itu?

Sebelum anda saya beritahu cara mengatasi pemborosasn baterai (battery drain) yang disebabkan mediaserver, ada baiknya anda mengenal apa itu mediaserver. Mediaserver atau Media scanner pada Android dirancang untuk memindai dan meng-indeks setiap file media, semisal: Foto, Video, Musik dan membuat daftar yang bisa digunakan oleh semua aplikasi Android, sehingga aplikasi ini tidak perlu melakukan tugas yang berulang. Niatnya sih begitu...

Tetapi, Server media bisa memiliki perilaku yang aneh dan cenderung menjengkelkan. Sangat sering sekali terjadi diamana mediaserver malah memakan jatah daya hingga lebih dari 50% konsumsi daya di ponsel anda karena aktivitas scanning media ini. Masalah ini tidak hanya timbul di custom ROM, bahkan di Stock ROM alias rom asli dari pabrikan juga mengalami masalah ini. Yang bisa secara tiba-tiba dan tanpa tahu sebabnya, mediaserver berjalan terus dan menghabiskan baterai dengan rakus.

Penyebab mediaserver menjadi rakus baterai ini biasanya karena ada file media yang rusak dan/atau tidak dikenali. Sehingga mediaserver melakukan scanning pada media tersebut secara terus menerus. Yang tentu saja menyedot habis daya baterai.

Jika bukan karena mediaserver, baca artikel tips agar baterai tidak boros.

Mengatasi boros baterai karena Mediaserver.

Salah satu cara paling cepat adalah dengan mematikan layanan scanner Media (menggunakan aplikasi di Play store) tapi dengan cara ini lagu, foto, video tidak akan muncul di galeri dan pemutar musik anda. Masalah ini lebih sering muncul jika sdcard Anda (internal atau eksternal) sudah berumur atau terlalu banyak file.

Untuk mengatasi pemborosan baterai karena media server, ada beberapa cara yang bisa anda lakukan. Cara mengatasi battery drain oleh mediaserver ini saya susun secara berurutan, dari yang ringan hingga yang paling ekstrim. Berikut solusinya:

Cara 1: Hapus Media penyimpanan data

Solusi paling sederhana adalah untuk menghapus basis data media penyimpanan dansilahkan restart proses dari awal. Cara ini akan memperbaiki sebagian besar masalah karena Mediascanner/Mediaserver. Caranya:.

Pengaturan > aplikasi > Media Penyimpanan> hapus data, force stop and reboot.

Cara 2: Hapus file media yang tidak dibutuhkan

Mediaserver akan bejerja berat ketika menganalisis setiap file media yang ditemukan, membaca metadata, menghasilkan thumbnail, memasukkan ke dalam database mediastore Android. Anda bisa meringankan beban kerja dengan menghapus file-file sampah.

Buka /sdcard/DCIM/.thumbnails dan hapus semua file. Lakukan juga pada eksternal sdcard anda. Untuk ROM AOSP, galeri Android membuat file thumbnail terlalu banyak yang kemudian memperberat kerja media scanner. Menghapus file-file ini secara berkala merupakan tindakanyang bijaksana.

Untuk menghapus thumbnail sekaligus (tanpa memilih satu persatu dari filemanager) juga bisa anda lakukan dengan bantuan aplikasi terminal emulator dengan cara ketik:

cd /sdcard/DCIM/.thumbnails
rm *

Cara 3: Menganalisis dan menghapus file media yang besar/banyak

Seperti kita bahas dalam Cara 2, Mediaserver bekerja keras karena banyaknya file media pada sdcard. Pada langkah ini kita mencari file apa yang menyebabkan Media scanner macet dan tidak selesai-selesai melakukan scan..

Anda dapat menggunakan penganalisa sdcard dari Play Store (dalam contoh ini, menggunakan ES file manager > menu > analis kartu Sd) untuk menentukan direktori yang memiliki banyak file/subdirektori. Direktori yang memiliki lebih dari 1000 file/folder merupakan angka cukup tinggi. Sebaiknya hapus saja, atau pisahkan. Namun, jangan menghapus file aplikasi/sistem yang sedang berjalan.

Cara 4: Mendeteksi dan Menghapus file media yang rusak

Jika Anda yakin Anda sudah mencoba ketiga solusi di atas dan masih mengalami battery drain, waktunya untuk menggali lebih dalam dengan bantuan ADB Debugging Tool. Syaratnya sudah root dan usb debugging aktif

Jika ADB tool sudah terinstall buka dan ketikkan perintah berikut untuk mengakses superuser:

shell adb
su

Kemudian jalankan perintah "top" (linux proses manajer) untuk melihat proses yang berjalan di CPU ponsel Anda. Perintah di bawah menyaring hasil teratas yang berkaitan dengan media yang sedang di scan:

top | grep media

Denhan menjalankan perintah di atas akan merespon sesuatu seperti:

130 | root@Kraft-A6000:/# top | grep media
1905 0 15% S 7 23080K 6168K Media bg /sistem/bin Mediaserver
2808 0 42% S 3 3524K 740K media_rw /sistem/bin/sdcard
2825 0 11% S 19 255832K 43936K bg u0_a5 android.process.media

nila dalam persen (%) adalah nilai cpu yang digunakan. Jalankan perintah berikut untuk menentukan berkas yang saat ini sedangdi baca/scan.

lsof | grep media_rw
Dalam command promt akan terlihat seperti ini:
root@Kraft-A6000:/# lsof | grep media_rw
sdcard 2808 exe media_rw ??? ??? ??? ??? /System/bin/sdcard
sdcard 2808 media_rw 0 ??? ??? ??? ??? /Dev/null
sdcard 2808 media_rw 1 ??? ??? ??? ??? /Dev/null
sdcard 2808 media_rw 2 ??? ??? ??? ??? /Dev/null
sdcard 2808 media_rw 3 ??? ??? ??? ??? /Dev/sekering
sdcard 2808 media_rw 4 ??? ??? ??? ??? anon_inode: inotify
sdcard 2808 media_rw 5 ??? ??? ??? ??? /Mnt/media_rw/sdcard1

Jika layanan media berhenti di folder/file untuk waktu yang lama, berarti file/folder tersebut yang rusak, sebaiknya anda hapus file/folder tersebut.

Setelah Anda menyingkirkan semua file/folder yang bermasalah, saya jamin mediaserver akan melakukan pemindaian dengan cepat.

Cara 5: Format SD card.

Sebaiknya cara ini anda lakukan jika anda tidak paham dengan cara nomor 4 dan sudah melakukan cara 1 sampai cara 3 tetapi masih tidak mempan. Pilih file dan folder yang anda butuhkan dan pindahkan ke komputer. Sebaiknya tidak meng-kopi folder secara keseluruhan dari komputer (hasil back-up) sebelumnya setelah melakukan format sdcard.

Cara Terakhir: Disable Mediaserver.

Jika Ponsel android Anda masih saja rakus baterai (yang disebabkan mediaserver) setelah melakukan cara-cara diatas maka mau tidak mau anda harus memakai jurus pamungkas: Disable Layanan Mediaserver alias menonaktifkan scanner media, syaratnya harus sudah root.

Anda dapat disable mediaserver dari terminal emulator. Ketikkan saja perintah berikut:

su
pm disable com.android.providers.media/com.android.providers.media.MediaScannerReceiver

Untuk mengaktifkan kembali perintahnya adalah:

su
pm enable com.android.providers.media/com.android.providers.media.MediaScannerReceiver

Dan jika masalah anda sudah beres, dan anda terbebas dari masalah Mediaserver/Mediascanner maka baterai anda bisa lebih awet. Silahkan berikan feedback di kolom komentar, tanya-tanya masalah yang lain juga boleh.



1 komentar

Terima kasih gan infonya.. Sangat bermanfaat. Hp saya sangat lemot, pas saya cek pada pemakaian batere eh benar media server memakan sampai 72persen. Awalnya saya kira kenak virus. Sudah mau saya instal ulang tadinya, tapi saya searching2 dan nemu tips agan ini. Saya cobain cara yg ketiga pakai es file manager. Dan sangat membantu gan. Terimakasih gan.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan