2015/04/13

Menatap Cantiknya GNOME 3.16 Lebih Dekat, Download Live ISO

Menatap Cantiknya GNOME 3.16 Lebih Dekat, Download Live ISO - Lingkungan desktop open-source yang populer, telah merilis update stabil terbaru: GNOME 3.16.
Untuk rilis kali ini GNOME dikemas dengan lebih cemerlang, GNOME 3.16 melakukan review lingkungan desktop sekali lagi untuk mengakomadasi kritik dan memenuhi kebutuhan yang semakin berkembang dari pengguna desktop Linux.

GNOME 3.16 memberikan lebih dari 33.000 perubahan baik besar dan kecil dan semua disumbangkan oleh lebih seribu lebih pengembang, desainer dan relawan.

Perubahan, baik besar maupun kecil, yang hadir dalam GNOME 3.16 membuat secara keseluruhan semakin mengesankan; ini adalah rilis yang menyerang keseimbangan yang tepat antara menjadi GNOME kita kenal dan kita cintai dan menjadi GNOME yang dibutuhan dunia pada 2015 ini.

Berikut adalah ulasan perubahan menarik yang perlu anda tahu, simak baik-baik.

Apa yang Baru di GNOME 3.16?


Gnome 3.16 dengan tema yang baru

Ketika Anda disuruh membayangkan GNOME Shell (bagian desktop GNOME) Anda akan membayangkan ruang yang kosong. Menu hitam, dock menu hitam tranparan ,tombol hitam, kolom layar login hitam dan sebagainya yang semuanya serba HITAM.

Sekarang tidak lagi.

Untuk rilis pertama sementara, GNOME telah membuat perubahan besar pada tampilan bawaan shell. Warna hitam di rilis sebelumnya telah tergantikan dengan palet warna berbasis lembut di sekitar abu-abu yang kaya dengan slider aksen biru gelap.

Ikon dan teks putih overlay dengan latar belakang waarna arang untuk menciptakan kontras yang lebih menyenangkan.

GNOME menyebut tampilan barunya "kontemporer" - tetapi sebagian besar akan menyebutnya "tunggu waktunya!" Yang penting, tampilan baru timpal baik dengan transisi yang mulus dan animasi diperkenalkan ke dalam overlay activity di rilis stabil sebelumnya.

Overlay Scrollbars di gnome 3.16

Perubahan desain yang tidak begitu dangkal dalam rilis ini adalah pengenalan overlay scrollbar (ini adalah scrollbar yang hanya muncul bila Anda menggulir mouse Anda dekat scrollbar). GNOME mengatakan bahwa ini akan membuat "bersih, mengurangi distraksi, yang membantu [Anda] untuk fokus pada konten jendela."

Pemberitahuan yang lebih baik
Kalender dan PemberitahuanSistem pemberitahuan GNOME 3 telah dirombak untuk 3.16.

Pertama, pemberitahuan ('banners' di GNOME speak) sekarang muncul di bagian atas layar tidak di bagian bawah, berarti Anda kemungkinan besar akan kelewatan kalau ada e-mail masuk atau peringatan IM.

Seperti sebelumnya, beberapa pemberitahuan membiarkan Anda berinteraksi dan merespon peringatan langsung dari banners, sehingga Anda dapat menunda alarm, membalas pesan IM atau membatalkan file yang dihapus.

gelembung pemberitahuan gnome 3.16

Message Tray yang lama dihilangkan dan daftar pesan baru diperkenalkan sebagai bagian dari aplet 'menu kalender'. Daftar ini memainkan menyimpan history toast pemberitahuan terbaru dari aplikasi dan layanan populer yang dapat membantu untuk melihat pemberitahuan yang anda lewatkan.

Bbagian dari drop down "kalender" juga ditingkatkan, sekarang menunjukkan pengingat acara dan jam dunia. GNOME mengatakan mereka berencana untuk menambahkan pengingat ulang tahun dan informasi cuaca di sini di masa mendatang.

GNOME 3.16 Apps

Di setiap update major yang stabil GNOME selalu menggemborkan aplikasi baru yang ditingkatkan dan GNOME 3.16 tidak terkecuali.

file gnome 3.16

File (alias 'Nautilus') dibundel dengan beberapa perbaikan kecil selama builds awal, tidak sedikit di antaranya adalah penambahan pop-over menu yang dinamis.

Grid view dan list view juga telah diperbaiki dengan ukuran yang lebih baik dan jarak file untuk pemindaian lebih mudah, sedangkan perilaku lama tembol 'delete' yang hilang di build awal kini di kembalikan (tidak perlu lagi menekan Ctrl + Del).

image-viewer-gnome-3.16

Aplikasi Image Viewer telah didesain ulang dan dilengkapi dengan layout baru yang meminimalkan jumlah "window chrome" di aplikasi, memberikan lebih banyak ruang untuk foto yang benar-benar ingin Anda lihat.

Virtual machine: Boxes

Boxes, alat mesin virtual, adalah aplikasi lain yang mendapatkan nuansa baru dalam rilis ini, dengan peningkatan 'properties' dialog dan penciptaan asisten. Display penanganan yang lebih baik dan manajemen penggunaan sumber daya juga fitur.

gnome app peta 3.16

Maps sekarang ditambahkan Foursquare check-in, mengintegrasikan kontak pencarian dan menambahkan gelembung informasi baru.

Gelembung munculan yang baru menunjukkan informasi yang relevan pada lokasi tertentu, seperti Wikipedia link, rincian alamat, penanda untuk memperoleh rutevperjalanan dan banyak lagi.

Preview Apps

gnome 3.16 buku app

GNOME juga memberikan 3 "aplikasi preview" yang akan disertakan dalam rilis stabil di masa mendatang.

Aplikasi ini bisa digunakan secara sempurna "sebagaimana adanya" tetapi mungkin kasar di sekitar tepi atau kurangnya dalam fitur dibandingkan aplikasi inti yang lain, jadi jangan menanggung label 'preview' dalam pikiran jika Anda berencana untuk menggunakan aplikasi ini.

Aplikasi pratinjau di rilis ini adalah:

Kalender
Kalender - mudah digunakan desktop yang aplikasi kalender dengan Online Account integrasi
Karakter
Karakter - aplikasi peta karakter baru dengan fitur 'tipe to search' dan bagian 'baru dilihat'
Buku
Buku - penampil e-book baru yang memungkinkan tampilan arsip komik buku (cbr, dll). direncanakan adanya dukungan ePub


Perubahan lain

privacy-section

Versi lebih cepat dari inti aplikasi Foto dan Musik fitur, dengan kini menawarkan 'smart playlist' kedua untuk memainkan berulang (loop) trek di 'frequenly played' dan 'recently added'.

GNOME set-up tool sekarang dilengkapi dengan bagian kontrol privasi untuk memastikan desktop pengguna yang lebih baik yang bisa disetel sesuai kebutuhan pengguna.

Terakhir, ingat USB MultiWriter? tool yang berguna ini, yang memungkinkan ISO tunggal bisa di cetak ke beberapa stik USB secara bersamaan, sekarang merupakan bagian dari alat pengembang GNOME.

Wayland Port Dalam 'Tahapan Akhir'


GNOME sebelumnya secara optimis-liar-ambisius berencana untuk memaketkan GNOME dengan Wayland secara default pada tahun 2013, kemudian 2014. Sekarang, pada tahun 2015, rasanya masih beklum akan terlaksana, tapi lebih mungkin terwujud daripada sebelumnya.

3.16 melihat kemajuan tambahan yang dibuat di bagian depan Wayland, termasuk dukungan utama untuk konfigurasi masukan dan melihat adanya langkah besar dalam penanganan input secara umum.

"Port ke Wayland kini mendekati tahap akhir," kata GNOME.

Mendapatkan GNOME 3.16 di Ubuntu


Ubuntu Vivid 15.04 tidak menyertakan GNOME 3.16 secara default atau sebagai upgrade resmi yang didukung. Salahkan waktu rilis yang kurang tepat. dengan rilis terbaru GNOME yang melewati batas waktu pembekuan fitur Ubuntu.

Pengguna Vervet Vivid akan, bagaimanapun, akhirnya bisa bermain dengan GNOME 3.14 dan berbagai macam fiturnya untuk pertama kalinya.

Jangan terburu untuk menginstal Fedora dulu: kemungkinan Rangkaian GNOME 3.16 AKP akan menawarkan upgrade yang tidak didukung untuk pengguna Ubuntu berjalan 15.04, seperti di masa lalu. Lihat nanti sekitar 23 April.

Jika Anda tidak ingin menunggu dan memiliki USB stick cadangan untuk tangan Anda dapat men-download gambar hidup (berdasarkan Fedora) yang datang penuh sesak dengan semua GNOME 3.16 yang ditawarkan, langsung dari website GNOME.

Download Gnome Live ISO How to Install GNOME 3.16 On Ubuntu, Mint and Arch Linux

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan