2014/12/10

Cara Membuat TWRP Sendiri untuk Android Mediatek

Cara Membuat TWRP Sendiri untuk Android Mediatek - Suatu waktu, ponsel Android anda mungkin mengalami yang namanya "bootlop" atau "brick". Ketika hal ini terjadi, yang perlu anda lakukan adalah dengan melakukan restore back-up. Tentu saja hal ini bisa anda lakukan jika anda mempunyai custom recovery semacam CWM Recovery dan atau TWRP (Team Win Recovery Project) yang sudah ter-install dan anda sudah pernah mem-back-up ponsel android anda. Jika anda tidak punya back-up, anda masih bisa mengembalikan ponsel android anda seperti sediakala dengan meng-instal custom rom yang sesuai dengan ponsel anda.

Tapi, tidak semua ponsel (MediaTek chipset) didukung oleh pengembang. Dan mungkin anda salah satunya. Yang artinya: Anda tidak bisa membuat cadangan dari ponsel Anda. Yang Anda tidak dapat mengembalikan ponsel Anda yang bootloop denngan cepat lansung dari ponsel. Satu-satunya jalan adalah dengan melakukan flasing menggunakan SP Flashtool. Untuk melakukan flashing, anda harus punya firmware asli dari ponsel anda. Itupun kalau ada yang membagikannya di internet :p.

Jadi sebelum itu terjadi, ada baiknya anda membuat sendiri custom recovery untuk android anda (khususnya chipset mediatek). Tutorial kali ini tidak akan membahas cara membuat CWM Recovery yang sudah banyak di bahas di blog-blog, tetapi akan membahas cara membuat TWRP untuk android chipset mediatek.

Tool yang akan saya gunakan adalah Easy Magic Auto TWRP. Untuk saat ini, tool ini mendukung ponsel yang menggunakan chipset Mediatek type: MT6592, MT6582, MT6572, MT6589, dan MT6595. Berikut panduan lengkapnya:

Persiapan untuk membuat TWRP

Sebelum mulai membuat sendiri TWRP untuk ponsel anda, pastikan bahwa:

  1. USB debugging pada ponsel diaktifkan
  2. Driver ADB sudah diinstal pada PC (link atau mirror)
  3. Memiliki stok firmware atau back-up Firmware ponsel anda. (tidak harus, kecuali anda ingin meng-edit secara manual.)
  4. Ponsel sudah root

Jika anda belum mememnuhi persyaratan di-atas, anda bisa membaca tutorial dari link yang ada di samping tiap item di atas.

Sementara Easy Magic TWRP bisa anda download di bawah ini:

Tutorial membuat TWRP secara otomatis

Jika 4 hal di atas sudah selesai, silakan lanjutkan dengan langkah-langkah berikut:
  1. Download, ekstrak dan jalankan TWRP Setup.exe. Ada dua versi yang berbeda, satu adalah TWRP 2.7.1.0 dan lainnya TWRP 2.8.1.0. Untuk Android KitKat, saya sarankan menggunakan v2.8.1.0. Sedang untuk Android Jelly Bean dan sebelumnya, gunakan 2.7.1.0 terlebih dulu.
  2. Setelah menginstal Easy Magic Auto TWRP, klik "Yes" jika ponsel sudah terhubung dan USB debugging sudah aktif.
  3. Jika muncul kotak dialog "What do you wanna do?", ada dua pilihan.
    • Start Easy Magic TWRP installer for mediatek untuk membuat TWRP secara otomatis.
    • pilihan Unpack/Repack recovery.img untuk membuat TWRP secara manual (untuk yang sudah pengalaman)
    Pilih yang pertama.
  4. kotak dialog berikutnya menanyakan apakah Anda ingin cara otomatis atau manual. Pilih "Ya" untuk membuat TWRP secara otomatis.
  5. Di kotak dialog selanjutnya, anda di tanya apakah persyaratan sebelumnya sudah anda penuhi atau belum. Saya anggap anda sudah melakukan persiapan tersebut telah menyelesaikan semua prasyarat yang diperlukan, sambungkan ponsel anda dengan kondisi hidup ke komputer dan klik "OK"
  6. Anda kemudian disuguhi serangkaian kotak dialog yang memberitahukan beberapa hal tentang ponsel yang mungkin sudah anda ketahui. Dan jika anda ditanyai Do you have a flipped recovery screen. Pilih "No", kecuali Anda tahu custom recovery Anda terbalik posisinya.
  7. Dalam proses pembuatan dan instalasi perhatikan layar ponsel anda. Pastikan anda memberi izin permintaan akses root yang muncul. Klik OK setiap ada permintaan yang muncul di layar ponsel.

Ketika TWRP Recovery sudah berhasil dibuat dan terinstall ke ponsel, maka sebaiknya anda mematikan ponsel dan masuk recovery mode dengan menekan tombol [Power] + [Volume Up] (beberapa ponsel ada yang menggunakan tombol [power] + [Vol Down]) untuk memastikan bahwa semua telah selesai dengan sukses.

Ada yang ingin di tanyakan? Tulis di kolom komentar.

source: chinaphonearena.com

7 komentar

Gan aku ada mslh saat instal twrp..d trhr selalu muncul kt causes region overlap.... tp muncul recovery img nya....tp saat aku instal ko g bs. Mhn bantuanya nya...gan.

Region oberlap berarti partisi recovery lebih kecil daripada file image recovery yang di hasilkan.

berhasil mas di MITO T77,,, tapi layar tidak bisa di touch,,, gimana solusinya mas ?

Masukkan komentar Anda...ga bisa di touch !

thanks gan, lenovo s850 ane akgirnya punya trwp. lancar jaya gada kendala :)

gagal di galnote 4 sm-n9100 clone mt6572

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan