2014/10/24

Kelebihan & Kekurangan Melakukan Rooting Android

Kelebihan & Kekurangan Melakukan Rooting Android - Bagi user yang awam, pertanyaan yang muncul saat mendengar kata "root", "rooting", berkaitan dengan device dengan OS Android adalah: "Apa kelebihan melakuan rooting? Dan apa kekurangan-nya?" sebelum bertanya "Bagaimana cara melakukan rooting?"

Baca juga: Arti dan Fungsi Superuser [SU] dan Aplikasi-nya disini

Secara singkat, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan melakukan rooting pada OS Android

Kelebihan perangkat Android yang telah di root :

Berikut adalah kelebihan yang bisa didapat jika sudah melakukan rooting
  • Akses tak terbatas dalam sistem operasi Android.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan vendor yang tidak diinginkan oleh pengguna.
  • Dapat melakukan backup aplikasi dan sistem sehingga ketika ingin melakukan instal ulang atau reset pabrik, pengguna tidak perlu mencari dan mengunduh lagi
  • Dapat mengubah tampilan melalui instalasi custom ROM atau bahkan memutakhirkan ke versi yang lebih tinggi yang tidak dirilis oleh vendor.
  • Dapat melakukan Overclock prosesor sehingga kinerja ponsel manjadi lebih cepat.

Kekurangan perangkat Android yang telah di root

Berikut ini adalah kekurangan dari Perangkat yang sudah di-root:
  • Garansi perangkat hilang; semua vendor ponsel mengatakan bahwa perangkat Android yang telah di root akan hilang masa garansinya, karena dengan rooting, pengguna sudah memodifikasi berkas sistem pada sebuah perangkat Android sehingga vendor tidak mau bertanggungjawab apabila ada kerusakan perangkat Android yang telah di root.
  • Rentan terhadap virus dan perangkat perusak. (Jangan beranggapan jika anda menggunakan android artinya anda kebal karena android adalah turunan linux.)

Jika anda measih dalam tahap mengenal, saya lebih menyarankan untuk tidak melakukan rooting karena alasan keammanan yang sudah saya sebutkan di bagian kekurangan ketika melakukan rooting. Namun jika anda sudah mengenal setiap aspek dari OS Android sebaiknya anda mulai melakukan rooting terhadap perangkat anda selama anda bisa menanggulangi ancaman keaamanan yang mengancam.