2014/09/23

Penjelasan Tentang Partisi EFS, Fungsi dan Pengaruhnya

Penjelasan Tentang Partisi EFS, Fungsi dan Pengaruhnya - Penjelasan Tentang Partisi EFS, Fungsi dan Pengaruhnya jika HilangIlustrasi: EFS Data Partition
Di beberapa forum diskusi Android dan Group Facebook device Samsung, seringkali muncul masalah Partisi EFS corrupt yang bisa menyebabkan ponsel tidak bisa digunakan untuk telepon meskipun ponsel berfungsi 'normal'. Apa sebenarnya Partisi EFS ini? Berikut penjelasannya.

Partisi EFS atau jika dilihat dari Root Explorer berupa folder bernama /EFS ini berisi file yang berhubungan dengan IMEI, alamat Mac Wi-Fi, Bluetooth, alamat Mac, informasi Unlock Jaringan dll, yang sangat penting untuk konektivitas ponsel/perangkat android agar bisa berfungsi dengan baik. Bayangkan jika file-file ini rusak atau terhapus, Anda tidak akan bisa melakuakan panggilan, SMS, MMS, bahkan tidak bisa menggunakan Wi-Fi maupoun koneksi Bluetooth. Dan saya yakin, hal ini akan membuat anda merasa dongkol.

Update: Cara Back-up Restore EFS Partition

Penyebab utama yang biasanya membuat Corrupt atau hilangnya data EFS antara lain:

  1. Instalasi Custom ROM, ya, mungkin Anda sering mendengar tentang rusaknya data di partisi EFS karena menginstal Custom ROM dari sumber yang asala-asalan. Jadi selalu menginstal ROM yang diverifikasi oleh pengembang atau memiliki respon positif dari para penggunanya.
  2. Melakukan upgrade/downgrade Firmware secara manual, menggunakan Odin, misalnya. Meskipun anda menggunakan firmware resmi juga dapat mengakibatkan data EFS korup. Meskipun hal ini jarang terjadi.
  3. Instalasi Kernel yang tidak bagus atau Kernel modifikasi yang buruk.
  4. Crash antara Kernel lama dan baru.

Dalam beberapa perangkat yang pernah saya tangani, EFS corrupt sebagian besar memang terjadi karena men-downgrade versi Android KitKat ke versi dibawahnya (Jellybean) secara manual dengan Odin.
Baseband Unknown SamsungContoh Pondel dengan Baseband Hilang
Ketika data yang ada di partisi EFS corrupt, tanda yang paling gampang dilihat adala hilangnya versi Baseband, yang biasanya juga di ikuti dengan IMEI tidak terbaca. Yang pada akhirnya, perangkat android anda tidak bisa me-registrasi-kan diri ke jaringan provider telekomunikasi. Dan perangkat anda pun tidak bisa melakukan panggilan SMS dll karena tidak ada layanan telekomuniksai yang terhubung.

Untuk mencegah terjadinya EFS corrupt sebaiknya backup data EFS Anda terlebih dahulu sebelum melakukan salah satu hal di atas. Karena jika ini terjadi, maka perangkat tidak banyak berguna tanpa Wi-Fi dan koneksi data. Anda hanya dapat menggunakan perangkat Anda untuk menonton film dan mendengarkan musik dan aktifitas yang tidak menggunakan koneksi internet, Anda tidak akan dapat menggunakan Facebook, Twitter, Google Plus, browsing web, Download dari Play Store dll. Disinilah fungsi penting dari data yang ada di partisi EFS.

Jadi saya sarankan Anda untuk mencadangkan data EFS Anda sebelum melanjutkan untuk melakukan kustomasi perangkat Anda.

1 komentar

Moco lan angen-angen sains elektronik smartphone...
Akeh sing dikenalke.. pasar, kondisi era digital lan cepete perubahan.

Blog dan manfaat nonton, nyimak kajian. Manteep! :)

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan