2014/08/17

Selamat Ulang Tahun ke-69 Bangsaku, Dirgahayu Republik Indonesia

Selamat Ulang Tahun ke-69 Bangsaku, Dirgahayu Republik Indonesia - 17 Agustus 2014, Negara Kesatuan Republik Indonesia ber-ulang tahun. Angka 69 adalah angka yang unik dari sudut pandang saya. Angka yang hampir sama tetapi terbalik. Ya, terbalik, tetapi saling rangkul. Saling berhadapan dan seperti saling rangkul seakan membentuk sebuah bulatan. Berbeda, tetapi saling melengkapi.

Saya tidak berusaha untuk mengaitkan dengan apapun soal angka itu. Saya juga tidak ingin memenerjemahkan apapun dari perayaan Dirgahayu RI yang ke-69. Saya juga tidak berusaha mengaitkan Hari Kemerdekaan Bangsa Indonesia yang begitu Bhineka ini dengan situasi politik yang sedang hangat. Saya tidak ingin menjadi tukang rusuh, dengan mengkritisi apa yang terjadi tahun ini. Saya cuma berharap, semuga bangsa kita semakin kokoh bersatu, cuma itu saja.
Dirgahayu Republik Indonesia-69Dirgahayu NKRI ke-69
Ulang Tahun Republik Indonesia ke-69.
Yang saya tahu dari buku sejarah yang saya pelajari dari bangku SD sampai SMA adalah: Indonesia memproklamasikan kemerdekaan-nya 69 tahun lalu tepat di tanggal 17 Agustus 1945 dulu itu tidak serta merta merdeka begitu saja. Prosesnya panjang, begitu kata buku sejarah. Banyak proses yang harus dilalui, banyak fase ke-negara-an yang di alamai oleh Bangsa Indonesia, Bangsa yang Bhineka hingga menjadi Bangsa yang Ika. Dari apa yang saya baca, begitu berat proses penyatuan kehendak dari bangsa yang majemuk. Butuh waktu yang lama hingga akhirnya bisa sepaham, hingga akhirnya bisa memerdekakan diri dengan bersatu-padu dan bahu-membahunya semua elemen bangsa yang berbeda itu.

Sekali lagi, saya tidak berusaha untuk mengulas apapun. Saya menulis artikel singkat ini hanya untuk ikut merayakan saja. Ikut bergmbira bahwa kita sudah merdeka. Saya tidak perduli jika ada yang mengatakan "Apa kita sudah benar-benar merdeka?" Saya tidak perduli. Yang saya tahu adalah Hari ini adalah hari yang sama dimana Bangsa Indonesia merayakan sebuah peristiwa agung dalam konteks kemanusiaan di 69 tahun yang lalu: 17 Agustus 1945, Republik Indonesia memproklamasikan kemerdekaan bangsanya dari tindasan bangsa lain. Membebaskan diri dari penjajahan bangsa-bangsa arogan, kemerdekaan yang bukan hadiah, tetapi hasil perjuangan yang tak kenal lelah.

DIRGAHAYU NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA ke-69

Mari Bangsaku, mari jaga keutuhan Bangsa ini.

Paciran, 17 Agustus 1945.

Phate Holloway.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan