2014/08/21

Cara Fix Audio Kecil Menggunakan MTK Engineering

Cara Fix Audio Kecil Menggunakan MTK Engineering - Bagi pemilik ponsel cerdas Android yg ber-chipset Mediatek terkadang mengeluhkan suara speaker terlalu kecil meskipun anda sudah mencoba menambahkan beberapa aplikasi peningkat audio. Masalah ini biasanya muncul ketika baru saja meng-install custom ROM. Terkadang malah sejak awal (masih menggunakan stock ROM) memang suaranya kecil meskipun volume sudah disetel maksimal.

Sebelum memperbaiki masalah kecilnya suara yang dikeluarkan speaker, anda perlu tahu bahwa hal ini karena volume maksimal audio mediatek bisa dibatasi. Secara default, pabrikan ponsel membatasi volume suara yang keluar dari speaker. Pembatasan audio dilakukan dengan pertimbangan agar speaker tidak cepat rusak karena tidak mampu menahan beban terlalu tinggi.

Jika anda bertanya apa bisa meningkatkan volume maksimal speaker agar audio tidak terlalu kecil? Maka jawabannya bisa. Caranya adalah dengan merubah batasan suara maksimal melalui MTK engineering mode menjadi lebih tinggi lagi.

Untuk fixing kecilnya suara yang keluar dari speaker, ikuti saja tutorial yang saya berikan tetapi, anda harus setuju dengan disclaimer dan patuh dengan copyright blog ini.
Untuk meningkatkan level audio, anda harus merubah nilai batas maksimal dengan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke Engineer Mode dengan cara Dial ke *#*#3646633#*#* atau menggunakan aplikasi MTK enginering dan pilih menu MTK Setting

Fix_suara_speaker_kecil(3)
2. Di dalam Enginering Mode ini, anda akan melihat beberapa menu. Jika menggunakan MTK Engnering, geser ke kanan hingga tab Hardware Testing dan Pilih Audio kemudian pilih Normal Mode
Fix_suara_speaker_kecil(1)
3. Pada pilihan Type, pilih Sip dan pilihan level biarkan pada nilai Level 0.
4. Kolom Value, biarkan saja apa adanya. Sedangkan pada kolom Max Vol isikan nilai antara 150-160. Saya sarankan isi dengan nilai 157 atau 158.
Fix_suara_speaker_kecil(1)
5. Untuk menyimpan setting suara maksimal loud speaker, klik di tombol Set.
6. Setting juga Type Media, lakukan setting seperti no.4 dan no. 5.
7. Ulangi lagi mulai langkah no. 2 dengan memilih Loudspeaker Mode dan lanjutkan hingga langkah no. 5.
8. Matikan Android anda, dan nyalakan kembali.

Setelah anda menaikkan nilai batas maksimal, saya yakin suara speaker menjadi lebih keras daripada sebelumnya. Sekarang anda bisa mencobanya untuk menikmati Audio yang lebih baik.

Sekedar catatan untuk anda, cara fixing ini juga bisa anda gunakan untuk meningkatkan suara headset dengan memilih menu Headset Mode dan setting lagi sepeti sebelumnya.

Download MTK Enginering Tools

MTK Enginerring Tools APK
Selain aplikasi MTK Enginering, anda juga bisa menggunakan Mobile Uncle Tools

13 komentar

mantab gan.... nice post... berhasilll... evercoss a7s gua jadi kencang suara nya.. dari yang td kyak kent*t suara ny... haha

saya nggak berhasil gan. speaker ane kegedean suaranya setelah di custrom. abis setting pake mtk engineer ga ada perubahan.

Work gan hh ane tdi nya kan suaranya gede banget kyk toa, trus ane pake cara di atas biar suara nya kecil ane kecilan angkanya yg tadi ente suruh 158 ane rubah jadi 98
THANKS GAN ATAS TOTURNYA

It's work....terima kasih ilmunya...jos gandos sam...

Buat evercoss a75g winner y 2 bisa ga

gk bsa masuk pass klik MTK setting, malah muncul tulisan "Cannot find EngineerMode App" Why....??????? Solusinya dong...!!!!!

Kemungkinannya:
1. Bukan ponsel dengan cipset mediatek. Artinya tutor ini bukan untuk kamu.
1. Ponsel mediatek tetapi menggunakan custom rom yang tidak menyertakan enginering mode dalam system. I can di nothing dude. Contact your custom rom developer.

Kok punya saya malah jadi semakin kecil gan

Kok malah jadi kecil gan suara headset nya padahal setting udah sama persis

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan