21.8.14

Cara Fix Audio Kecil Menggunakan MTK Engineering

Bagi pemilik ponsel cerdas Android yg ber-chipset Mediatek terkadang mengeluhkan suara speaker terlalu kecil meskipun anda sudah mencoba menambahkan beberapa aplikasi peningkat audio. Masalah ini biasanya muncul ketika baru saja meng-install custom ROM. Terkadang malah sejak awal (masih menggunakan stock ROM) memang suaranya kecil meskipun volume sudah disetel maksimal.

Sebelum memperbaiki masalah kecilnya suara yang dikeluarkan speaker, anda perlu tahu bahwa hal ini karena volume maksimal audio mediatek bisa dibatasi. Secara default, pabrikan ponsel membatasi volume suara yang keluar dari speaker. Pembatasan audio dilakukan dengan pertimbangan agar speaker tidak cepat rusak karena tidak mampu menahan beban terlalu tinggi.

Jika anda bertanya apa bisa meningkatkan volume maksimal speaker agar audio tidak terlalu kecil? Maka jawabannya bisa. Caranya adalah dengan merubah batasan suara maksimal melalui MTK engineering mode menjadi lebih tinggi lagi.

Untuk fixing kecilnya suara yang keluar dari speaker, ikuti saja tutorial yang saya berikan tetapi, anda harus setuju dengan disclaimer dan patuh dengan copyright blog ini.
Untuk meningkatkan level audio, anda harus merubah nilai batas maksimal dengan cara sebagai berikut:

1. Masuk ke Engineer Mode dengan cara Dial ke *#*#3646633#*#* atau menggunakan aplikasi MTK enginering dan pilih menu MTK Setting
Fix_suara_speaker_kecil(3)
2. Di dalam Enginering Mode ini, anda akan melihat beberapa menu. Jika menggunakan MTK Engnering, geser ke kanan hingga tab Hardware Testing dan Pilih Audio kemudian pilih Normal Mode
Fix_suara_speaker_kecil(1)
3. Pada pilihan Type, pilih Sip dan pilihan level biarkan pada nilai Level 0.
4. Kolom Value, biarkan saja apa adanya. Sedangkan pada kolom Max Vol isikan nilai antara 150-160. Saya sarankan isi dengan nilai 157 atau 158.
Fix_suara_speaker_kecil(1)
5. Untuk menyimpan setting suara maksimal loud speaker, klik di tombol Set.
6. Setting juga Type Media, lakukan setting seperti no.4 dan no. 5.
7. Ulangi lagi mulai langkah no. 2 dengan memilih Loudspeaker Mode dan lanjutkan hingga langkah no. 5.
8. Matikan Android anda, dan nyalakan kembali.

Setelah anda menaikkan nilai batas maksimal, saya yakin suara speaker menjadi lebih keras daripada sebelumnya. Sekarang anda bisa mencobanya untuk menikmati Audio yang lebih baik.

Sekedar catatan untuk anda, cara fixing ini juga bisa anda gunakan untuk meningkatkan suara headset dengan memilih menu Headset Mode dan setting lagi sepeti sebelumnya.

Download MTK Enginering Tools

MTK Enginerring Tools APK
Selain aplikasi MTK Enginering, anda juga bisa menggunakan Mobile Uncle Tools
Disqus Comments