2014/08/09

10 Aplikasi Equalizer Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Android.

10 Aplikasi Equalizer Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Android. - Apa jadinya dunia ini tanpa musik? Sepi dan datar seperti kuburan. Karena itulah (saya yakin) anda para pengguna ponsel android pasti punya banyak koleksi lagu di ponsel anda, meskipun saya tidak yakin kalau anda membelinya secara resmi.
10 Aplikasi Equalizer Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Android
10 Aplikasi Equalizer Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Android

Mendengarkan lagu-lagu favorit dari ponsel dengan audio kualitas tinggi adalah keasikan tersendiri. Tetapi, seberapa baguskah kualitas audio di ponsel android anda? Jika kebetulan anda memiliki ponsel cerdas dari merek ternama dengan fitur audio yang mumpuni mungkin tak jadi soal. Masalahnya, tak semua orang mempunyai budget lebih untuk membeli smartphone mahal. Sebagian besar lebih realistis dengan membeli ponsel cerdas buatan lokal seperti Evercoss, Mito, atau yang sekelas Andromax.

Untuk meningkatkan kualitas audio ponsel dengan kualitas speaker yang biasa-biasa saja, diperlukan perlakuan khusus. Agar kualitas musik bisa anda maksimalkan, Salah satu caranya adalah dengan meng-install aplikasi peningkat kualitas audio yang biasa disebut dengan equalizer, sound booster dan lain-lain. Sebagian besar aplikasi ini bekerja dengan memanipulasi frekuensi dari file audio (mp3, aac, ogg) agar suara yang keluar bdari speaker bisa di sesuaikan.

Sebagian besar produsen ponsel android memang sudah memberikan aplikasi peningkat suara dalam ponselnya. Tetapi jika anda kurang puas dengan performa yang diberikan oleh peningkat kualitas audio bawaan, anda bisa meng-install beberapa aplikasi pihak ketiga. Berikut ini saya sajikan beberapa Sound FX yang bisa anda jadikan referensi untuk meningkatkan kualitas musik di ponsel android anda.

Sekedar catatan, beberapa aplikasi yang ada membutuhkan hak akses root agar bisa ter-instal, tetapi aplikasi ini tidak mengharuskan anda melakukan rooting.

1. Music Equalizer

Aplikasi ini, berfunsi sesuai namanya. Cukup bagus kinerjanya. Tetapi sayangnya, yang bisa anda download di playstore ini mengharuskan anda membeli lisensi jika anda tidak ingin diganggu dengan iklan di versi gratisannya. Meskipun tidak begitu mengganggu.

Install

2. Equalizer FX

Dengan nama yang hampir mirip, Equalizer FX yang juga gratis. Aplikasi equalizer kecil ini memiliki EQ 6 channel dan disediakan juga fitur yang umum seperti preset, penguat bass, visualissasi, dan kemampuan untuk menyimpan profil audio kustom. Aplikasi ini adalah equalizer yang bagus, dan mampu mengakomodasi segala sesuatu yang ingin Anda lakukan.

Saya agak heran, mengapa orang-orang tidak memmberikan rating tinggi. Fiturnya emang tidak begitu fantastis, tetapi aplikasi ini tidak mengganggu Anda dengan iklan seperti banyak aplikasi lain yang sejenis. Satu-satunya problem yang mungkin agak memberi nilai minus adalah setengah dari preset audion, settingan bass terlalu tinggi. Anda harus mengatur bass menjadi lebih rendah agar tidak terdengar seperti Beats Audio. Entah itu hal yang bagus atau tidak, itu tergantung selera anda.

Install

3. AnEq Equalizer

Aplikasi berikutnya adalah AnEq Equalizer. Meskipun mempunyai versi berbayar dan gratis, tidak ada perbedaan di antara keduanya. Yang membedakan hanya iklan di versi gratisnya. Saya merekomendasikan untuk memakai yang versi gratis saja, hanya untuk mencoba apakah aplikasi tersebut bisa meningkatkan kualitas audio dengan benar do ponsel Anda.

Saya akui, saya mengalami sedikit masalah dengan aplikasi ini. Ketika memakai aplikasi ini, sering menutup paksa saat mencoba untuk memuat salah satu preset. Mungkin hanya di ponsel saya saja, jadi akan lebih bijaksana untuk mencoba versi gratis-an-nya dulu. Selain masalah tersebut, aplikasi ini merupakan app equalizer 5 Band yang sederhana, di bekali beberapa preset, yang bisa menjadi lebih baik jika Anda hanya perlu melakukan sedikit tweaking.

Install

4. Auvio EQ

Peringkat terendah ke-empat, ada Auvio EQ, mirip dengan AnEq, app equalizer ini sangat sederhana. sebenarnya aplikasi ini dikhususkan untuk produk headset dengan merek Auvio, tetapi bisa berfungsi di ponsel apapun. Dengan beberapa kontrol peningkat audio/musik, dan sedikit menu setting yang anda butuhkan.

Tombol equalizer yang berjajar langsung tampil di menu utama tampilan utamanya, seperti aplikasi sebelumnya, aplikasi ini sangat simpel untuk digunakan. Anda bisa merubah/menggeser tombol yang ada sesuka anda atau anda bisa memilih preset yang di sediakan, bass booster, dan efek ruangan. Jika anda bertanya apakah aplikasi ini bagus? Ya, tetapi menurut saya terlalu simpel.

Install

5. Music Equalizer

Selanjutnya adalah Music Equalizer, dan seperti namanya, adalah equalizer untuk musik. :p Seperti fakta Anda sudah tahu bahwa langit berwarna biru, Dian Sastrowardoy itu wanita (kalau saya bilang cantik, anda bisa mendebatnya :p). Itu adalah fakta yang sudah jelas, aplikasi juga jelas seperti namanya. Dan anda akan suka karena interface-nya yang ringkas tetapi cantik dan tidak berlebihan.

Ketika dibuka, Equlizer ini seperti mengambang, sontak membuat saya menyukai tampilannya. Sayangnya, seperti beberapa aplikasi peningkat suara lain di daftar ini, pembuat aplikasi ini juga beranggapan bahwa semua orang suka dengan bass yang menggelegar sehingga setting dasar (preset) posisi bass selalu tinggi. Tentu saja, ini bukanlah hal yang jelek dilihat dari segi apapun, tapi bukankah lebih baik jika memberikan beberapa variasi?

Install



6. Android Equalizer Player

Posisi ke-enam dari bawah, Saya merekomendasikan Android Equalizer Player. Saya tidak menyertakan media player karena biasanya sebuah audio player yang mempunyai equalizer sendiri tidak begitu bagus kualitas equalizernya. Namun ada perngecualian untuk aplikasi ini, karena equalizer-nya adalah fitur utama yang selalu terlihat. Tetapi tetap saja adanya iklan yang menjengkelkan memberi nilai minus aplikasi ini.

Ketika membuka aplikasi ini, Anda bisa mencari lagu dan memainkannya, dan equalizer akan langsung di tampilkan di pemutar musik ini, sehingga Anda bisa langsung memainkan slider-slider yang ada. Android Equalizer Player juga memiliki sejumlah preset dan kontrol bass yang terpisah, jika Anda ingin setiap lagu memiliki nuansa yang berbeda maka Android Equalizer Player adalah aplikasi yang cocok untuk anda coba.

Install

7. Equalizer Music Player

Seperti saya sebutkan sebelumnya, saya berusaha untuk tidak memasukkan aplikasi pemutar musik karena aplikasi equalizer lah yang lebih berpengaruh dalam hal kualitas musik yang dimainkan. Akan tetapi seperti Android Equalizer Player, player musik ini menjadikan pengolah kualitas audio sebagai fitur utamanya meskipun sekaligus berfungsi sebagai pemutar musik.

Sebenarnya, Equalizer Music Player hampir seperti kloning-an dari Android Equalizer Player. Satu-satunya perbedaan yang terlihat di sini hanyalah tampilannya yang berbeda. Semua fitur dan fungsinya hampir sama. Fitur Reverbnation, pengaturan, preset, dan yang lain. Tetapi, yang sudah didownload hingga jutaan dan yang satunya hanya didownload beberapa ratus ribu kali.

Install

8. Bass Booster

Di peringkat ketiga terbaik, ada Bass Booster yang dulunya adalah aplikasi yang cukup ngetren sebelum menjamurnya aplikasi untuk meningkatkan kualitas suara. Terutama di Android versi lawas yang mana equalizer belum disertakan. Bass Booster boleh tersaingi, tapi masih bisa bertahan dan berfungsi dengan baik.

Hempasan bass bagian dari aplikasi ini begitu menggelegar. Mungkin memberi efek pada ponsel Anda, mungkin juga tidak. Saya sarankan mencoba versi gratisan dulu sebelum memutuskan untuk membeli yang versi pro. Selain masalah kompatibilitas, aplikasi ini tergolong mumpuni. Bass Booster adalah equalizer 6 band dengan sejumlah preset, di sertai dengan interface yang stylish, tapi tetap sederhana. Jangan mengharapkan yang lebih dari itu.

Install

9. Equalizer

mungkin anda akan berpikir bahwa aplikasi ini adalah aplikasi yang umum ketika membaca namanya. Namun, Equalizer adalah aplikasi kecil yang ampuh. Aplikasi ini adalah salah satu yang paling mudah digunakan dari keseluruhan aplikasi peningkat audio di daftar ini. Dan asiknya, aplikasi ini tidak menayangkan iklan di versi gratisannya. Tetapi untuk membuka beberapa fitur tambahan Anda harus membeli versi berbayar. Tetapi, rasanya versi gratisnya saja sudah cukup, dan rasanya tidak akan mengecewakan anda.

Di halaman pertama aplikasi, Anda akan disuguhi daftar semua preset. Pindah ke halaman dua, Anda dapat mengatur equalizer sendiri, dan bahkan menggunakan trek untuk bermain-main saat Anda melakukannya. sedangkan halaman ketiga, Anda dapat mengontrol bass dan reverb. Mungkin fitur yang paling favorit adalah equalizer otomatis, yang mengubah pengaturan Anda berdasarkan genre lagu yang diputar saat ini.

Install

10. Music Volume EQ

Ini dia, yang terakhir dalam daftar Aplikasi Equalizer Untuk Meningkatkan Kualitas Audio Android, dan menduduki peringkat utama. Bernama Music Volume EQ, dan memiliki antarmuka yang sangat cantik. Seperti di salah satu aplikasi sebelumnya, aplikasi ini mempunya interface yang melayang, sama-sama berfungsi sebagai equalizer dan volume manager.

Aplikasi memiliki semua fitur dan funsionalitas layaknya standar equalizer, bass booster, preset, visualisasi, dan kontrol volume. Terlihat paling keren, dan kinerjanya adalah yang terbaik dari semua aplikasi sebelumnya. Tentu saja, hampir setiap preset EQ memiliki setting bass yang maximal, seperti aplikasi lain di daftar ini. Anda mungkin perlu untuk menurunkan settingan bass-nya untuk bisa menikmati musik yang di putar, tapi ini hal yang lumrah dan hampir setiap orang menyukai suara bass yang menggelegar.

Install

Semua aplikasi ini pada dasarnya bekerja dengan cara yang sama. Anda membukanya, dan andalah sang DJ yang mengatur 5/6 band equalizer-nya. Dan semoga kualitas musik Anda menjadi lebih meningkat.

Tentu saja, Masih banyak aplikasi equalizer yang beredar ternasuk plugin yang dibuat untuk aplikasi pemutar audio tertentu yang mungkin lebih baik dari daftar yang saya berikan. Jadi, jika ada aplikasi yang bagus menurut Anda dan belum saya sebutkan, silahkan tulis di kolom komentar.

2 komentar

Yang bisa kasih pengaruh ke audio saat pasang radio yang mana min?

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan