2014/08/05

Memperbaiki Andromax C Bootloop, SoftBrick, Tidak bisa Masuk CWM

Memperbaiki Andromax C Bootloop, SoftBrick, Tidak bisa Masuk CWM - Kemaren siang, karena ketololan saya sendiri, hape Andromax C ICS milik kawan saya jadi korban, Bootloop alias softbrick. :D Awalnya, MAX C ini sudah berhasil di root dengan aplikasi VROOT via PC. Setelah root kemudian instal alat-alat standar rooted device seperti : busybox, link2sd, dan teminal emulator.

Karena niatnya akan di pasang custom rom, maka saya install CWM Recovery Touch untuk Andromax C juga dan berhasil masuk CWM Recovery. Karena ingin cepat selesai, maka tanpa pikir panjang saya install salah satu Custom ROM saja tanpa rasa bersalah. Setelah selesai (di notifikasi-nya memang tertulis complete) saya reeboot. Ternyata masih berada dalam kondisi yang sama alias tetap stock dan tidak ter-install Custom ROM tadi.

Penasaran, saya 'reboot recovery' via terminal, rebooted tapi kok masuk system lagi? akhirnya saya matikan Andromax C dan saya nyalakan lagi dengan menekan Tombol Power dan Volume Min untuk masuk recovery, sama saja, tetep tidak bisa masuk recovery. Pikir saya, pasti partisi mmcblk0p16 nya yang hilang/terformat saat install custom rom yang tidak sesuai tadi. Install CWM Recovery lagi (karena system masih normal) dan akhirnya bisa masuk mode Recovery.
Perbaikan Bootloop tanpa CWM
Nah disinilah ketololan saya dimulai :). Karena masih penasaran, saya format partisi system, data dan cache. Kemudian saya ulangi install custom rom untuk Andromax C tadi tanpa menyadari bahwa Custom ROM tersebut BUKAN UNTUK ANDROMAX C ICS tetapi UNTUK ANDROMAX C JB. Selesai dan complete (sepeti sebelumnya). Reboot dan tara.... Andromax C pun bootloop karena Custom ROM belum ter-install dan partisi System, Data dan Cahce sudah terformat. Tidak bisa masuk recovery juga karena partisi recovery hilang saat melakukan flashing custom ROM. Nasib... bukannya cepat beres kerjaan malah jadi makin runyam.

Untungnya, saya pernah membaca salah satu blog yang artikelnya memang sebagian besar menulis tentang tips/trik untuk Andromax C dan di sana ada artikel dengan judul yang sama dengan judul artikel ini Memperbaiki Andromax C Brick / Bootloop / Tidak Bisa Masuk CWM anda bisa membaca artikelnya di sini. Tetapi...

Saya ikuti tutorial yang diberikan di sana dan belum berhasil karena muncul peringatan failed to open file /mmc1/eg902.v1/config/eg902.xml with error no -1! meskipun sudah sesuai instruksi. Dari beberapa komentar sebelumnya, beberapa user juga mengalami failed to open file /mmc1/eg902.v1/conf/ad686g.xml with error no -1!. Kalau peringatan seperti ini berarti ada file yang hilang (-1).

Solusi peringatan Failed to Open
Setelah sedikit memutar otak, akhirnya saya coba me-rename file di dalam folder /eg902.v1/conf/ dan berhasil memperbaiki Andromax C yang bootloop dan mengembalikan Andromax C seperti semula.

Sekedar koreksi di postingan blog tersebut, password untuk tersebut bukan http://www.gadgets.co.id, tetapi hanya www.gadgets.co.id saja.

Agar anda yang punya permasalahan yang hampir sama dengan saya (bootlop dan tidak bisa masuk cwm recovery) bisa mengatasinya maka saya tuliskan ulang tutorial dari blog Catatan Rendy yang di sadur dari tulisan agan David Gerry 9h dengan sedikit perbaikan tutorial sesuai pengalaman saya.

Tutorial mengatasi Bootloop tanpa CWM:
  • Ekstrak file .rar
  • Kopikan folder EG902.V1 hasil ekstrak ke /sdcard menjadi /sdcard/EG902.V1/.
  • Dalam kondisi mati tekan dan tahan tombol power, vol up dan vol down secara bersamaan sampai keluar notification.
  • Jika pada tahap ini muncul peringatan failed to open file /mmc1/eg902.v1/conf/eg902.xml with error no -1! rubah file di dalam folder /eg902.v1/conf/ bernama ad686g.xml menjadi eg902.xml
  • Proses TF Update akan berjalan dan tunggu hingga selesai
  • Setalah Complete, tekan tombol power dan tunggu hingga menyala (sekitar 5 menit).
Jika proses diatas lancar, MaxC anda akan kembali ke kondisi seperti baru beli.

Tinggal satu masalah IMEI NULL dan MEID 00000000.

Akan di update: Cara Memperbaiki IMEI NULL dan MEID 00000000 Andromax C.

Link Download File TF Update:
Link TF update Andromax C ICS: Download File
Link TF update Andromax C Only New Version: Download File

File Only New Version hanya untuk anda yang mendapatkan peringatan "Only new version allowed to upgrade”.

Sebuah pelajaran yang berarti. "Jangan suka menggampangkan persoalan".

69 komentar

gan cara masukan ekstrak rar nya gimana dan cara rubahnya gimana??
tolong bantuannya

oya gan folder /eg902.v1/conf/ adanya dimana?
micro sd apa bukan?

THank you matur nuwun...Done...

Gan apa bsa d lakukan buat max i ane...
Max-i ane g bsa masuk cwm recovery...tp semuanya masih jalan apa adanya....sms/tlp/internet/main game semua bsa...cuma g bsa masuk cwm,sama restar hp......

Di tutorial di atas kan sudah disebutkan password-nya :smile:

sebaiknya jangan. kalau hanya recovery-nya yang hilang. download recovery untuk Max-i dari google dan rename menjadi recovery.img, letakkan di sdcard. kemudian gunakan perintah mount via terminal. lihat dimana partisi recovery berada. Misalnya diketahui /dev/block/mtdblock16 adalah partisi recovery maka contoh install recovery via terminal adalah:

dd if=/sdcard/recovery.img of=/dev/block/mtdblock16

*) balas komentar ini dengan link cwm recovery yang anda dapatkan, agar user max-i yang lain bisa menggunakannya

gan aku udah ngikutin semua tutorialnya....
aku pake yang only new version ko sama aja yaa....malah muncul tulisan only new version lagi gan...please help meeee!!!

sangat2 membantu gan tutonya, awalnya dah mpe peyeng nih kepala gara2 maxi bootlop. instal cm kluar tulisan FAILED READ bla bla,,,,,,,,,,,,,,dah nyoba berbagai cara tp gak tembus jg. akhirnya pake cara agan ( rename ad686g.xml menjadi eg902.xml ) hp lngsung bangkit dari kubur......................... makasih banyak tutonya gan........mg bisa jd rejeki n ditunggu tuto2 yg laennya gan......

Maaf, saya lebih suka menghargai penulis aslinya dengan memberi link ke artikel yang dijadikan rujukan daripada copas. Saya yakin, pembaca lain juga bisa mengambil pengalaman dari apa yang saya tulis dan sekaligus tetap menjadikan artikel aslinya sebagai rujukan. Dan maaf, komentar anda yang kedua tidak saya publikasikan karena saya anggap kasar. terimakasih sudah berkunjung. :sneered:

Jika pada tahap ini muncul peringatan failed to open file /mmc1/eg902.v1/conf/eg902.xml with error no -1! rubah file di dalam folder /eg902.v1/conf/ bernama ad686g.xml menjadi eg902.xml

itu maksudnya gimana bang coba jelasin lebih jelas

gan gi mana cara masukin filenya , sedangkan hape saya ajja gak bisa nyalah , pas saya mau nyalain yang keluar hanya tulisan smartfren merah saja , habis itu mati llagi,..
kalo gitu cara mengatasinya gi mana yya gan ?

#mohon banyuannya

bang kalau misalkan ada tulisan Only new version allowed to upgrade”. tapi padahal udah download yg ony new version ,gimana yaa saran dong hehe

iya sama saya juga ngalami serupa

ia gan tolong lebih detail lagi dong gan maksudnya difolder mana yang direname gan tolong gan dah muter muter gak dapat solusi gan folder yang mana gan?

Gan cara memperbaiki imei NuLL blum di update ya

IMEI NULL fix ada cara yang mudah. Tapi clone jadi pakai IMEI bersama. Untuk tutor belum buat, tapi bahan sudah ada. Kalau sudah buat tutornya bakal ada di link ini

Gan, Ane udah ikutin step by step tutornya dan it's work sampe akhir proses upgrade, sampai ada tulisan "LONG PRESS THE POWER KEY TO REBOOT SYSTEM PLEASE", setelah saya tekan lama tombol power, tampilan layar hanya logo smartfren sekitar 1-2 menit lalu HH mati kembali dan HH hidup dengan tampilan layar hanya logo smartfren sekitar 1-2 menit dan berulang terus.
.............................................PLEASE ADVICE NYA GAN..............................................

gan dah donlot yg new version,tapi kok tetap keluar "only new version...". mohon bantuannya.thanks

hp ane andromax c ICS ane uda ngikutin tutor diatas tetap gak nyala yang tekan power-vol up-vol down itu. tolong donk gan

kalau yang sya gini gan :
failed to open file /mmc1/eg902.v1/conf/ad686g.xml with error no -1!
udah saya tukar dengan "eg902.xml" masih tetap ga bisa ,,
gimana tuh gan ...
mohon bantuannya ...
terimakasih

sama kaya ane gan udah nyampe tahap "LONG PRESS THE POWER KEY TO REBOOT SYSTEM PLEASE" tapi pas di restart masih bootloop. mohon pencerahannya master.

IMEI nya diekstrack juga? jadi flashnya IMEInya aja apa sama EG902.v1?atau pilih salah 1?Pencerahannya gan:D

mau tanya donk kalo hp ny di charge tdpii ud 1 hariann ga penuh" gmna tuch cara memperbaikinya

kalo sakarang masih bisa ga gan ??

yg new version tidak bisa diekstrak :(

Bisa kok. Ekstraknya pakai password: www.gadgets.co.id

yang max c new version systemnya ngga ke extract minta password lagi gimana nih?

gan hpku mati total dan setiap dinyalakan denganTombol (power dan volume) ada tuisan failed to open file /mmc1/eg902.v1/conf/eg902.xml with error no -1!
Dan setiap dinyalakan dengan tombol (Power) ada tulisan (Welcome to fast boot)
Dan gak bisa dihubungkan di Usb computer !!!!!!!!!!!!!

kak kan hp andromax g saya rusak cuma muncul logo nya aja ga ke homescreen nah trs solusi nya gmn?. mohon responnya kak:):)

gan mohon bantuannya, saya sudah coba cara di atas, Prosesnya seperti gambar diatas dah selesai tinggal suruh pencet tombol power, tapi setelah saya pencet tombol powernya kok tidak ada perubahan apa2, masih error seperti semula. thanks..

sama kaya ane gan udah nyampe tahap "LONG PRESS THE POWER KEY TO REBOOT SYSTEM PLEASE" tapi pas di restart masih bootloop. mohon pencerahannya master. ditunggu soalnya hpnya ngga bisa ngapa-ngapain....

Saya sedang kesulitan untuk mencari bahan uji metode flash via fastboot [PC]. ini mungkin bisa jadi cara paling mujarab untuk mengatasi bootlop dan meng install ulang andromax c.

Kalau mau saya bisa memberikan tutorialnya di postingan baru. Secara teori bisa dilakukan dengan bantuan PC/Laptop. Seperti biasa, resiko di tanggung sendiri, tetapi kalau belum saya tes berarti resiko lebih tinggi :D

dari pada hpnya ngga bisa digunakan mending diambil aja resikonya. rusak beli lagi, asal jelas status hp yg ada

makasih gan hh ane udah sembuh .........ane cuma bisa bilang makasih coba klo bisa ketemu ane ajak makan''

@Phate Holloway, bisa ngga mas resepnya dikirim via email: mukhlishariadi24@gmail.com
@Ubeedz Rizone, bagi dong resepnya

Tutorial saya kirim via email. Jika tidak berhasil mauapun sukses tolong di konfirmasi.

ane masa masih gabisa juga gan padahal udh ane ganti tuh masa masih ga bisa gan T_T

saya sudah rename file ad686g.xml ke eg902.xml tp kok ttp ga bisa ya? mohon bantuannya.

makasih gan ,awal coba bootloop eh coba ke2x nya + DOA bisa
makasih gan :*

sebelum di rename itukan udah ada gan yg eg902.xml pas ane rename kok malah nimpa ya?? jd yg awal td hilang, mohon pencerahan :-D

Extract lagi, bandingkan isinya, bisa di buka via notepad (windows) atau vi (kalau pakai linux).

Opsi troubleshoot:
1. kalau isi sama, timpa saja,
2. kalau isi beda jangan rename
3. kalau gagal tanpa rename gunakan opsi 1.

kayanya isinya beda, soalnya sizenya beda sih, udah terlanjur ditimpa pula, download lg deh..
makasih gan solusinya. :-D

Makasih banyak.... aku udah pusing banget sama failed to open file /mmc1/eg902.v1/config/eg902.xml with error no -1! dan upgrade failure dan sekarang jeng-jeng......selesai deh :D

yang coment berhasil dan sukses tolong diperjelas. .
rename dari eg902 ke ad686g dan begitu juga sebaliknya hasilnya nihil. . kalaupun sukses pasti muncul only update bla.. bla... bla.. pake file only version sama saja nihil, tetap keluar itu. otak atik file di dalam folder config ini itu tetap saja nihil. . jadi kesimpulannya adalah kasih solusi yg akurat yg pasti step by stepnya. . terima kasih sebelumnya. . saya tunggu balasannya di email saya. . salam seduluran

GAN extra nya d kartu internal apa extranal gan kalau d impenbd memori internal memori telvon ga bisa hv nya dah booplo

mas agan2 semua minta solusinya dong andromax c2 tf ugrade failed gc bisa main menu

c1 gua botloop trus ttp only new

Gara gara asal format cwm andomax c saya mati total sekarang gak bisa lagi nyala atau masuk ke cwm. Moson solosinya

makasih gan HH ane kembali lagi. TOP BGT

gan, kok ndak ada file ad686g.xml maupun eg902.xml

gan itu cara upgrade only new version gimana ??

GANNNNN!!!!!!!!!!!!...
Makasih banyak gan, ente top markotop..
ane selamet buat ganti HP..
sukses caranya..
tararengkyu sekali lagi.

gan file yang di conf yang agan sebutkeun udah direname tapi ko masih tetep error?
pencerahannya gan

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan