2014/07/18

Nelson Mandela, Biografi, Fakta dan Perjalanan Hidupnya

Nelson Mandela, Biografi, Fakta dan Perjalanan Hidupnya - Google Doodle Nelson Mandela
Nelson Mandela menjadi presiden berkulit hitam pertama dari negara Afrika Selatan pada tahun 1994, dan bertugas hingga tahu 1999. Dia adalah sebuah simbol perdamaian secara global, dia juga memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian di tahun 1993.

Biografi Singkat Nelson Mandela

Nelson Mandela lahir pada tanggal 18 Juli 1918, di Mveso, Transkei, Afrika Selatan. Mandela Muda (sekitar umur 20-an), sudah ikut aktif terlibat dalam gerakan anti-apartheid, Mandela bergabung dengan Kongres Nasional Afrika pada tahun 1942.

Selama 20 tahun berikutnya, ia menyerukan kampanye damai, pembangkangan tanpa kekerasan terhadap pemerintah Afrika Selatan atas kebijakan rasisnya. Hingga akhirnya pada tahun 1993, Mandela dan Presiden Afrika Selatan FW de Klerk bersama-sama dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian atas upaya mereka untuk meng-enyah-kan sistem apartheid di negara itu.

Pada tahun 1994, Mandela dilantik sebagai presiden kulit hitam pertama Afrika Selatan. Pada tahun 2009, ulang tahun Mandela (18 Juli) dinyatakan sebagai "Mandela Day" untuk memperingati hari perdamaian dunia dan merayakan warisan pemimpin Afrika Selatan tersebut.

Mandela meninggal di rumahnya di Johannesburg pada tanggal 5 Desember 2013, pada usia 95.

Fakta-fakta lain Nelson Mandela

Nelson Mandela adalah pemimpin Kongres Nasional Afrika pada tahun 1960 sebelum ia kemudian dijatuhi hukuman penjara seumur hidup karena intrik politik.

Setelah dibebaskan dari penjara, Mandela memegang bayi cucunya dengan istrinya Winnie sisinya pada tahun 1990Setelah dibebaskan dari penjara, Mandela memegang bayi cucunya dengan istrinya Winnie sisinya pada tahun 1990

Foto Nelson Mandela saat memegang Trophi Piala Dunia di pampang di latar belakang layar ketika Presiden Brazil Dilma Rousseff dan Presiden FIFA Joseph Blatter bersama presenter melakukan drawing babak final Piala Dunia FIFA 2014, di Costa do Sauipe, Brasil, sebagai atribusi kepada Mandela.

Taburan bunga dari pengunjung di bagian bawah patung Nelson Mandela di luar Kedutaan Besar Afrika Selatan di Washington, DC, pada 6 Desember 2013
Dan tahukah anda? Ternyata banyak artis yang mempersembahkan lagunya kepada Mandela. Salah satu lagu yang paling terkenal adalah "Free Nelson Mandela" dari The Special AKA tahun 1983, yang juga dinyanyikan Elvis Costello dan sama-sama terkenal. Stevie Wonder mendedikasikan Piala Oscar 1985 untuk lagu "I Just Called to Say I Love You"-nya kepada Mandela, sampai-sampai musiknya dilarang beredar oleh South African Broadcasting Corporation.[343] Tahun 1985, album Youssou N'Dour Nelson Mandela adalah rilis pertama artis Senegal ini di Amerika Serikat. Artis-artis lain yang merilis lagu atau video sebagai penghormatan untuk Mandela meliputi Johnny Clegg, Hugh Masekela, Brenda Fassie, Beyond, Nickelback, Raffi, dan Ampie du Preez dan AB de Villiers.

Video Perjalanan Hidup Nelson Mandela


Sponsor blog ini

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan