2014/06/25

Membuat Pemendek URL dengan Domain Sendiri, Dibayar Dolar

Membuat Pemendek URL dengan Domain Sendiri, Dibayar Dolar - Url Shortener atau dalam bahasa Indonesia-nya adalah Pemendek Url, banyak digunkanan untuk memudahkan kita untuk membagikan url atau link sebuah alamat situs atau blog agara tidak terlau panjang. Contoh url shortener yang populer adalah milik Bitly.com yang hasil pemendekan url-nya biasanya ditemui dengan alamat http://bit.ly/kodeacak. Contoh lain penggunanan url shortener juga di jumpai di social network seperti twitter (http://t.co/kode) dan juga facebook (http://fb.me/kode).

Nah, kini anda juga bisa membuat pemendek url dengan domain milik anda sendiri dengan mudah dan juga bisa anda gunakan untuk menghasilkan uang dari link pendek yang anda bagikan. Tertarik dong kalau sudah menyangkut menghasilkan uang.

Dalam tutorial membuat pemendek url sendiri ini, saya menggunakan layanan pemendek url yang membayar publisher-nya. Adf.ly sudah umum digunakan oleh para blogger yang ingin mendapatkan penghasilan dari url link yang dibagikan melalui blognya.

Domain adf.ly ini rata-rata dianggap spam penyedia social networking dan jika membagikannya harus mengetik kode chapta terlebih dahulu. Hal ini tentu merepotkan. Dengan menggunakan domain milik sendiri, selain meningkatkan gengsi juga bisa menghindari tuduhan melakukan spamming dan dibatasi oleh pemberian kode chapta sebelum link di posting oleh penyedia layanan sosial yang terkadang menjengkelkan.

Untuk itu, anda harus sudah mempunyai akun Adf.ly. Silahkan daftar terlebih dulu melalui link ini. atau ikuti tutorial daftar akun Adf.ly. Jangan lupa juga siapkan juga domain yang ingin anda gunakan sebagai pemendek url. Jika anda belum punya, anda bisa mengikuti tutorial mendapatkan domain gratisan satu tahun.

Setelah anda mempuyai akun adf.ly dan sudah punya domain anda sendiri. Anda tinggal melakukan setting di control panel publisher adf.ly. Caranya:
Klik menu Tools di bagian atas, dan lanjutkan dengan memilih menu Domain di samping kiri panel. Klik menu Create / manage domains.
Setting custom domain adf.ly
Ketikkan domain yang anda siapkan sebelumnya (dengan menambahkan CNAME domain). Dalam tutorial ini, saya menggunakan domain go.xhtml.tk yang sudah saya siapkan sebelumya. Sehingga saya bisa langsung mengisi form custom domain dengan alamat tersebut. Klik tombol Add custom domain untuk melanjutkan.

Anda kini sudah mempunyai url shortener atau pemendek url dengan domain sendiri. Dan bisa anda gunakan untuk menghasilkan dollar dari link yang anda bagikan. Agar link yang dipendekkan bisa menggunakan domain yang sudah anda setting tadi secara default, pilih saja anda menu dropdown bertuliskan adf.ly dan pilih domain yang sudah anda atur tadi (dalam contoh ini: go.xhtml.tk) hingga menjadi seperti ini

Sekarang anda bisa memendek-kan url atau link anda seperti biasa, tetapi kali ini link yang dihasilkan berubah menggunakan domain milik anda, bukan milik adf.ly lagi. Keren kan? Anda bisa mencoba likn yang sudah di pendekkan berikut: http://go.xhtml.tk/1

Dengan menggunakan domain anda sendiri, tentu ada kepuasan tersendiri. Dan yang lebih penting lagi anda tidak akan dipusingkan dengan kode chapta ketika memposting link tersebut di sosial media.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan