2014/06/24

Cara Mendapatkan Domain Gratis Satu Tahun

Cara Mendapatkan Domain Gratis Satu Tahun -
Mau dong punya domain gratis sendiri? Apalagi domain gatisan tanpa harus bayar selama setahun. Kalau anda kebetulan adalah blogger veteran, pasti sudah tahu banyak soal cara mangganti alamat blog dengan domain TLD (top level domain, contoh: .id, .com, .org, dll.). Dan mungkin anda juga mesti membayar sewa domain pertahun sekian dolar atau beberapa ratus ribu rupiah. Jangan kuatir, anda juga bisa kok menggunakan domain TLD gratisan.

Selain bebas biaya, domain gratisan ini juga bisa anda gunakan juga untuk alamat pemendek url custom juga dengan mengganti CNAME record dari pengaturan DNS di control panelnya.

Penasaran kan bagaimana caranya? Untuk mendapatkan domain gratis ini anda cukup mendaftar ke registrar domain gratisan melalui link ini. Dari situ anda bisa login langsung menggunakan akun facebook atau akun google di tombol yang di sediakan.

Untuk login langsung menggunakan akun facebook atau akun google dengan mengklik tombol yang tersedia. lihat gambar berikut:
Daftar dot.tk dengan akun social networkDaftar dot.tk dengan akun social network
Atau bisa juga mendaftar melalui alamat e-mail di kolom di bawahnya seprti gambar berikut:
Daftar dot.tk dengan emailDaftar dot.tk dengan email
Saya lebih menyarankan menggunakan tombol social login (opsi pertama)

Anggap saja anda sudah login, dan sudah berada di halaman control panel anda di dot.tk.
Halaman control panel dot.tkHalaman control panel dot.tk
Yang perlu anda lakukan adalah mencari domain kesukaan anda dengan membuka menu Domain panel dan pilih menu add domain sehingga muncul halaman pencarian domain gratis. Silahkan ketik domain yang anda inginkan. Jika domain belum diklaim orang lain, anda akan mendapatkan teampilan seperti ini:
Domain gratis masih tersediaDomain gratis masih tersedia
Pilih Free Domain saja. Dan lanjutkan dengan mengisi form yang ada. Pada form Your current web address isikan alamat blogspot anda dan rubah Registration length menjadi 12 Months. Ketikkan juga kode chapta yang diberikan dan klik tombol next.
Form registrasi domain gratisForm registrasi domain gratis
Dengan anda mengklik tombol next, maka anda sudah mendapatkan domain secara GRATIS milik anda sendiri dan bisa anda gunakan sesuka hati anda.
Pemberitahuan pendaftaran domain gratis suksesPemberitahuan pendaftaran domain gratis sukses

Contoh domain yang diregistrasikan di atas bisa anda coba cek sendiri dengan mengetik langsung alamat http://contoh-domain-anda.tk/ di brower anda.


Untuk langkah lebih lanjut, anda bisa mengkonfigurasi domain milik anda dengan mengngunjungi domain panel. Untuk konfigurasi lanjutan, anda bisa mengikuti tutorial lanjutan berkaitan dengan domain di blog ini.

Bagaimana? Mudah kan mendapatkan domain TLD gratisan? Oh iya, domain gratisan semacam ini juga sebenarnya banyak. bukan hanya dot.tk saja. Tetapi dari sekian registrar domain gratisan, dot.tk yang paling mudah untuk digunakan dan lebih populer di bandingkan yang lain.

Jika ada kesulitan anda boleh bertanya di kolom komentar, tak hanya bertanya, anda juga boleh berkomentar sekedar untuk memberitahu pembaca lain bahwa anda sudah berhasil mendapatkan domain TLD anda sendiri secara GRATIS.

Sponsor blog ini

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan