2014/05/24

Software Untuk Mengambil Foto dan Video dari WebCam Gratis

Software Untuk Mengambil Foto dan Video dari WebCam Gratis - Mengambil Foto dan Video dari WebCam
Bagi pemilik laptop atau netbook yang menyertakan webcam di laptopnya mungkin tidak begitu membutuhkan software semacam ini. Meskipun begitu, pengguna baru terkadang bingung ketika mencari software untuk menyimpan foto atau merekam video dari webcam disertakan. Karena terkadang, CD atau DVD driver yang disertakan tidak menyertakan software webcam ini.

Pemilik laptop dan netbook saja kadang bingung, apalagi pemilik PC (Komputer Desktop) yang membutuhkan software untuk mengambil foto dari WebCam yang di belinya secara terpisah?. Iya, WebCam sekarang biasanya Plug n Play, tapi saya tidak berbicara driver-nya ya? Saya bicara softwarenya.

Simpan gambar dan Rekam video Webcam dg Play Camera

Sebagai alternatif, anda bisa menggunakan Software Play Camera. Dengan Software gratisan ini, Anda bisa menyimpan gambar (mengambil foto) dari WebCam yang anda punya. Tak hanya itu, Play Camera juga mampu merekam video melalui webcam.

Tampilan software ini sangat ramah pengguna, sehingga mudah digunakan oleh awam sekalipun. Ketika Play Camera dijalankan, otomatis webcam akan aktif dan langsung menampilkan gambar/video yang ada didepan webcam.

Untuk menggunakan Play Camera, tidak perlu keahlian khusus. Karena hanya terdapat 4 menu di Play Camera, yakni:

  • Open save folder, untuk mengatur dimana anda akan menyimpan video atau gambar yang di capture
  • Take Picture, menyimpan gambar yang tampil di webcam
  • Record a Video, untuk menyimpan tampilan dalam bentuk video
  • Play Camera Help, untuk membuka file bantuan/help

Dari menu tersebut, mayoritas anda akan segera tahu apa fungsi masing-masing menu. Beberapa opsi dapat anda akses dengan cara klik kanan area video atau gambar yang ada di aplikasi. Selain menyimpan foto atau video capture, software ini juga menambahkan beberapa fitur lainnya, seperti :

  • Mengatur berbagai efect video seperti brightness, contrast, hue, saturation, gamma, white balance dan lainnya.
  • Mengatur Resolusi dan perangkat yang diaktifkan termasuk perangkat audio
  • Mengatur efek video seperti Image Mode ( Horizontal mirror dan Vertical Mirror), Color ode ( Black & White, Sepia), serta Warna Red, Green dan Blue

Fiturnya software ini memang tidak banyak, tak sebanyak CyberLink YouCam, Webcam 7 Pro atau WebcamMax yang berbayar. Untuk software gratisan rasanya cukup. Aplagi bagi yang hanya memerlukan software sederhana untuk mengambil foto/video dari webcam atau untuk sekedar mengetest apakah webcam yang ada di pc atau laptop berjalan dengan baik. Anda juga tidak perlu khawatir tentang pengembang software ini, karena dikembangkan oleh Samgsung Electronic.

Untuk mencoba silahkan download dari link dibawah ini dan install di komputer atau laptop anda. Software ini dapat dijalankan dengan baik di Windows XP, Vista dan Windows 7.

Download Software Untuk Mengambil Foto dan Video dari WebCam
Selain Play Camera, ada satu lagi software webcam capture gratisan yang bisa anda coba: Webcam Capture dan CamSnap yang berukuran lebih kecil (352 KB dan 353 KB)
Play Camera 2.0.0.15 13.2 MB
CamSnap 1.0
Webcam Capture 1.6

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan