2014/03/14

Sejarah dan Asal Muasal KasKus Indonesia

Sejarah dan Asal Muasal KasKus Indonesia -

Sejarah dan Asal Muasal KasKus Indonesia
Sejarah dan Asal Muasal KasKus Indonesia

Dewasa ini, siapa yang tidak kenal KasKus yang dalunya ber-alamat di http://www.kaskus.us ini? Kaskus yang sekarang ber-alamat di http://www.kaskus.co.id dan http://www.kaskus.com ini menjadi ikon dunia internet Indonesia dengan Forum dan FJB-nya.

Tapi, Apa anda sudah tahu asal muasal dan sejarah kaskus hingga bisa sebesar sekarang? Jika anda belum tahu dan merasa penasaran dengan sejarah berdirinya kaskus, anda bisa menyimak artikel yang saya adaptasi dari opensource wikimedi milik speedy ini.

1999 Asal Muasal KASKUS


Di tahun 1999, KASKUS berawal dari sebuah tugas kuliah yang dibuat Andrew saat ia menempuh pendidikan kuliah di Seattle, Amerika Serikat. Waktu itu Andrew ditugaskan untuk membuat sebuah blog, tetapi berhubung ia tidak berminat untuk membuat blog/website pribadi, akhirnya terpikir untuk membuat sebuah portal yang berisi berita-berita tentang Indonesia.

Tidak berapa lama, Andrew mengajak beberapa temannya yaitu Budi dan Ronald yang akhirnya bersama-sama mengelola KASKUS. Nama KASKUS sendiri merupakan singkatan dari Kasak-Kusuk. Konsep sebagai portal berita ini digunakan sebagai sebuah sarana untuk mengentaskan kerinduan para mahasiswa Indonesia yang kuliah di luar negeri akan kampung halamannya.

Seiring berjalannya waktu, kedua teman Andrew yang awalnya bersama-sama menjalankan KASKUS, memutuskan untuk berhenti hingga akhirnya hanya Andrew seorang diri yang menjalankan KASKUS. KASKUS pun berkembang tidak hanya sebagai sebuah portal berita saja tetapi menjadi forum online yang digunakan para usernya.

Dengan modal awal USD 7, KASKUS pun memiliki jumlah member yang terus bertambah, terutama jumlah forum yang dibuat untuk memenuhi permintaan user. Hingga pada tahun 2008, sepupu Andrew, Ken Dean Lawadinata yang juga berkuliah di Seattle, mengajak Andrew untuk pulang ke Indonesia dan serius menjalankan KASKUS.

Tahun 2008 Kembali ke Indonesia


Tahun 2008, Andrew awalnya ragu, kemudian mencoba ikut pulang ke Indonesia dan ia pun akhirnya mau untuk menjalankan KASKUS dibawah bendera PT. Darta Media Indonesia. Pada saat kepulangan itu kebetulan sedang hangat dibicarakan UU ITE yang mengharuskan seluruh website di Indonesia bebas dari pornografi. Akhirnya KASKUS pun melakukan re-branding dengan menghilangkan Forum BB 17 dan Fight Club.

Tanggal 17 Agustus 2008 Kaskus resmi direlease kepada kalangan media (soft launch) bahwa kaskus sudah resmi beroperasi di Indonesia dan kantornya berdomisili di Jakarta di bawah naungan PT. Darta Media Indonesia. Saat itu kaskus sudah diperkenalkan dengan tampilan desain baru dan navigasi baru, tetapi masih dengan program Vbuletin.

Tanggal 3 Desember 2008 Kaskus diperkenalkan kepada kalangan bisnis (clients dan partner) dan sejak saat itu Kaskus mulai dipercaya clients2 dalam aktivasi dan engage brand dengan komunitas kaskuser.

Terhitun bulan November 2011, KASKUS sudah memiliki 3.6 juta member yang tidak hanya berdomisili dari Indonesia namun tersebar juga hingga negara lainnya. Pengguna KASKUS umumnya berasal dari kalangan remaja hingga orang dewasa. 400 forum yang ada di KASKUS pun diharapkan bisa menjadi sebuah sarana untuk user mendapatkan informasi, ilmu serta tempat dalam menyampaikan pendapat mereka, sesuai dengan dasar sebuah forum yaitu “freedom of speech".

KASKUS Radio


KASKUS Radio merupakan sebuah Radio Internet Indonesia dibawah naungan komunitas KASKUS. KASKUS radio yang biasa disingkat KR memiliki lebih dari 20 penyiar. Radio yang memutarkan lagu selama 24 jam ini juga memutarkan lagu dari berbagai bahasa, Inggris, Mandarin, Jepang, Korea, dan masih banyak lagi.

KASKUS dari tahun-ketahun


ScreenshootTampilan-Kaskus-2014-Maret-14.JPG
Tampilan halaman depan KasKus yang di Capture tanggal 14 Maret 2014

Pada bulan Agustus 2005, PC Magazine Indonesia memberikan penghargaan kepada situs KASKUS sebagai situs terbaik dan komunitas terbesar, kemudian KASKUS terpilih kembali sebagai website terbaik pilihan pembaca PC Magazine pada 2006.

Pada tanggal 23 Mei 2006 manajemen KASKUS terpaksa mengubah domain dari .com menjadi .us, karena penyebaran virus Brontok yang dibuat dengan tujuan menyerang situs-situs besar Indonesia dimana KASKUS masuk dalam target penyerangan.

Awal April 2007, manajemen KASKUS menambah 2 server baru untuk meningkatkan performance situs KASKUS (Dell Server).

Pada Juli 2008, Pengelola KASKUS akhirnya memutuskan untuk mengoperasikan server Kaskus di Indonesia. Untuk keperluan tersebut KASKUS membeli 8 server Dell Power Edge 2950 dan dioperasikan melalui jaringan open IXP. Akibat dari ini akses KASKUS berlipat ganda dan akhirnya pengelola berencana menambahkan 8 server lagi sehingga total yang akan beroperasi di bulan September adalah 16 server.

Data per September 2010, jumlah server KASKUS sudah berjumlah lebih dari 50 server karena perkembangan yang sangat pesat (pertambahan user rata-rata perhari mencapai kurang lebih 3000 orang).

Maret 2011, KASKUS mengumumkan partnership dengan PT. Global Digital Prima yang bergerak dibidang online digital. Partnership ini diharapkan dapatmembawa KASKUS menjadi sebuah website dan perusahaan yang lebih baik dan dengan pilihan berpartner dengan perusahaan lokal juga dilakukan agar tetap menjaga KASKUS menjadi website lokal yang 100% dikelola oleh generasi muda Indonesia sendiri.

Suka dengan artikel ini? Jangan lupa cendolnya gan... hehehehe....

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan