2014/03/25

Tutorial Membuat Custom ROM dengan dsiXDA Kitchen [2]

Tutorial Membuat Custom ROM dengan dsiXDA Kitchen [2] -
dsiXDA Kitchen (Android Kitchen) dioperasikan di Windows via Cygwin Terminal

Melanjutkan tutorial sebelumnya dalam Tutorial Membuat Custom ROM dengan dsiXDA Kitchen bagian satu, dalam artikel tutorial bagian kedua ini anda akan saya ajak untuk mempelajari bagaimana caranya membuat/mengkustomasi sebuah ROM standar (bisa juga custom ROM lain) sesuai dengan kebutuhan anda.


Dengan mengikuti tutorial ini anda setuju dengan DMCA dan Disclaimer di blog ini.

Tutorial Membuat Custom ROM dengan dsiXDA Kitchen [2]: Cara Menggunakan Tool dsiXDA Kitchen untuk Membuat Custom ROM


Sebelum mengkustomasi rom, pastinya anda perlu menyiapkan tempat kerja terlebih dahulu dan jangan lupa juga bahwa anda perlu menyiapkan bahan utama rom.


Bahan utama rom ini bisa ROM update OTA atau anda boleh juga menggunakan hasil backup via CWM. Atau dari flashable zip rom yang anda punyai (dari developer lain). Yang jelas, anda harus punya:

  1. boot.img (kernel)
  2. isi folder /system.

Menyiapkan Ruang Kerja dalam membuat Custom ROM.

Setelah anda siap dengan peralatan tempur dsiXDA Kitchen (baca tutorial awal) dan bahan rom (untuk latihan gunakan Stock ROM A7S dibagian Download), anda bisa melanjutkan dengan menyiapkan ruang kerja. Ikuti tutorial berikut:

Buatlah folder "WORKING_namafile" spt gambar dibawah ini. Nama awalan folder "WORKING" harus huruf besar sedangkan nama belakangnya (_namafile) terserah anda tetapi pisahkan dengan underscore (_).


Buka bahan (ROM OTA Update maupun backup Stock ROM dari CWM) yang anda miliki dan lakukan drag/drop ke dalam folder "WORKING_namafile" yg sudah anda buat.


Buka aplikasi Cygwin Terminal dan masuklah ke directory ~kitchen dengan perintah cd kitchen dan jalankan dsiXDA dengan mengetik perintah "./menu". Lihat gambar dibawah ini:


Di menu utama, ketik angka 1 dan tekan enter untuk menyiapkan ruang kerja dsiXDA Kitchen.
Di menu selanjutnya, pilih rom yang akan dijadikan base atau bahan dasar custom rom dan tekan enter.


Biarkan proses berjalan sampai anda diberi pilihan utk melihat informasi rom. Anda bisa melewatkannya, dan anda akan dibawa ke menu utama lagi. Proses yang terjadi sebelumnya dsiXDA Kitchen membuat duplikat bahan anda kedalam WORKING folder lain sebagai ruang kerja. Lokasi ruang kerja dsiXDA Kitchen anda adalah:


Sampai tahap ini, anda sudah memiliki ruang kerja yang bisa digunakan untuk membangun sebuah custom ROM buatan anda sendiri.

Mulai Membangun Custom ROM dengan dsiXDA Kitchen
Di bagian ini, saya hanya akan melakukan kustomasi sangat sederhana saja, yaitu merubah bahan dasar rom kita yang asalnya merupakan ROM Hasil back-up cwm yang masih berupa ROM odex, menjadi ROM deodex dan melakukan packing menjadi flashable zip.

Sementara untuk pilihan lainnya bisa anda explore sendiri atau akan saya lanjutkan di tutorial bagian 3 jika responnnya di kedua bagian tutorial ini bagus. Seperti yang anda lihat, menu dsiXDA Kitchen ini menyertakan menu pemberian akses root, busybox, dll.

Baiklah, setelah tempat kerja siap, tahap selanjutnya adalah mulai membangun rom baru dengan dsiXDA Kitchen. Sekarang anda akan belajar menggunakan salah satu fitur dsiXDA Kitchen, yaitu: merubah rom odex menjadi deodex. Lihat gambar dibawah:


Sebelum memproses rom odex manjadi deodex, sesuaikan dulu level API (berbeda dengan Android Version, anda bisa baca di wikipedia) dengan base rom anda. Lihat gambar dibawah ini:


Setelah pengatutannya pas, lanjutkan proses merubah rom odex anda menjadi deodex



Setelah proses selesai, anda akan dibawa kembali menuju menu. Pilih 99 untuk langsung mem-packing rom menjadi flashable-zip.


Saya sarankan anda menggunakan Lazy Mode untuk mempermudah.


Lazy Mode cocok untuk anda yang malas berurusan dengan detail-detail. Buktinya anda menggunakan tool dsiXDA Kitchen ini :)

Anda akan menemukan flashable zip di folder OUTPUT. Lihat gambar dibawah:



Sampai disini, proses di dsiXDA Kitchen uuntuk membuat rom deodex telah selesai. Tapi, flashable-zip hasil dsiXDA Kitchen tidak selalu sempurna. Anda terkadang mendapatkan pesan error saat melakukan flashing via CWM Recovery. Jadi, anda masih perlu untuk melakukan finishing agar tidak terjadi error.

Finishing Flashable-ZIP custom ROM

Di bagian finishing ini, saya membagi cara agar flashable-zip hasil output proses dsiXDA Kitchen bisa di flash menggunakan CWM Recovery dengan mulus.

Pertama, anda buka hasil output dsiXDA Kitchen (flashabel-zip) tersebut dengan WINRAR. Masuk ke folder META-INF sampai di dalam folder android. Lihat gambar. Di sinilah proses pembuatan Custom ROM mulai ribet. Anda akan mulai berurusan dengan update-binary dan updater-sript.

Saya tidak akan menjelaskan panjang lebar. Jadi saya akan lansung memberikan updater-binary pengganti yang cocok dgn CWM Recovery, beserta updater-script-nya untuk deodex ROM (lihat bagian download). Lakukan drag/drop isi file diatas dengan WINRAR dan timpa update-binary dan updater-script-nya. Ingat, jangan pernah melakukan ekstrak, cukup buka, drag/drop, dan tutup kembali. Anda bisa bereksperimen dengan updater-script via notepad++



Selamat!! Anda telah menyelesaikan tutorial singkat ini. Untuk pengembangan selanjutnya, saya harap anda tidak meminta tutor tambahan. Tetapi, sekali lagi, saya akan melanjutkan ke bagian ketiga tutorial ini jika respon-nya bagus. Rencana saya, di pembahasan selanjutnya saya akan mebahas tentang Membuat Custom ROM Sederhana dan Cara Meng-edit File "updater-script" dan Tutorial Memporting ROM dengan dsiXDA Kitchen.

Dengan kustomasi ini, maka anda bisa di sebut sebagai developer android. Tetapi, saya ingatkan, bahwa baik atau buruknya sebuah custom ROM anda-lah yang menentukan. Kreatifitas dan ide-ide anda sendiri yang bisa membuat anda menjadi developer yang baik. Dan jangan lupa juga bahwa anda bertanggung jawab atas Custom ROM yang anda buat.

Usahakan melakukan ujicoba mandiri terlebih dahulu sebelum mempublikasikannya untuk uumum. Berikan juga respek kepada developer lain yang hasil karyanya anda gunakan sebagai bahan untuk membuat custom ROM anda. Bahan di sini bisa berupa tutorial, script, aplikasi, base rom, hingga kernel yang anda gunakan.

Resource Tutorial Membuat Custom ROM dengan dsiXDA Kitchen [1]

2 komentar

Gan, waktu saya tulis /menu di cygwin, keluar tulisan ini: bash:/menu No such file or directory, salah apanya ya... tolong reply gan, ASAP.

kalau dari komen agan sepertinya kurang tanda titik [.] sebelum garis-miring [/]

coba perhatikan lagi => ./menu

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan