2013/12/28

Mem-backup Full Image ROM Cross A28 dengan Roadkill

Mem-backup Full Image ROM Cross A28 dengan Roadkill -

Mem-backup Full Image ROM Cross A28 dengan Roadkill
Software untuk memback-up ROM Bawaan Cross A28

Tutorial Mem-backup Full Image ROM Cross A28 dengan Roadkill ini adalah tutorial tambahan untuk artikel Rooting Cross A28 sebelumnya. Saya baru sempat menulis setelah agak lama vakum nge-blog.

Ingat! Anda harus sangat berhati-hati ketika melakukan Back-up dengan tutorial ini, Karena saya tidak bertanggung jawab terhadap kerusakan pada Cross A28 Anda. Usahakan agar teliti langkah demi langkahnya.

Jika anda melakukan backup setelah melakukan rooting, hasilnya nanti tidak ROM Original yang 'murni'. Tetapi ROM Original-nya sudah kondisi ROOTED. Namun, kalau urutannya dibalik (memback-up dengan software Roadkill dulu sebelum melakukan rooting) anda akan mendapatkan ROM Original 'murni' alias PRE-ROOTED.

Ini berguna jika suatu saat anda ingin menjual kembali Cross A28 anda, anda bisa mengembalikan Cross A28 seperti ketika baru saja dibeli.

Untuk melakukan back-up full image Cross A28, anda bisa langsung mengikuti tutorial di bawah langkah demi langkah. Tetapi, saya sarankan untuk mencharge hape anda minimal 80% (tidak harus juga sih..)

Siapkan dulu alat dan bahannya:
  • Handphone Cross A28 anda (tentu saja)
  • Kabel data micro USB bawaan, (atau bisa juga milik Nokia atau Samsung).
  • Driver Qualcomm-HS-USB diagnostic 9006 (silahkan download di sini), Install.
  • Software Roadkill DiskImage (download juga di sini), anda tidak perlu meng-install-nya, cukup buat shortcut di desktop.
Setelah semua siap, berikut tutorial back up-nya:
  • Matikan Cross A28 anda, dan cabut baterai untuk memastikan bahwa Cross A28 anda benar-benar mati.
  • Pasang kembali dengan cara menekan tombol volume down dan volume up bersamaan jangan lepaskan, baru tekan tombol power hingga cross a28 bergetar sekali. Tunggu kira-kira 5 detik (untuk memastikan hitung pelan sampai sepuluh dalam hati). Cross A28 saat ini dalam keadaan FASTBOOT
  • Tancapkan Cross A28 ke komputer, laptop anda menggunakan kabel micro usb.
  • Komputer/laptop anda akan mendeteksi Cross A28 dan meng-install driver secara otomatis. Biasanya akan muncul notifikasi, iya-kan saja (continue install anyway)
  • Selanjutnya, jika driver Qualcomm-HS-USB diagnostic 9006 sudah terinstall dengan baik akan muncul notifikasi untuk memformat seperti gambar di bawah karena Cross A28 anda dideteksi sebagai Flash memori (memori microsd adalah salah satu jenis flash memori) PILIH CANCEL.
      roadkil cross a28 notifikasi format
    INGAT, jangan sampai anda memilih Format Disk, Kecuali anda ingin Cross A28 anda masuk tong sampah
  • Berikutnya, buka program roadkill yang sudah anda download sebelumnya, melalui shortcut yang sudah anda buat di desktop.
  • Pilih menu Store image karena kali ini anda akan mem-back-up. Jangan sampai salah memilih menu Write Image
  • Saat ini anda perlu memilih drive mana yang anda back-up. klik pada dropdown menu pada pilihan Read Image dan pilih drive yang kapasitasnya sekitar 3 Gb (Cross A28 saya mempunyai kapasitas 3.64 GB). Biasanya Physical Disk 1 (3.64 GB) jika komputer anda hanya mempunyai 1 Hardisk.
    Tetapi akan lain jika anda mempunya 2 Hardisk atau lebih dalam komputer anda sehingga tampak seperti gambar di atas. Kebetulan saya memnggunakan 2 Hardisk sehingga nampak sebagai Physical Disk 2 (3.64 GB)
  • Lajutkan dengan memilih menu Browse dan berikan nama file image anda seperti dibawah:
    Jika sudah klik Save
  • Lanjutkan dengan klik tombol Start untuk memulai proses back-up full image ROM Cross A28 anda.
  • Tunggu Proses Back-up ROM Original anda yang sedang berlangsung, bersabarlah karena akan memamakan waktu sekitar 10-20 menit tergantung kecepatan komputer anda
  • Jika proses berlangsung lancar maka anda akan melihat notifikasi Image Created Succesfully sepeti ini
    Klik OK dan tutup Roadkill

Silahkan cek file back-up yang berupa file dengan ekstensi .img. Hsilnya seperti dibawah ini:
Selamat ya... Anda kini bisa tenang dalam meng-oprek Android Pocin A28 Anda karena sudah mempunyai Back-up Stock ROM A28 yang bisa anda gunakan untuk me-restore jika suatu saat Pocin tersayang anda mengalami SESUATU :)

Jangan lupa tinggalkan komentar, atau pertanyaan kalau masih ada yang kurang jelas. Ohya, saya sudah memback-up 4 buah android Cross A28 yang berbeda dengan Roadkill dan merestore-nya dengan sukses. Jadi tool ini aman digunakan jika anda berhati-hati dalam menggunakan.

14 komentar

Ijin copas gan
https://drive.google.com/?urp=http://baihaqi7.wordpress.com/2013/12/11/akses-roo&authuser=0#folders/0B8WzdTsq60C1X1R6eDNTQ0lnSmc

izin share juga gan di grup ane https://www.facebook.com/groups/,... trims

gan Minta file backup cross A28 yang orisinil ini gan !
tolong di upload ya !

maaf, sudah tidak pegang ponsel ini lagi. pernah upload, tapi lupa di mana dan akun yang mana. nanti kalau ketemu saya update di postingan.

Cara merestorenya pake tools itu lg Kan gan maaf newbie

Untuk restore gunakan tool yang sama, tetapi pada langkah Store Image pindah tab Write Image dan pilih file hasil backup anda sebelumnya.

gan punya backup img cross a28 gak , lagi butuh saya. makasih

cara ini bisa buat esia max d cyrus evdo1000?

Wah.. duh.. Gimana ya gan jawabnya? Saya share ini untuk cross A28 gan. Kalau untuk ponsel lain yang agan sebut belum pernah pegang. Jadi tidak bisa memastikan.

Tetapi, prinsipnya sih asal bisa masuk mode diagnostik (terdeteksi sebagai Qualcomm-HS-USB diagnostic 9006) secara teori sih bisa. Tapi saya tidak berani memastikan ya gan.. Ma'af :-s

klo restore hp sejenis yg bootloop tp dgn beda imei, apa aman gan?? yg dibackup full biasanya imeinya ngikut???

IMEI ngikut gan.

Kalau membaca keterangan agan jadi semacam kloning hape.

I have Alcatel 7053E (X1) i read backup from it! is it safe to restore it to another same model phone with this tool? has anybody test test this method yet?

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan