2013/11/03

Flashing Firmware Axioo Picopad 7 GGD 2G

Flashing Firmware Axioo Picopad 7 GGD 2G -

PICOpadGGDwhite1-800x800.jpg
Sebelum saya jelaskan caranya, perhatikan curhat saya dulu! Ini penting, sekaligus agar anda paham resiko yang akan anda tanggung [bukan saya]. Saya mengerjakan Axioo Picopad 7 GGD 2G ini selama seminggu dalam proses mencoba beberapa firmware mencari lagi hingga hampir putus asa. Permasalahan awalnya sebearnya cukup sederhana, kamera bisa dibuka tetapi tidak bisa menyimpan dengan peringatan memori penuh. Saya kira ini adalah hal yang sederhana. jadi saya coba fixing dengan menambahkan modul kamera kedalam sistem melalui ADB dan memberikan permision dan bla..bla.. bla..

Masalah muncul, pada saat saya me-reboot Picoppad GGD ini. Apa yang terjadi? Bootlock, alias stuck di gambar logo Axioo. Untungnya masih bisa masuk recovery. Saya coba hapus [wipe] data atau factory reset. Hasilnya sama saja. akhirnya saya coba dengan melakukan flashing Custom ROM Cyanogen Mod 10. Tapi sebelumnya saya mengalami kerepotan karena harus menginstall cwm recovery dengan kondisi tablet tidak mau masuk ke sistem. Jadi saya instal dengan mode reovery. Bisa, dan sayapun bisa melakukan flashing Custom ROM CM 10 dari XDA. masalah muncul lagi, bahkan lebih parah dari sebelumnya: Touchscreen tidak merespon ketika disentuh.
Memang di treath XDA itu ada panduan untuk fixing TS dan lainnya. Tapi tak satupun yang berhasil. Saya juga mencoba Mem-Flashing Compatible Allwinner A 13 Custom ROM FastJB dari toxcicro menggunakan dengan Live Suit dengan harapan fixing TS yang disertakan bisa membantu. Tetapi, setelah semua di coba hasilnya tetap nihil. Di situ saya coba berbagai cara yang disarankan. Blusukan ke forum-forum android lokal seperti Kaskus dan Forum Djawir, Techknow XDA dan satu dua Forum Android di China. Hampir putus asa, saya putuskan untuk menghilangkan suntuk dengan Ngopi + Nonton Bola dan sebungkus rokok....

Browsing lagi, mentok lagi, browsing lagi mentok lagi... Akhirnya dengan rasa penasaran, saya buka casing belakang Picopad GGD untuk melihat barangkali ada petunjuk, padahal masih garansi. Saya lihat di bagian board-nya ada tulisan begini "F761G-MAINBOARD-V3.0.0" jegerrr...

F761G-MAINBOARD-V3.0.0-FOTO.jpg

Tulisan tipe mainboard inilah yang saya gunakan sebagai kata kunci di Google. Ketemu link Devhost paling atas. Download. Selesai curhatnya.

Step by Step Flashing Axioo Picopad GGD 2G


Dengan Mengikuti Tutorial ini anda setuju dengan Disclaimer

Sebelum memulai, anda persiapkan dulu apa yang di perlukan berikut ini:
  1. Software Livesuit untuk flashing firmware dari sini.
  2. Firmware untuk board F761G V3.0.0 GSL1680 disini.
  3. Dan tentu saja kabel usb dan tablet Axioo Picopad 7 GGD 2G milik anda.

Tutorial dan proses flashing ini sebenarnya sudah sangat banyak di google. Anda bisa mencari dengan kata kunci Flashing with Livesuit di google. Untuk Tutorial Flashing Firmware Picopad GGD kali ini saya menggunakan Live Suit versi 1.11.

Untuk melakukan Flashing dengan Livesuit, Pastikan bahwa tablet Picopad 7 anda sudah benar-benar mati.
Kemudian buka software flashing Livesuit yang sudah anda install sebelumnya jika muncul pemberitahuan "wether or not enter upgrade guide" seperti gambar diatas pilih saja "NO".
Di panel selanjutnya, Pilih Select Image dan arahkan ke lokasi dimana anda tadi menyimpan file .img yang sudah anda ektrak dari file F761G V3.0.0 GSL1680.rar yang anda download sebelumnya. Klik "OK"
Selnjutnya, ambil Tablet Picopad 7 GGD anda yang dalam keadaan mati, dan tekan secara bersamaan tombol volume - dan + dan jangan dilepas.

Tancapkan ke kabel usb yang terhubung dengan komputer. Dalam keadaan tetap ditekan, pencet-pencet tombol power ber-ulang-ulang setidaknya sampai ada bunyi atau tanda komputer mendeteksi device baru. Dalam kasus saya, 5 kali.

Jika komputer sudah mendeteksi Tablet Axioo picopad 7 anda, Live suit akan segera memulai proses flashing.
Tugnggu hingga Selesai atau 100%.
Flasing pun selesai. Tapi masih ada masalah lanjutan, Kamera menutup sendiri ketika dijalankan.

Untuk memperbaikinya, saya bahas tersendiri di artikel lain untuk Axioo Picopad GGD 2G ini.
Hasil Flashing akan berbahasa China karena memang dapat Firmware aslinya didapatkan dari back-up nya orang China. Di GFoto di bawah anda bisa melihat lokasi untuk mengganti agar Android Bahasa China menjadi Bahasa Indonesia


7 komentar

maaf gan mau nanya nih..
setelah diflash pake F761G V3.0.0 GSL1680.img .... touchscreen, camera, wifi.... berfungsi semua gak..?

soalnya mau flashing juga masih ragu2..

Touchscreen, G-sensor, dan Wi-ifi berfungsi dengan baik menggunakan Firmware ini. Kecuali kamera yang force close.

cara mengatsi kamera yang force close gimana bro......?

gan saya pake windowsXP livesuit na gak bisa di instal sih .. kenapa gan.. minta solusinya..

hasile cuma ANDROID doang gan,,gimana yaa???

gan kok touchscreannya gak berfungsi ya ? kira kira kenapa itu ?

Axioo PICOPAD 7 GGA Orange cara msuk recovery modenya gimana min.. mohon pencerahanya

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan