2013/10/29

Upgrade ICS 4.0.4 Sony Xperia Sola MT27i Official Firmware

Upgrade ICS 4.0.4 Sony Xperia Sola MT27i Official Firmware - Beberapa hari yang lalu, saya dihubungi "teman" yang mempunyai ponsel Sony Xperia Sola MT27i. Sistem operasinya masih standar: Gingerbread, tanpa root, tanpa custom recovery, dan belum unlock bootloader juga. Katanya ingin memcicipi Aplikasi BBM for Android yang sekarang sedang mewabah. Tutorial Upgrade ke ICS 4.0.4 ini adalah hasil dari pengalaman saya membantu "teman" tersebut. Ohya, tutorial ini hanya berlaku untuk Smartphone Android Sony Xperia Sola MT27i.

Xperia-Sola-IcecreamSanwich-Stock-404-ICS.jpg

Jika anda gunakan untuk Handheld Sony Xperia P atau Xperia U atau perangkat lainnya bisa berakibat fatal. Resiko terparah adalah Hardbrick.

Saya memilih menggunakan Firmware Stock resmi milik Sony Xperia Sola ini karena saya juga eman karena Ponselnya masih perawan :D. Lihat perbedaan sebelum dan sesudah Upgrade:



Sebelum melakukan Upgrade Firmware, sebaiknya anda persiapkan terlebih dulu hal-hal berikut dengan baik:

Men-charge Handheld Anda setidaknya 70%-80% sehingga proses flashing tidak terganggu nantinya.
Simpan semua data Anda yang berada di memori internal (termasuk kontak, pesan singkat (SMS atau MMS), log panggilan, dll). Data yang ada di Sony Xperia Sola MT27i Anda akan hilang setelah melakukan flashing firmware (tidak termasuk penyimpanan eksternal).
Nonaktifkan sementara Antivirus yang terinstal pada PC Anda.

Upgrade Sony Xperia Sola MT27i ke Android 4.0.4 ICS


Ingat ini, saya tidak bersedia bertanggung jawab terhadap resiko kerusakan Ponsel Xperia anda, karena yang melakukan flashing adalah anda. Dan saya tidak tahu apa saja yang anda pernuat dengan ponsel anda disana :) jadi, DO WITH YOUR OWN RISK. OK? setelah anda setuju silahkan simak langkah-langkah untuk melakukan Upgrade Sony Xperia Sola MT27i ke Android 4.0.4 ICS dengan Original/Stock Firmware (6.1.1.B.1.54) ini dengan hati-hati:

Ambil Aplikasi Xperia Flashtool. Tool inilah yang akan kita gunakan untuk flashing firmware. Download juga paket firmware Xperia Sola MT27i Android 4.0.4 ICS (6.1.1.B.1.54) dan simpan di folder yang bisa anda ingat. Lokasinya terserah.


Update Mei 2016: Tutor ini dibuat th. 2013 menggunakan version 0.9.10.0, link flashtol kebetulan sudah koid. Jadi saya ganti dengan version terbaru saat ini: Flashtool Full edition (0.9.21.0)
Instal Flashtool yang tadi anda download ke komputer/laptop Anda. Biar lebih nyaman, install saja di drive C:\.

Setelah selesai, buka folder C:\Flashtool\Firmwares dan hapus semua data yang ada di folder tersebut (itu kalau ada).

Selanjutnya, pindahkan file Stock Firmware Xperia Sola MT27i (nama filenya MT27i_6.1.1.B.1.54_Global.ftf) di direktori yang disebutkan di atas.

Buka Aplikasi Xperia Flashtool. Pilih opsi Flash (lihat logo petir berwarna hitam) di sudut kiri atas dari aplikasi (Lihat gambar di bawah).



Xperia Flashtool akan meminta Anda untuk memilih Flashmode atau mode Fastboot. Pilih yang Flashmode kemudian klik OK.

Update sony xperia sola MT27i officiall android 4.0.4 ics firmware (6.1.1.b.1.541)

Pada tampilan berikutnya, jendela pilihan Firmware akan muncul. Di bagian kiri, pilih MT27i (versi 6.1.1.B.1.54).


Di panel bagian kanan Xperia Flashtool, centang hanya pada 4 opsi saja (Ingat! Jangan centang pilihan lain selain 4 opsi seperti di bawah) yakni:


1. Wipe Data.
2. Wipe Cache .
3. Wipe App Log.
4. No Final Verification.

Update Sony Xperia Sola MT27i Official Android 4.0.4 ICS Firmware (6.1.1.b.1.541).
Tekan OK dan tunggu. Flashtool akan mempersiapkan instalasi firmware-nya.

Xperia Flashtool akan meminta Anda untuk menghubungkan ponsel Anda. Tetapi, sebelum Anda menghubungkan ponsel Anda ke komputer, masuk dulu ke Flashmode. Caranya, matikan ponsel sampai benar-benar mati (untuk memastikan, tunggu sekitar 1 menit). Dengan memegang tombol Volume bawah (-), baru colok-kan ke PC. Jika dilakukan dengan benar, Anda akan melihat LED menyala hijau.

Setelah terkoneksi dengan komputer, proses flashing akan berjalan. Proses instalasi firmware Xperia ICS ini mungkin akan mandeg di sekitar 93%, tapi jangan panik, ini hal yang normal. Biasanya akan berlangsung kira-kira 20-30 detik dan tidak lebih dari itu.

Jika prosesnya lancar, Flashtool akan memberi pesan bahwa proses flashing sudah selesai. Anda bisa mencabut ponsel Anda dari PC dan silahkan tunggu sampai Xperia anda selesai reboot. Mungkin akan memakan waktu yang agak lama, jadi sabar saja.


Taraaa...! Firmware Android 4.0.4 ICS berhasil terinstal pada Sony Xperia Sola MT27i anda. Jika Anda masih belum mengerti, silahkan ajukan pertanyaan dalam komentar.

6 komentar

oya mas, file yang di download hanya 2 itu aja nih ? gk ada file yang lainnya ? brrti pas mau flash gk butuh driver buat sony xperiannya buat pas nancep d PCnya donk ?

Driver seharusnya terdeteksi otomatis saat ponsel di tancapkan ke komputer setelah flashtool terpasang.

PC/Laptop-nya pakai OS Windows apa (berapa) gan?

setelah flash kartu sim malah tidak dikenali. ini gimana gan, tolong.!

Tidak ada hubungannya flashing firmware dengan hardware. Kartu sim tidak di kenali = ada masalah di kartu sim atau slot kartu sim. Silahkan coba dengan kartu lainnya. Atau bersihkan dengan penghapus bagian kuning kartu sim.

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan