2013/10/03

Setting Android Devices Manager [ADM] Sebagai Alat Anti Maling

Setting Android Devices Manager [ADM] Sebagai Alat Anti Maling -

ADM-Android-Device-Manager.jpg
Ketika anda "kemalingan" smartphone Android, saya yakin anda akan panik. Apalagi jika ponsel android yang dicuri termasuk ponsel android yang high-end. Masalah sebenarnya bukan terletak pada harganya (menurut saya) tetapi pada keamanan data-data pribadi yang tersimpan dalam ponsel canggih ini. Tentu anda akan sangat kuatir data pribadi anda disalahgunakan jika Smartphone anda dicuri dan Anda tidak mengambil tindakan pencegahan yang tepat sebelumnya untuk melindungi data Anda dari tangan si maling, misalnya dengan menggunakan enkripsi data.

Atau mungkin saja anda hanya "lupa" menaruh ponsel anda dimana, anda mungkin bingung dalam mencari ponsel Android Anda. mungkin anda bisa menggunakan metode "miscall" terlebih dulu. nah kalau anda sedang sendiri dalam kamar dan tidak ada orang lain di rumah yang bisa dimintai tolong untuk miscall bagaimana?

Untuk saat ini, banyak software atau aplikasi yang bisa me-remote android dengan settingan tertentu yang bisa membantu Anda dalam kedua kasus diatas, baik yang berfungsi mengetahui lokasi ponsel Anda atau bahkan hingga menghapus semua data di dalamnya sehingga "sang maling hape" tidak dapat mengakses data dan menggunakannya secara ilegal.

Sebelumnya, Anda mungkin harus bergantung pada aplikasi pihak ketiga yang sebagian besar berbayar alias beli untuk Melacak Ponsel Android Yang Hilang. Tapi jangan kuatir, Google baru-baru ini (pertengahan September) meluncurkan layanan yang bernama Android Device Manager. Ini adalah layanan built-in yang gratis. Android Device Manager memberikan anda akses untuk me-remote ponsel android anda, asalkan ponsel Anda mendukung fitur Android Device Manager.

Simak panduan bagaimana Anda dapat men-setting Android Devices Manager sebagai Alat Anti Maling.

Seting Android Device Manager di Smartphone


Yang perlu anda lakukan pertama kali adalah memeriksa smartphone Anda, apakah fitur Android Device Manager tersebut tersedia atau tidak.

Untuk melakukannya, buka menu Pengaturan [settings] dan masuklah ke menu Keamanan [security].
Cari Administrasi Perangkat [device administration] dan pilih pada Administrator Perangkat [device administrator].
Jika Anda melihat Pengelola Perangkat Android [Android Device Manager], maka smartphone android anda mendukung layanan ini.
Centang kotak pilihan untuk mengaktifkan fitur Android Device Manager tersebut.
Ketika ada dialog permintaan izin yang muncul, Anda harus menerimanya dengan mengklik Aktifkan [activate].

Jika Anda kesulitan menemukan menu Pengaturan [settings]
Anda bisa mencari Setelan Google dari Launcher dan membukanya.
Cari menu Pengelola Perangkat Android [Android Device Manager] dan centang kedua opsi yang ada.
Ketika ada dialog permintaan izin yang muncul, lanjutkan dengan mengklik Aktifkan

Meremote Android Device Manager dari Google

Setelah fitur Android Device Manager di ponsel Anda telah aktif, sekarang anda bisa mengatur settingan Anti Maling buatan google ini dengan membuka halaman Pengelola Perangkat Android. Syaratnya, anda harus dalam keaadaan login ke akun Google anda yang anda gunakan untuk login di smartphone android anda.

Dalam halaman pengaturan "anti maling" ini, akan terlihat sebuah peta dan sebuah kotak berisi informasi Ponsel android yang terhubung. Dan gadget yang terhubung dengan akun google anda. Dari halaman pengaturan ini, terdapat informasi dan pilihan yang bisa anda lakukan terhadap Smartphone Android yang hilang, diantaranya :

Lokasi telepon saat ini. Untuk fitur ini saya mengalami kendala, meskipun fitur GPS di ponsel sudah saya aktifkan. Ternyata saya harus mengaktifkan juga izin akses untuk akses lokasi di pengaturan google [ Google Settings > Lokasi > [Pelaporan Lokasi dan Riwayat Lokasi] ]
Deringkan [Ring] fitur ini untuk membuat perangkat berdering selama lima menit pada volume penuh. Ketika fitur ini anda pilih, untuk menghentikan deringan tekan tombol power.
Hapus [Erase] Menghapus Perangkat untuk melakukan reset ke setelan bawaan yang akan menghapus data di telepon tanpa peringatan [termasuk di sdcard].

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan