2013/10/14

Mengatasi Masalah Kapasitas Memori Penuh di Android Jitu dan Lengkap

Mengatasi Masalah Kapasitas Memori Penuh di Android Jitu dan Lengkap - Masalah-Kapasitas-Memori-Penuh.jpg
Jika Anda memiliki smartphone dengan sistem operasi android, yang pernah mengalami secara tidak sadar memori yang ada di smartphone Anda tiba-tiba kapasitas memori menjadi penuh? Sehingga muncul peringatan "Memori Penuh" atau ... insufficient space ... padahal Memori Internal (Data ) maupun External (SDcard) masih banyak ruang yang kosong-melompong.

Catatan: Memori yang di maksud di sini adalah kapasitas storage, bukan RAM

Banyak sekali pengguna Smartphone Android yang menanyakan hal tersebut di sosmed (facebook dan twitter bahkan di forum). Anda beruntung karena ada disini, karena dibawah ini akan Saya jelaskan secara detail penyebab dan solusi untuk mengatasi problem memori penuh pada android.

1. Perhatikan Cache Anda dan Bersihkan Secara Berkala.

Cache selalu ada di Android, karena dengan adanya Cache mempercepat Android lsaat membuka aplikasi yang sama yang pernah dibuka sebelumnya. Masalahnya, hal positif ini menjadi sesuatu yang negatif jika file cache terlalu menumpuk. Akibatnya akan menyita kapasitas memori Android anda. Solusinya, anda mesti secara berkala membersihkan file-file-cache ersecbut. Untuk itu anda perlu aplikasi untuk membersihkan file cache tersebut. Anda bisa menggunakan:
App 2 SD atau Link2SD. Dengan dua aplikasi ini Anda dapat menghapus Cache yang ada pada waktu pertama kali membuka aplikasi ini secara manual. Beda dari App 2 SD dan Link2SD adalah Link2SD memerlukan izin super user sehingga bisa digunakan di Android yang sudah di Root-ing. Apa itu Rooting dan fungsinya bisa anda baca di artikel Perbedaan dari Rooting dan Unlock Bootloader
Cache Cleaner. Keunggulan aplikasi ini dibanding dengan aplikasi sebelumnya adalah Anda dapat menyetel jarak waktu secara otomatis untuk menghapus file-file Cache yang telah menumpuk di memori internal.

Cari File Selain Aplikasi dan Game Anda, Pindahkan ke External Memory / SDcard

Untuk mengetahui seberapa banyak file diluar aplikasi maupun game, maka bukalah Setting lalu cari Storage. Jika smartphone Android Anda Jelly Bean dan memiliki sdcard, maka usahakan untuk memindah file-file tersebut dari internal memori ke sdcard dengan jalan pilih transfer data to sdcard. Jika masih Ice Cream Sandwich maka pindahkan file-file tersebut secara manual lewat File Explorer/File Manager.

Selalu Cek File Aplikasi dan Game Anda, Pindah ke SDcard / External Memory

Pakailah aplikasi Link2SD atau App 2 SD, yang dapat Anda download di Playsore, untuk memindahkan file-file tersebut secara aman. Untuk Ice Cream Sandwich dapat dipindahkan ke sd card, jika sudah Jelly Bean dapat dipindahkan antar internal memori yang telah dipartisi. Untuk mempartisi SDcard, anda bisa menggunakan Tutorial Meningkatkan Kapasitas Memori Internal Android

Kontrol Browser Google Chrome Atau Browser yang Lain!
Bila Anda memakai chrome atau browser lain dalam jangka waktu yang lama, maka semakin banyak sekali File Cache dan Data yang mengendap. Agar lebih efektif dan efisien, lakukan penghapusan dengan cara masuk ke opsi setting di chrome, lanjutkan ke Privacy, kemudian Clear browsing data, dalam menu ini ada beberapa opsi untuk memilih apa saja yang ingin Anda hapus.

Bersihkan Folder dan File Sampah Anda!

Setiap Anda meng-uninstall sebuah aplikasi maupun game, biasanya selalu meninggalkan file data ataupun folder yang tidak berguna, yang beberapa diantaranya berisi file yang tidak berguna lagi. Jadi tidak masalah untuk membersihkannya. Anda tidak perlu kuatir, karena ada banyak aplikasi yang dapat mencarinya secara otomatis, supaya anda tidak salah hapus. Aplikasi yang saya rekomendasikan adalah Clean Master. Dengan aplikasi ini Anda dapat memilih clear junk files untuk membersihkan file-file sampah tersebut.

Cek Folder "lost.dir" di Memory Internal dan External Anda

Pada bagian terakhir ini sering luput dari para user android untuk dibersihkan dari memori. Menurut pengalaman Saya sendiri, juga folder lost.dir ini sering kali terlupakan. Kadang, 5 Bagian sebelumnya sudah dilakukan tetapi tetap saja memori penuh. Setelah dan mengecek ukuran folder-folder di memory kapasitas folder lost.dir ini besar sekali, saya hapus saja. Untuk melakukan ini, masuk ke Setting lalu pilih Storage, cari Misc, lalu disitu ada folder lost.dir, pilih lalu delete. Dan memory yang full sebelumnya menjadi lebih lega.

Jika Anda telah mengecek dan melaksanakan semua instruksi untuk mengatasi masalah kapasitas memori penuh di atas, Saya yakin ruang kosong di memori Anda akan lebih lega dari sebelumnya. Berikan komentar anda, dan jika masih tidak menyelesaikan masalah Anda bisa mengajukan pertanyaan anda.

6 komentar

Misc files besar tp mau dihapus diklik ga ada yg keluar
Gmana cara hapusnya ya ? Mhn info n saran. Makasih

udah dicoba semuanya, tapi tetep gabisa... gimana dong?

sudah dicoba semua yg disarankan tetap saja begitu, mohon sarannya ya:) trmks

Internal advan s35h saya 200an mb padahal spek aslinya500mb

Ane internal 8gb ane pake sony aqua m4 knp ya ga instal aplikasi berlebih, tapi kapasitas full aplikasi aja hampir 3,8gb padahal standar game ga ada malah

saya hp lenovo a6000. memory hp 16 gb. tapi full karena Misc files besar hampir 10 gb. sudah coba dihapus diklik tetep file misc tidak berubah. sisa memory tinggal 4 kb. sms masuk pun tidak bisa karena memory tidak mencukupi.
Gmana cara hapusnya ya ???? Mhn info n saran. Makasih

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan