2013/10/29

Arti dan Fungsi Superuser [SU] dan Aplikasi-nya

Arti dan Fungsi Superuser [SU] dan Aplikasi-nya -

Superuser-Fungsi-Definisi-Aplikasi.jpg
Apabila anda terbiasa melakukan root-ing smartphone android, pasti tidak asing lagi dengan istilah superuser. Bagi yang belum tahu, mungkin akan bertanya: "apa sih superuser itu?" dan apa "fungsi superuser?". Di artikel ini Komputechno akan memberikan sedikit penjelasan tentang arti superuser di android dan fungsi aplikasi superuser [SU] beserta perbedaan keduanya.

Arti [Definisi] dan Fungsi Superuser di Android


Android sendiri adalah sistem operasi yang dikembangkan berdasarkan linux OS, sehingga proses dan perintahnya juga tidak jauh beda dengan linux. Karena itulah jika pada linux anda mendapatkan istilah "root" dan "sudo/superuser do", maka pada android anda akan mendapatkan istilah yang sama. Jika anda terbiasa menggunkan Windows OS, tentu anda tahu istilah Administrator, tingkatan-nya sama.

Nah, Superuser adalah istilah untuk "hak/kewenangan agar user biasa dapat bertingkah seperti super user (sudo [super user do]) sehingga user biasa yang diberikan hak dapat leluasa mengontrol sistem". Mudahnya, seorang user biasa dikatakan menjadi SU ketika dia bisa mengubah konfigurasi sistem yang seharusnya merupakan kewenangan ROOT atau Superuser.

Fungsi Aplikasi Superuser


Superuser sejatinya adalah "jenis kewenangan". Sedangkan di Android, Superuser lebih dikenal sebagai "nama" dari aplikasi". Hal ini tidak sepenuhnya salah, tetapi sebenarnya Aplikasi Superuser sendiri lebih merupakan alat untuk mengontrol pemberian kewenangan superuser kepada aplikasi atau user biasa yang meminta hak/atau kewenangan sebagai "root" atau "superuser do"

Aplikasi Superuser di android

Di OS android, Applikasi superuser tidak hanya Superuser tetapi ada beberapa alternatif lain karena aplikasi jenis ini hanya berfungsi sebagai pengontrol pemberian kewenangan superuser.

Aplikasi-SuperSU.jpgAplikasi-Superuser.jpg

Dari beberapa aplikasi jenis ini ada beberapa yang populer, dan banyak digunakan oleh pengguna android. semisal SuperSU dan Superuser. Bahkan aplikasi yang bernama Superuser pun bisa jadi dibuat oleh developer yang berbeda dengan interface (tampilan) yang berbeda. Sebagai sebuah aplikasi, tentu bisa saja anda menggonta ganti aplikasi super user sesuai keinginan.

Aplikasi superuser ini ketika memberikan kewenangan juga membutuhkan "file yang lain" yang berupa aplikasi biner, jika anda tidak paham, anda tentu tahu file yang berakhiran exe di windows :). File biner yang meneksekusi pemberian hak akses ini adalah file dengan nama "su" yang biasanya berada di direktori (folder) /system/sbin/ atau /system/xbin/ di sisipkan pada saat proses root-ing.

Baca: Untuk mengatasi SuperSU gagal update binary di kategori Update-SuperSU

Anda lebih tahu dan ingin mengkoreksi artikel saya ini? tulis saja di kolom komentar. Atau anda masih bingung? baca di wikipedia saja :) itu lebih baik meski bertanya di kolom komentar juga tidak saya larang :D

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan