2013/09/04

Galaxy Note III, Android Pertama dengan RAM 3 GB [ Full Review ]

Galaxy Note III, Android Pertama dengan RAM 3 GB [ Full Review ] -

Galaxy-Note-III.jpg

Samsung secara resmi memperkenalkan generasi terbaru Galaxy Note dalam event Unpacked 2013 yang berlangsung di Berlin, Jerman.

Smartphone jumbo atau yang biasa dijuluki sebagai phablet ini diberi label Galaxy Note III dan memiliki sejumlah fitur unggulan, di antaranya spesifikasi yang terbilang dahsyat.

Galaxy Note 3 memakai prosesor quad core Snapdragon 2,3 GHz dan RAM 3 GB. Samsung menyatakan Note III adalah smartphone pertama yang mengusung RAM setinggi itu. Prosesornya juga terbilang paling garang di atas kertas dibandingkan smartphone lain.

Spesifikasi andalan lain yang dibenamkan di Galaxy Note III termasuk kamera 13 megapixel, baterai 3200 mAh, dan konektivitas 4G LTE Advanced yang menjanjikan akses data lebih kencang dari LTE konvensional.

Sama seperti pendahulunya, Galaxy Note III juga mempunyai sylus bawaan yang terpasang di sudut bodinya. Fungsionalitas stylus S Pen ini pun semakin bertambah banyak.

Note III ini, yang akan menjadi handset flagship Samsung di samping Galaxy S4, memiliki bentang layar 5,7 inch full definisi tinggi dengan resolusi 1920 x 1080 pixel. Luas layar tersebut bertambah 0,2 inch dibandingkan Galaxy Note II.

Di bagian interface layar, ada tampilan baru bernama my magazine. Dari home screen, cukup sapukan (wipe) jari ke atas, maka akan muncul tampilan baru yang mengelompokkan berbagai konten dalam kotak-kotak menarik.

Mempunyai ketebalan 8,3 mm, Note III lebih tipis dari Note II. Di sisi desain, Note III memang tidak ada perubahan berarti dari segi bentuk dibandingkan Note II. Namun ada beberapa perubahan yang cukup terlihat.

Misalnya pada bodi bagian belakang yang material pembuatannya 'terlihat' lebih premium. Belum dijelaskan material pembuatannya, sepertinya campuran antara karet dengan plastik.

5 (Lima) Fitur Andalan Galaxy Note 3

Utuk lebih jelasnya berikut adalah fitur unggulan yang ada di Galaxy Note III dan apakah fitur tersebut mampu memikat hati konsumen? Itu anda yang menentukan. Berikut di antaranya.

1. Spesifikasi Tingkat Tinggi

Galaxy Note 3 mungkin tidak punya tandingan soal spesifikasi. Samsung terlihat 'gila' dalam memberikan spesifikasi tingkat tinggi untuk Galaxy Note 3.

Prosesor 2,3 GHz quad core menjadi otak Galaxy Note 3. Sepertinya untuk saat ini, belum ada handset lain yang memiliki prosesor dengan clock speed setinggi itu.
Penampakan-Galaxy-Note-3.jpg
Kemudian, Note 3 memakai RAM kapasitas 3 GB. Samsung mengklaimnya sebagai ponsel cerdas pertama yang dibekali RAM sebesar itu.

Dari sisi konektivitas, Note 3 memakai 4G LTE A (Long Term Evolution Advanced). Ini adalah teknologi selular generasi baru yang menjanjikan akses data lebih cepat dibandingkan 4G LTE biasa. Namun tentu saja harus disertai dengan dukungan operator selular yang sudah menjalankan konektivitas tersebut, silahkan baca Spesifikasi Galaxy Note III di Indonesia Beda dengan Malaysia.

2. Layar Besar Definisi Tinggi [HD]

Sejak generasi pertamanya, Galaxy Note memang mengandalkan layar ukuran besar sebagai salah satu daya tarik. Faktor layar besar ini pula yang membuatnya dijuluki sebagai phablet, perpaduan antara smartphone dengan tablet. Demikian juga dengan Galaxy Note 3.
Dengan bentang layar mencapai 5,7 inch, pengguna yang menyukai handset layar besar tampaknya akan terpuaskan. Ukuran layar tersebut 0,2 inch lebih besar ketimbang pendahulunya, Galaxy Note 2.

Tampilan layar Note 3 pun dipastikan cemerlang. Sebab, resolusi yang diusungnya sudah definisi tinggi, 1920 x 1080 pixel.

Teknologi Super Amoled kembali diandalkan Samsung di layar Note 3. Teknologi ini dikenal menampilkan kontras warna yang tajam.

3. Kamera 13 Megapixel

Sektor kamera menjadi salah satu lahan perlombaan teknologi para vendor ponsel. Resolusinya belakangan semakin tinggi yang diharapkan dapat diterjemahkan dalam jepretan foto kualitas bagus.

Galaxy Note 3 pun dibekali dengan kamera resolusi tinggi. Yaitu sebesar 13 megapixel, sama dengan deretan berbagai smartphone kelas atas masa kini.
Kamera-Galaxy-Note-3.jpg
Sisi kamera ini mengalami peningkatan yang cukup besar dibandingkan generasi sebelumnya, Galaxy Note 2 'hanya' dibekali dengan kamera berkekuatan 8 megapixel.

Resolusi kamera Note 3 pun siap diadu dengan handset pesaingnya. Tercatat Galaxy S4, Xperia Z sampai LG Optimus G Pro memiliki resolusi kamera yang setara. Mana yang lebih baik tentunya memerlukan uji coba lebih mendetail.

Galaxy Note III Bisa Rekam Video Ultra HD?

Galaxy Note III, kabarnya akan menjadi perangkat mobile pertama yang menawarkan kemampuan rekam video Ultra High Definition (UHD), 4K resolution. Benarkah?

4K UHD adalah resolusi 3.840 2.160 (8,3 megapixel dengan aspek rasio 16:9). Ini adalah salah satu ukuran resolusi untuk TV UHD. Jika benar, tujuan Samsung membenamkan UHD di Galaxy Note III sangat menarik dipertanyakan.

Kemampuan yang terdengar fantastik. Namun perlu dicatat, saat ini belum ada smartphone yang bisa memutar video dengan resolusi sebesar itu. Selain itu, rasanya sulit membayangkan Galaxy Note III punya kapasitas yang cukup untuk menyimpan video dengan resolusi sebesar itu.

Belum jelas juga, kira-kira siapa pengguna tablet yang menginginkan rekam video dengan resolusi raksasa. Ditambah lagi, TV UHD 4K, TV yang bisa memutar video jenis UHD pun tidak banyak yang menggunakan.

Selain kemampuan rekam videonya yang menonjol. Fitur lain yang dibenamkan Samsung di phabletnya ini adalah 24-bit/192KHz music playback, selangkah lebih maju dari 16-bit audio di Galaxy Note generasi sebelumnya.

4. Stylus Semakin Canggih

Stylus-Galaxy-Note-3-Lebih-Baik.jpg

Stylus S Pen di Galaxy Note 3 lebih canggih ketimbang Note 2. Sekarang, pengguna dapat mengakses fungsi-fungsi utama cukup dengan mendekatkan stylus di bagian layar manapun,.

Begitu terdapat titik biru saat stylus didekatkan di layar, tekan tombolnya. Maka akan langsung muncul menu yang bernama Air Command. Nah, menu ini terdiri dari beberapa fungsi yang bisa dipilih cukup dengan menggeserkan stylus.

Ada fungsi bernama Action Memo. Fitur ini antara lain memungkinkan pengguna melingkari tulisan angka atau alamat dan langsung melakukan panggilan telepon atau mencari peta berdasarkan tulisan tersebut. Cukup tulis alamat yang dimaksud, dilingkari, dan tekan ikon peta, maka alamat tersebut akan langsung muncul di Google Maps.

Terdapat juga fitur bernama Scrapbook yang memungkinkan user mengoleksi konten berdasarkan kategori. Cukup dengan melingkari foto, link atau video di YouTube, maka konten tersebut akan langsung terkumpul dalam apelikasi Scrapbook sesuai kategorinya.

Sedangkan fitur S Finder membuat pengguna bisa mencari segala macam konten di Note 2 dengan mudah dan cepat.

5. Multitasking Lebih Baik

Salah satu fitur andalan di Note 2 adalah multiwindows di mana pengguna dapat melakukan multitasking dengan mengakses dua aplikasi secara bersamaan. Fungsi multiwindows ini coba dipercanggih di Note 3.

Multi windows sekarang bisa menjalankan lebih banyak jenis aplikasi. Dua aplikasi sekaligus dapat pula dijalankan secara simultan, contohnya pengguna dapat mengakses fitur peta dan pesan instan alias SMS.
Multitasking-di-Galaxy-Note-3.jpg
Nah, pengguna dapat menggunakan peta tersebut untuk dikirimkan sebagai konten SMS, mungkin untuk menunjukkan jalan ke teman. Caranya cukup menarik peta ke isi pesan dengan stylus S Pen dan kirimkan.

Ketika dicoba, multitasking bisa berjalan lancar. Mungkin berbekal spesifikasi tingkat atas yang diusung Galaxy Note 3.

Galaxy Note Dipasarkan Bulan September 2013


"Galaxy Note 3 (III) akan dipasarkan mulai 25 September serempak di 149 negara," kata J K Shin.

Berapa persisnya banderol harga Galaxy Note III belum diumumkan secara resmi dalam pengumuman di acara Unpacked 2013 tersebut. Namun isu yang beredar menyebut Rp 8 jutaan, yang jika benar akan membuat Note III menjadi handset termahal Samsung.


Image Source: detikInet

Tinggalkan komentar dan ikutan mejeng di Recent Comments.
- Komentar dimoderasi untuk mencegah komentar spam dan double post. Jadi komentar tidak akan langsung muncul.
- Daftarkan nama di profil blogger agar tidak tampil Unknown.
- Jangan pernah menuliskan no. HP maupun e-mail, komentar akan dihapus/tidak di publikasikan demi keamanan anda sendiri.
- Lihat halaman kontak untuk berkomunikasi secara intens dengan penulis artikel.
Kamus EmoticonSembunyikan